CintaMobil TV: Mobil Perkotaan Menarik dengan Harga di Bawah 100 Juta

13/04/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Mobil perkotaan atau city car merupakan salah satu jenis mobil yang banyak diminati di Indonesia. Berikut beragam pilihan mobil perkotaan bekas dengan harga di bawah 100 juta!

Mobil perkotaan atau city car bekas merupakan pilihan tepat bagi Anda yang harus berkendara di tengah hiruk pikuk kota tapi tidak bikin kantong jebol. Dengan budget di bawah Rp 100 juta, Anda sudah bisa mengantongi mobil perkotaan berkualitas yang bisa digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari. Apa saja sih pilihan mobil perkotaan bekas dengan harga di bawah Rp 100 juta? Semua 16 pilihan mobil yang kami berikan berikut bisa Anda dapatkan di laman jual beli Cintamobil.

Daihatsu Ayla 2018

Daihatsu ayla

Daihatsu Alya warna merah 

Pilihan mobil perkotaan bekas yang pertama adalah Daihatsu Ayla tipe R Deluxe keluaran tahun 2018. Mobil LCGC (Low Cost Green Card) ini dibekali mesin tipe 3NR-VE DOHC Dual VVT-i yang memiliki kapasitas 1.200 cc dengan 4 silinder serta bertransmisi otomatis. Bodinya yang mungil membuat Ayla cukup cekatan untuk bergerak melintasi jalanan kota yang ramai. Selain memiliki desain modern, Ayla tentunya sangat irit bahan bakar. Untuk harga, Daihatsu Ayla ini dibanderol Rp98.000.000 melalui pembelian kredit yang bisa dicicil Rp 2.200.000 juta setiap bulannya. 

Daihatsu Sirion 2016

Pilihan terbaik kedua untuk mobil perkotaan bekas jatuh pada keluaran Daihatsu, yaitu Sirion kelahiran tahun 2016. Apabila Anda menyukai mobil sejenis Jazz atau Yaris, Sirion bisa menjadi pilihan yang layak  karena harganya relatif lebih terjangkau.

Selain tergolong kilometer rendah, Daihatsu Sirion 2016 memiliki desain yang lebih keren dibandingkan generasi-generasi lainnya. Mobil Daihatsu Sirion ini berlokasi di Bandung, Jawa Barat, dan dapat dibeli dengan cara kredit seharga Rp 99.500.000.

Suzuki Splash 2015

Suzuki Splash 2015 sangat cocok bagi Anda yang menginginkan dimensi mobil lebih kecil dibandingkan Daihatsu Sirion maupun LCGC Ayla. Ukuran dimensinya yang mungil membuat Suzuki Splash bertransmisi otomatis ini cocok dikendarai oleh para wanita, baik yang bekerja kantoran maupun ibu rumah tangga dan anak kuliahan.  

suzuki splash

Suzuki Splash 2015

Mobil ini memiliki mesin yang cukup tangguh, yakni tipe K12M DOHC-VVT 4 silinder segaris 16 katup berkapasitas 1.200 cc. Menghadirkan berbagai fitur penunjang yang mumpuni dan modern semakin menunjukkan bahwa Suzuki Splash adalah city car bekas yang masih patut dilirik. Mobil ini bisa dibawa pulang dengan harga Rp 88.000.000 saja.

Suzuki Karimun Wagon R 2017

karimun wagon r facelift

Suzuki Karimun Wagon R tahun 2017

Pilihan mobil perkotaan bekas yang tidak kalah menarik berikutnya adalah Suzuki Karimun Wagon R bertransmisi manual keluaran tahun 2017, masih sangat muda. Berbentuk kotak, Suzuki Karimun Wagon R dikenal cukup lincah dan kompatibel dalam menembus medan yang ramai, sangat cocok untuk mengaspal di area perkotaan. Selain itu, biaya perawatannya juga tidak mahal lho. Meski termasuk kategori LCGC, mobil ini dijual dengan harga yang cukup murah, yakni Rp 84.000.000.

