Mobil Toyota Dapat 'Jatah' Diskon PPnBM Paling Banyak

05/04/2021

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Mobil-mobil Toyota tercatat menjadi yang paling banyak mendapat diskon PPnBM. Tercatat ada 10 mobil Toyota yang bisa diskon pajak hingga Desember 2021.

Memasuki bulan April 2021, pemerintah memutuskan untuk memperluas kebijakan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Perluasan ini dimungkinkan lantaran adanya relaksasi pada kebijakan itu sendiri.

Bila sebelumnya hanya mobil di bawah 1.500 cc yang bisa mendapat diskon PPnBM tersebut, kali ini diperluas hingga kendaraan dengan kapasitas 2.500 cc. Relaksasi pada kebijakan diskon PPnBM bukan hanya terpaku pada kapasitas mesin.

mobil Toyota

Innova dan Fortuner kini juga mendapatkan relaksasi PPnBM

>>> Ini Daftar Tambahan Mobil yang Dapat Diskon PPnBM, Ada Honda CR-V!

Mobil Toyota Paling Banyak Dapat Relaksasi PPnBM

Penggunaan komponen lokal yang sebelumnya 70% saat ini menjadi 60%. Dengan begitu makin banyak mobil yang bisa mendapatkan diskon PPnBM tersebut. 

”Melalui perluasan tersebut, kini ada 29 tipe mobil yang bisa memanfaatkan diskon PPnBM dari awalnya hanya 21 tipe,” ujar Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita belum lama ini. 

Adapun varian kendaraan tersebut diproduksi enam perusahaan industri otomotif di tanah air, yakni PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia, PT Honda Prospect Motor, PT Suzuki Motor Indonesia, dan PT SGMW Motor Indonesia.

Tipe-tipe kendaraan bermotor yang mendapatkan fasilitas disebutkan dalam Keputusan Menteri Perindustrian (Kepmenperin) Nomor 839 Tahun 2021 tentang Kendaraan Bermotor dengan Pajak Penjualan atas Barang Mewah atas penyerahan barang kena pajak yang tergolong mewah ditanggung oleh pemerintah pada Tahun Anggaran 2021. 

Kalau diperhatikan dari daftar 29 tipe yang mendapat diskon PPnBM, mobil merek Toyota cukup mendominasi. Tercatat ada 10 mobil Toyota di Indonesia yang harganya turun karena diskon PPnBM terdiri dari Avanza, Yaris, Vios, Sienta, Innova 2.0, Innova 2.4, Fortuner 2.4 4x2, Fortuner 2.4 4x4, Rush, dan juga Raize. 

Sebenarnya kalau perluasan hanya menyasar kapasitas mesin, seluruh mobil Toyota yang diproduksi di Indonesia bisa mendapatkannya. Terlihat, mobil-mobil Toyota sudah menggunakan local purchase di atas 70 persen.

>>> Dapat Relaksasi PPnBM, Harga Wuling Almaz RS Diskon Rp 16 Juta!

Honda Terbanyak Kedua

Honda CR-V

Honda CR-V juga turun harga mulai April 2021

Di bawah Toyota, terdapat Honda. Ada delapan mobil Honda yang bisa menikmati PPnBM ditanggung pemerintah tersebut yakni pada model Brio RS, Mobilio, BR-V, CR-V 1.5 Turbo, HR-V 1.5L, HR-V 1.8 L, CR-V 2.0, dan City Hatchback.

Merek mobil yang terbanyak mendapat relaksasi PPnBM ketiga adalah Daihatsu. Lima mobil Daihatsu yakni Xenia, Gran Max, Luxio, Terios, dan Rocky bisa memanfaatkan relaksasi itu. 

Dengan penetapan Kepmenperin Nomor 839 Tahun 2021, maka aturan sebelumnya yakni Kepmenperin 169 Tahun 2021 tentang relaksasi PPnBM DTP dinyatakan dicabut, dan tidak berlaku. 

”Kebijakan baru ini diharapkan akan turut mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional,” jelas Agus.

Relaksasi PPnBM DTP telah menunjukkan dampak positif terhadap penjualan kendaraan bermotor roda empat. Hingga akhir Maret 2021, terjadi peningkatan penjualan cukup signifikan untuk kendaraan roda empat dengan kapasitas mesin sampai 1.500 cc, yaitu sekitar 140 persen bila dibandingkan penjualan bulan Februari 2021.

>>> Tak Seperti 21 Model Lain, Relaksasi PPnBM Mobil 1.500-2.500 cc Hanya Sampai 50%

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top