Seluruh Mobil Suzuki Produksi 2021 Sudah Dilengkapi APAR

27/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Seluruh jajaran mobil Suzuki yang diproduksi di tahun 2021 sudah dilengkapi dengan Alat Pemadam Api Ringan atau banyak dikenal juga sebagai APAR.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah melengkapi semua model kendaraannya di tahun 2021 dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Langkah ini dilakukan guna mendukung pemerintah untuk memastikan faktor keamanan di dalam kendaraan. Di samping itu keharusan APAR juga tertuang dalam Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor: KP.972/AJ.502/DRJD/2020 tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor. 

>>> Suzuki XL7 Diskon Hampir Rp 30 Juta, Tertarik?

Gambar menunjukan Mobil terbakar

APAR di dalam mobil berfungsi mencegah mobil Anda terbakar

Mengurangi Risiko Mobil Terbakar

Head of 4W Product Development, Yulius Purwanto, mengatakan bahwa dengan adanya APAR pada seluruh unit mobil Suzuki ini guna menerapkan peraturan pemerintah. Selain itu adanya APAR ini diharapkan juga dapat mengurangi risiko yang disebabkan kebakaran di dalam mobil. 

“Kami selalu berupaya meningkatkan kualitas setiap kendaraan yang diproduksi. Selain menerapkan peraturan pemerintah, adanya APAR pada setiap unit mobil Suzuki dengan VIN 2021 tentu juga sebagai upaya untuk menekan angka kasus mobil terbakar ketika berkendara yang membahayakan,” terangnya. 

>>> Antisipasi Kebakan, Ini Jenis APAR Yang Bisa Dipasang di Mobil Anda

Gambar menunjukan APAR di  mobil

Letak APAR pada setiap mobil  Suzuki berbeda-beda

Letak APAR Pada Setiap Mobil Suzuki

Dengan mengantongi sertifikat SNI, APAR yang Suzuki gunakan berisi dry chemical powder yang berfungsi menutup permukaan kebakaran/api dari kontak dengan oksigen sehingga api bisa dipadamkan dengan cepat. Penggunaan Dry chemical powder juga tidak menimbulkan dampak terhadap sistem kelistrikan di sekitarnya. 

Model APAR yang digunakan ini dapat mengatasi tiga tipe kebakaran pada kendaraan, yaitu kebakaran pada benda padat non logam seperti kertas, kain, plastik, dan kayu; kebakaran pada benda gas/uap/cairan seperti metana, amonia, dan solar; serta kebakaran listrik yang mungkin terjadi pada mobil.

Selain itu, APAR yang digunakan dalam produk Suzuki juga memiliki masa berlaku atau jangka waktu pakai sampai dengan 8 tahun sebelum dibuka. Konsumen yang ingin membeli unit APAR secara terpisah juga dapat melakukan pembelian di dealer resmi Suzuki. 

Letak APAR pada setiap mobil  Suzuki berbeda-beda namun tidak mengganggu kenyamanan penumpang.  Selain New Carry Pick Up, semua model mobil Suzuki dengan VIN 2021 sudah dilengkapi APAR, seperti S-Cross, Jimny, Karimun Wagon R, New Baleno, New Ignis, APV, All New Ertiga dan XL7.

Bagi Anda yang tertarik mengenai informasi lainnya terkait keamanan mobil ataupun APAR Anda bisa menyaksikan diskusi Cintamobil bersama Robby Prakoso, Founder INDI dan pereli nasional, live di YouTube, Facebook, dan Instagram Cintamobil, Jumat 29 Januari 2021 pukul 19.00 WIB.

>>> Mobil Tua Jangan Takut Uji Emisi, Begini Caranya Biar Lulus   

  

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini.  Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top