Suzuki SX4 Crossover 2009

Apabila Anda tidak terlalu suka dengan mobil berdimensi kecil dan menginginkan ruang yang lebih luas, maka mobil ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Adalah Suzuki SX4 Cross Over bertransmisi otomatis keluaran tahun 2009 dan pembelian di tahun 2010 yang dijual seharga Rp 93.000.000. Ini merupakan salah satu pilihan terbaik untuk sebuah mobil ber-compact SUV dengan harga di bawah 100 juta. Disebutkan pula bahwa kondisi mobil ini terawat, yang bisa Anda jadikan pertimbangan dalam memilih mobil bekas. 

Suzuki Karimun DX 2004

Suzuki Karimun DX bertransmisi manual keluaran tahun 2004 bisa menjadi alternatif menarik bagi Anda yang gemar mengoleksi mobil city car.  Pasalnya, selain unik karena berbentuk kotak, harga jual mobil perkotaan bekas ini sangat terjangkau, yakni hanya Rp 52.000.000 saja. Meski sudah berumur belasan tahun, kondisi luar dan warna mobil ini  masih sangat mulus dan terawat.

Suzuki Swift ST 2008

suzuki swift sport front

Suzuki Swift Front warna hitam 

Pilihan mobil perkotaan berikutnya masih datang dari suzuki, yakni si stylist Suzuki Swift ST keluaran tahun 2008 yang bertransmisi otomatis. Suzuki Swift merupakan salah satu dari sekian mobil hatchback populer dan berdesain cantik yang ada di Indonesia. Mobil ini dibekali dengan mesin tangguh M15A 4 silinder segaris 16 Katup DOHC MPF1 VVT berkapasitas 1.500 cc, sehingga performanya begitu responsif.

Berdimensi medium menjadikan Suzuki Swift cukup gesit untuk mengarungi lalu lintas perkotaan yang padat. Selain ukurannya yang tidak besar, bobotnya juga cukup ringan, sehingga masyarakat urban akan lebih nyaman untuk menggunakannya dalam keseharian.  Mobil cantik ini dibanderol seharga Rp 78.000.000.

>>> Rekomendasi 3 Pilihan City Car yang Cocok Buat Harian

Datsun Go Panca 2019

Jika Anda menginginkan mobil perkotaan bekas yang tergolong masih “muda”, maka Datsun Go Panca 2019 adalah jawabannya.  Untuk mobil yang baru dirilis dua tahun lalu, harga mobil Datsun Go Panca yang berdesain sporty ini termasuk sangat terjangkau, yaitu hanya Rp 85.500.000.  

Sudah tidak diproduksi dan tidak beredar lagi di pasaran  kemungkinan  menjadi salah satu penyebab mengapa harga mobil Datsun Go Panca menyusut cukup jauh. Meski begitu, jangan khawatir, sparepart Datsun Go Panca masih sangat mudah ditemukan mengingat mobil ini bertransmisi manual dan dibekali dengan mesin 1.200 cc. Perawatannya pun tidak sulit.

Mitsubishi Mirage Exceed 2015

Di deretan daftar mobil perkotaan bekas terbaik selanjutnya, ada Mitsubishi Mirage Exceed keluaran tahun 2015 warna putih yang bisa Anda dapatkan seharga Rp 95.000.000.  Harga mobil ini sangat sesuai dengan kilometernya yang baru mencapai angka 28.000 km. Sama dengan beberapa mobil yang telah disebutkan sebelumnya, Mitsubishi Mirage memiliki mesin berkapasitas 1.200 cc dengan 3 silinder segaris. 

Dimensinya yang kecil membuat Mitsubishi Mirage lebih gampang melakukan manuver di area perkotaan padat dan mendapatkan ruang untuk parkir. Pastikan Anda memeriksa kesesuaian antara kilometer dan kondisi mobil yang ingin Anda beli guna menghindari kecurangan penjual.

Nissan March 2011

Pilihan mobil perkotaan bekas selanjutnya adalah Nissan March 2011 yang dilengkapi mesin berkapasitas 1.200 cc dengan 3 silinder dan bertransmisi otomatis. Nissan March memiliki bodi yang ramping, sangat cocok untuk dipakai berkendara di kawasan dengan mobilitas tinggi seperti kota-kota besar. 

nissan march

Nissan March, salah satu mobil perkotaan 
 

Dari foto, kondisi mobil ini tampaknya masih cukup baik meskipun lampunya sudah agak menguning. Bagian dalamnya sudah dilapisi dengan kulit imitasi. Untuk memastikannya, Anda harus mengeceknya secara langsung. Anda bisa mendapatkan Nissan March ini hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 60.000.000. Sangat murah untuk mobil bekas sekelas Nissan March.

