Mobil Tanpa Pengemudi Akhirnya Menjadi Kenyataan, Tertarik untuk Mencobanya?

12/10/2019

Pasar mobil

3 menit

Mobil Tanpa Pengemudi Akhirnya Menjadi Kenyataan, Tertarik untuk Mencobanya?
Beberapa mobil mungkin di masa depan tidak lagi memiliki fitur keselamatan manusia di belakang kemudi.

Waymo tampaknya bersiap menawarkan teknologi keselamatan manusia di belakang kemudi tidak lagi dibutuhkan. Itu artinya pengujan teknologi mobil berteknologi otonom yang selama ini terus dikembangkan sudah mencapai titik puncak, benarkah?

>>> Review Tesla Model X 2019: SUV Premium Mewah Ramah Lingkungan

Waymo otonom 2019

Nantinya mobil berteknologi otonom Waymo benar-benar tanpa kendali dari supir

Beberapa pelanggan kabarnya telah menerima email yang menyatakan bahwa mobil Waymo dengan teknologi sepenuhnya otonom sedang dalam perjalanan dan akan segera memberikan pengujian untuk publik di kota Phoenix, Amerika Serikat.

Sampai sekarang, masyarakat selalu diberikan fasilitas mobil berteknologi otonom dengan manusia di belakang kemudi untuk mengambil alih operasi manual. Kabarnya mobil pengujian tanpa pengemudi benar-benar telah disediakan tanpa bantuan dari staf Waymo.

>>> Pilihan berbagai mobil bekas berkualitas ada di sini

Chrysler Pacifica Hybrid  putih

Chrysler Pacifica Hybrid 2019 menjadi mobil uji coba Waymo berteknologi otonom 

"Anda dapat menikmati mobil itu untuk Anda sendiri," tulis Waywo dalam keterangan email. Hal itu mengindikasikan mungkin tidak ada karyawan Waymo di kursi penumpang, meskipun mobil-mobil tersebut kemungkinan akan dipantau dari jarak jauh untuk memastikan tidak ada hambatan yang berarti.

Perusahaan pengembangan teknologi otonom itu dianggap sebagai pemimpin dalam perlombaan teknologi self-driving. Sampai saat ini Waymo masih berhati-hati untuk meluncurkan layanan secara bertahap, dimulai dengan bagian yang relatif kecil di pinggiran kota Phoenix. 

Dengan banyaknya jarak yang dicatat selama pengujian, ketersediaan layanan pengujian benar-benar tanpa pengemudi menunjukkan bahwa mobil-mobil uji coba berteknologi otonom telah mampu menangani manuver di jalan secara konsisten. 

>>> Berita otomotif lainnya ada di sini

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top