Mobil Terkecil di Dunia dari Toyota ini Hanya Sebesar Butiran Beras

10/03/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Mobil Terkecil di Dunia dari Toyota ini Hanya Sebesar Butiran Beras
Guinness mencatat sebuah mobil terkecil di dunia yang dikembangkan dari sedan Toyota AA memiliki ukuran seperti sebutir beras namun bisa melaju secara otomatis.

Ada banyak rekor yang tercatat pada Guinness Book of World Records. Mulai dari hal-hal trivial yang tak terpikirkan oleh kebanyakan manusia, hingga pencapaian tertinggi dari berbagai bidang. Untuk urusan otomotif, rekor mobil terkecil yang pernah tercatat adalah sebuah micro car atau mobil mikro Toyota AA yang berukuran layaknya sebutir beras.

Diproduksi oleh Denso

Rekor mobil terkecil dipegang oleh mobil sedan Toyota AA keluaran tahun 1936. Rekor ini sendiri tercatat pada tahun 1995 dan bertahan hingga saat ini. Memang bukan buatan pabrik resmi Toyota. Mobil penuh rekor ini diukir oleh afiliasi Toyota, produsen suku cadang mobil terbesar di Jepang, Nippondenso, atau dikenal juga dengan nama Denso.

Sedan Toyota AA ini memiliki panjang 4,7 mm, lebar 1,7 mm, dan tinggi 1,7 mm. Membuatnya memiliki ukuran yang sama dengan sebutir beras. Bumpernya, jelas Guinness, memiliki tebal 50 mikron, atau setengah dari rambut manusia. Motor di dalam mobil terdiri dari lima bagian dengan koil berdiameter 1 mm.

mobil terkecil Toyota dengan koin sebagai pembanding
Mobil ini memiliki komponen layaknya mobil normal

>>> Geely Bikin Rekor Mozaik dari Ratusan Mobil Sambut Tahun Baru Imlek 2021

Meskipun kecil, microcar ini memiliki sebagian besar komponen yang Anda temukan pada mobil berukuran normal, termasuk roda dan ban. Terdapat as, lampu depan, lampu belakang, serta tulisan mikroskopis yang ditulis Denso dengan ukuran yang sangat kecil.

Dan yang menarik dari mobil ini adalah dengan ukuran yang sangat kecil, microcar ini bisa melaju secara otomatis. Motor yang terdapat pada mobil bisa bergerak dengan arus dari kabel, membuatnya mampu melaju dengan kecepatan 2,018 km/jam.

>>> Tertidur 40 Tahun, Aston Martin Bulldog Siap Catatkan Rekor Kecepatan Tertinggi

Pengembangan 4 tahun

Mobil ini dikembangkan oleh para teknisi dengan ketelitian yang luar biasa. Hampir sama dengan pengembangan mobil pada umumnya, Denso membutuhkan waktu 4 tahun untuk membuat mobil ini. Pengerjaannya dilakukan oleh sebuah tim yang terdiri dari 20 orang.

Membuat mobil terkecil di dunia yang bisa beroperasi memang terkesan trivial. Tapi pembuatannya membutuhkan pengerjaan dan keterampilan yang mendetail dan penuh kehati-hatian. Denso sebagai otak dibalik rekor ini ingin memamerkan kemampuan permesinan dan semikonduktor mereka yang sangat presisi. Menandai penggunaan mesin mikro di berbagai bidang, seperti kedokteran hingga militer.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas terbaik di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top