Honda Jazz VTEC 2007

Selanjutnya, ada Honda Jazz VTEC bertransmisi otomatis. Salah satu pilihan city car bekas menarik yang jarang ditemukan dalam kondisi baik. Meski dirilis tahun 2007, harga jualnya masih cukup tinggi, yaitu Rp 95.000.000. Alasan utamanya kemungkinan karena desain serta warna mobil ini memberi kesan sporty. Tanpa memodifikasinya, tampilan orisinal Honda Jazz ini sudah sangat keren. Anda bisa melakukan pembelian dengan cara kredit dengan membayar DP Rp 30.000.000 dan membayar angsuran Rp 2.400.000 setiap bulan dikali 47 bulan.

Honda Brio 2014

Pilihan berikutnya Honda Brio dengan tahun keluaran lebih muda, yaitu 2014. Mobil ini berkapasitas 1.200 cc dan bertransmisi manual yang bisa Anda bawa pulang seharga Rp 90.000.000. Patut diingat, apabila Anda berniat membeli Honda Jazz generasi pertama, maka bagus atau tidak kondisi transmisinya harus Anda pertimbangkan mengingat transmisi matiknya kerap mengalami masalah.

Peugeot 308 2010

peugeot 308

Mobil Peugeot dengan desain klasik dan elegan 

Kalau Anda tidak suka hatchback Jepang atau LCGC dengan rentang harga Rp 50-100 juta, maka mobil Peugeot 308 2010 bertransmisi otomatis bisa menjadi pilihan. Walau tidak setua Jazz yang tadi, harganya nyaris sama, Rp 92.000.000. Disebutkan bahwa mobil ini masih sepenuhnya orisinal. Selain menawarkan desain eksterior dan interior yang keren, dengan mobil ini Anda bisa mendapatkan “prestige” sebuah mobil Eropa.

Mazda 2 2012

Mobil perkotaan bekas lainnya adalah Mazda 2 keluaran tahun 2012 yang bertransmisi otomatis. Mazda 2 dibanderol dengan harga cukup tinggi, yakni Rp 98.000.000. Kilometer mobil ini sudah menyentuh angka 125.000, matic-nya masih responsif, dan warnanya tampak mulus, tetapi sayangnya sudah pernah mengalami modifikasi di bagian dashboard/head unit.. 

Sebelum membeli mobil bekas, penting bagi Anda untuk menyesuaikannya dengan referensi atau kesukaan Anda. Jika Anda suka full orisinal, maka carilah mobil yang masih dalam kondisi orisinal dan utuh. Karena, lebih sulit merekondisi mobil ke orisinalnya ketimbang memodifikasi.

Ford Fiesta Sport 2011

Ford Fiesta WS

Ford Fiesta WS warna putih

Lalu, di rentang harga tersebut ada Ford Fiesta Sport tahun 2011 yang bisa dibawa pulang dengan harga Rp 79.500.000. Kilometer mobil ini sudah menyentuh angka 43.000. Sebenarnya, Ford Fiesta cocok bagi Anda yang benar-benar memahami mobil atau gemar mengutak-atik mobil, karena city car satu ini rentan bermasalah dan perlu perhatian ekstra dalam perawatannya.

Toyota Etios G 2014

Terakhir, pilihan mobil perkotaan yang patut Anda lirik adalah Toyota Etios G keluaran 2014 yang bertransmisi manual. Harus diakui bahwa sangat sulit untuk menemukan city car ini dalam kondisi yang bagus, mengingat jumlah mobilnya tidak terlalu banyak. Seperti kebanyakan Toyota lainnya, mobil ini durable dan memiliki after sale service yang tersebar di berbagai kota besar maupun kecil di Indonesia.

Demikianlah beberapa pilihan mobil perkotaan bekas terbaik dengan harga di bawah 100 juta sebagai alternatif bagi Anda yang tinggal di area perkotaan. Sebelum membeli kendaraan, pastikan Anda memeriksa surat-surat, serta kondisi setiap komponen dan fiturnya dengan cermat. Jangan pernah mentransfer uang muka tanpa melihat barangnya terlebih dahulu.

>>> Prototipe Renault 5 Akan Menjadi Basis Pengganti City Car Twingo

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top