Mobil Rp 42 Miliar Terbakar, Berapa ya Biaya Perbaikannya?

29/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Mobil Rp 42 Miliar Terbakar, Berapa ya Biaya Perbaikannya?
Melihat mobil seharga ratusan juta rupiah terbakar rasanya sudah miris karena memikirkan biaya perbaikannya. Bagaimana perbaikan mobil Rp 42 miliar terbakar ya?

Melihat mobil dengan harga ratusan juta rupiah terbakar saja rasanya hati sudah merasa miris. Pasti si pemilik ketar-ketir memikirkan biaya perbaikannya apalagi bila tidak tercover asuransi. Lalu bagaimana ya kalau mobil seharga Rp 43 miliaran terbakar? Pusing tujuh keliling sudah tentu dirasakan sang pemilik. 

Baru-baru ini sebuah hypercar Bugatti Chiron kedapatan terbakar saat diparkir di garasi rumah. Mengutip Carbuzz, berdasarkan informasi yang dibagikan supercar.fails di laman instagram Bugatti Chiron yang terbakar ini merupakan milik artis asal Dominika El Alfa. 

Bugatti Chiron

Mobil terbakar itu diduga milik El Alfa

>>> Ford Mustang yang Terbakar di Pondok Indah Bukan Punya Atta-Sean Gelael

Biaya Perbaikan Mobil Terbakar Bisa Mencapai Ratusan Juta

Meski belum bisa terverifikasi kebenarannya, namun laman insagram El Alfa memang mengunggah banyak foto bersama Chiron berkelir merah dan hitam itu. 

Dalam video yang beredar tampak kerusakan parah setelah mobil terbakar. Mulai dari kap mesinnya, jendela, hingga roda. Kerusakan ini tentu bukan sekadar cat mengelupas melainkan ada komponen serat karbon yang membuat pemilik mobil merogoh kocek dalam untuk menggantinya. 

Chiron saat ini punya banderol di kisaran 2,9 juta dolar atau kalau dirupiahkan setara Rp 42 miliar. Bisa dibayangkan kerusakan kecil saja harus dibayar mahal. Apalagi bila mobil terbakar seperti ini, tentu membutuhkan biaya berkali-kali lipat lebih mahal dari mobil pada umumnya. 

Sebagai gambaran, Buggatti Veyron yang lebih dulu meluncur memiliki biaya perbaikan amat mahal. Untuk penggantian tangki bensin misalnya dibutuhkan biaya sekitar 20.000 dolar atau setara Rp 289 jutaan. Biaya penggantian itu belum termasuk jasa teknisinya. Kemudian untuk kerusakan pada intake manifold biaya penggantiannya sekitar 10.000 dolar yang kalau dirupiahkan Rp 144 jutaan. 

Bugatti Chiron

Biaya perbaikan Bugatti cukup fantastis

>>> Miris, Bangunan Berisi 80 Mobil Terbakar Habis!

Jarang Terjadi

Kejadian ini bisa dibilang cukup jarang terjadi pada mobil sekelas hypercar. Terlebih jumlah unit Chiron yang terbatas sehingga bila mobil terbakar bisa dengan cepat diketahui. Tercatat ada 200 unit Chiron yang sudah laku terjual. Rencananya secara total hanya akan ada 500 unit Chiron di seluruh dunia. Bagi mereka yang ingin meminangnya harus terlebih dulu menaruh uang deposit. 

Sekadar informasi, Bugatti Chiron merupakan salah satu mobil tercepat di dunia. Akselerasi 0-100 km/jam dapat ditempuh dalam 2,4 detik saja. Kemudian 0-200 km/jam dicapai dalam waktu 6,1 detik. Sedangkan akselerasi 0 hingga kecepatan puncak 400 km/jam ditempuh dalam 32,6 detik. Pencapaian ini sekaligus menegaskan bahwa Chiron lebih baik dari pendahulunya Veyron. 

>>> Mengapa Mobil Bisa Terbakar Menabrak?

 

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020. Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnal
 
back to top