Mobilio Kalah Laris dari Brio, Ini Kata Honda

18/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Meski mendapat penyegaran pada Februari 2019, penjualan Mobilio nyatanya masih kalah banyak dengan LCGC mungil Brio. Apa kata Honda menanggapi hal tersebut?

Mobil di segmen Low MPV memang menjadi favorit di tengah masyarakat Indonesia. Mobil jenis ini biasanya menjadi pilihan utama banyak keluarga di Indonesia. 

Para pabrikan pun tak ingin menyia-nyiakan itu. Bisa dilihat dari sejumlah pabrikan besar yang mengisi pasar otomotif Indonesia rata-rata memiliki mobil Low MPV. Mobil Low MPV pun biasanya menjadi tulang punggung dari penjualan pabrikan itu sendiri. 

Penjualan Mobilio Kalah dari Brio

 Brio

Brio model terbaru

Misalnya Avanza yang mendominasi penjualan Toyota, kemudian ada Ertiga di Suzuki, Confero pada Wuling, Xpander di Mitsubishi, dan sederet model lainnya. 

>>> Pabrik Hyundai di Indonesia Tak Hanya Produksi Mobil Listrik

Tapi di Honda, model mungilnya Brio justru yang menjadi tulang punggung dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan di tengah menurunnya penjualan imbas dari penyebaran corona, Brio tetap memberikan kontribusi terbanyak di antara model Honda lainnya. 

"Sekarang pasarnya (Mobilio) lagi kurang baik jadi kita selalu mengikuti perkembangan terkini. Sebelum corona kondisi pasar masih okay dan masih bagus, penjualan bisa di sekitar 1.000 - 1.500 unit per bulan," ungkap  Business Innovation & Marketing and Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy belum lama ini. 

Brio

Brio masih menjadi tulang punggung Honda

>>> Program Berbagi Berkah MyPertamina Diperpanjang Sampai Tahun Depan

Brio Menjadi Kontributor Terbesar dari Honda 

Untuk Brio disebutkan Billy menyumbang lebih dari setengah penjualan Honda terlebih di masa pandemi covid seperti sekarang. 

Billy juga menyebut LCGC berkapasitas lima penumpangnya itu memiliki sederet keunggulan yang menjadi daya tarik tersendiri. 

"Brio itu keunggulannya banyak sekali ya. Jadi ya kalau mau jual lagi atau upgrade masih bagus. Jadi Brio nomor satu di kelasnya. Jadi mobil ini sangat kompetitif di kelasnya," ujar Billy. 

>>> Rapor Merah Penjualan Mobil di Indonesia, Terburuk dalam 15 Tahun Terakhir

Mengutip data distribusi wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia Brio memang menjadi yang terlaris dari Honda. Sebanyak 7.235 unit Brio terdistribusi secara wholesales pada periode Januari-Maret 2020. Sedangkan pada April, meski datanya belum dirilis lengkap Honda menyebut Brio menjadi penyumbang terbesar. 

"Untuk modelnya, paling besar Brio ya itu d ritel 966 unit, setengah lebih dari Brio ya," tambah Billy. 

Di tempat kedua diisi Low SUV HR-V dengan 7.074 unit. Kemudian Honda Mobilio hanya terdistribusi sebanyak 4.306 unit pada periode tersebut. Honda tak hanya memproduksi Brio untuk pasar Indonesia. Diketahui mobil mungil itu juga mengaspal di negara ASEAN lain yakni Filipina dan Vietnam. 

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap selalu ada di sini 

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top