Mobilitas Warga DKI Turun 50% Selama PPKM Darurat

17/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Sejak diterapkan pertama kali serta banyaknya titik penyekatan, PPKM Darurat berhasil mengurangi mobilitas warga DKI Jakarta hingga 50% dibanding hari biasa.

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat tidak hanya sukses mengurangi beragam aktivitas masyarakat, tapi juga berhasil mengurangi mobilitas warga di berbagai wilayah. Hal tersebut sejalan dengan meningkatnya kesadaran akan bahaya Covid-19 serta ketatnya aturan PPKM.

Mobilitas warga DKI turun 50%

Di Jakarta, Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya melaporkan penurunan mobilitas warga mencapai 50% dibanding hari-hari biasa. Angka tersebut dihitung sejak kebijakan PPKM Darurat diterapkan pertama kali pada 3 Juli 2021.

"Penurunan mobilitasnya cukup lumayan sekitar 40 persen - 50 persen," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus kepada media, Jumat (16/7/2021).

100 titik penyekatan

Mobilitas warga Jakarta memang dibatasi secara ketat. Sebanyak 100 titik penyekatan diberlakukan di berbagai ruas jalan, termasuk akses keluar masuk jalan tol. Jumlah ini merupakan yang terbesar dibanding kota-kota besar yang lain. Namun masih berpotensi untuk ditambah menyesuaikan situasi dan kondisi.

"Kami akan terus melakukan evaluasi," kata Yusri.

Foto sitausi Penyekatan di Lenteng Agung

Polda Metro Jaya memperbanyak titik penyekatan di seluruh Jakarta

Secara terperinci ada 27 titik penyekatan di ruas jalan Sudirman - Thamrin, 19 titik pos penyekatan di dalam kota (Jakarta), 15 titik penyekatan tol batas kota, 10 titik penyekatan yang tersebar di batas kota, dan 29 titik di wilayah penyangga.

>>> Catat! Ada 100 Titik Penyekatan Jalan di Jakarta dari Pukul 06.00 WIB

Tidak boleh ada kendaraan yang melintasi titik-titik penyekatan tersebut, kecuali kendaraan-kendaraan tertentu yang diizinkan sebagaimana Inmendagri No.15 Tahun 2021. Yakni kendaraan energi, kesehatan, keamanan, logistik dan transportasi, industri makanan dan minuman serta penunjangnya, serta pengangkut kebutuhan pokok masyarakat sehari-hari.

Apresiasi Kapolri

Di kesempatan terpisah, apresiasi disampaikan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada masyarakat atas kepatuhannya terhadap aturan PPKM Darurat

“Sekali lagi saya terima kasih kepada masyarakat terkait pemahaman dan kepatuhannya terhadap peraturan PPKM Darurat dimana angkanya terus berkurang mohon untuk dipertahankan,” kata Sigit saat meninjau pos penyekatan PPKM Darurat di Gerbang Tol Pasteur, Jawa Barat, Kamis (15/7/2021).

Di GT Pasteur sendiri terjadi penurunan kendaraan cukup signifikan, sekitar 23% di minggu pertama dan 20% di minggu kedua.

>>> Cara Grab Layani Kebutuhan Harian Selama PPKM Darurat

Foto menunjukkan Penyekatan jalan

Akses keluar masuk Jakarta dibatasi ketat selama PPKM

>>> Contoh Surat Jalan STRP untuk Keluar Masuk Jakarta

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top