Ini Pilihan Mobil Murah Paling Populer Di Vietnam

03/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Ini Pilihan Mobil Murah Paling Populer Di Vietnam
Di Indonesia, nyaris di semua segmen mobil berkapasitas tujuh penumpang menjadi pilihan konsumen. Tapi ternyata tidak di Vietnam. Mereka punya pilihan mobil lain yang populer. Yuk kita simak apa saja.

Mobil berukuran kecil saat ini menjadi salah satu model terlaris di Vietnam. Di salah satu negara paling pesat perekonomiannya di Asia Tenggara ini, mobil dengan dimensi mungil dianggap paling cocok untuk menemani perjalanan sehari-hari. Apalagi mobil-mobil ini memiliki banderol harga yang relatif murah dan terjangkau.

Berikut ini adalah beberapa merek dan model mobil yang menjadi favorit para konsumen mobil Vietnam yang kami ambil dari situs oto.com.vn.

1. Toyota Vios. Harga: VND 470-570 Jutaan (Sekitar Rp 291- Rp 353 juta)

Toyota Vios adalah model mobil yang memimpin segmen sedan B di pasar mobil Vietnam dengan menjadi mobil terlaris di pasar otomotif Vietnam setiap bulannya, pada bulan April 2020 saja Toyota sudah menjual 1.106 unit Vios. Dibanding rival sekelasnya, Toyota Vios merupakan salah satu pilihan dengan banderol harga yang menggoda, mulai dari VND 457 hingga VND 570 juta atau sekitar Rp 291-Rp 353 juta. Di Vietnam, Toyota menawarkan Vios dalam enam varian.  

Gambar sebuah mobil Toyota Vios yang sedang dijual di Vietnam

Toyota Vios adalah mobil terlaris di pasar Vietnam

Mobil ini mudah ditemui di jalanan Vietnam. Model asal pabrikan Jepang ini menjadi pilihan konsumen antara lain karena desainnya yang bergaya muda dan daya tahannya yang baik. Di pasar mobil bekas, mobil ini juga memiliki nilai jual kembali yang sangat stabil, sehingga tak heran jika mobil ini menjadi sangat populer di Vietnam.

2. Hyundai Accent. Harga VND 426,1-VND 542,1 Jutaan (Sekitar Rp 264-Rp 335 juta)

Masih dalam segmen yang sama, Hyundai Accent menjadi model terlaris kedua setelah Toyota Vios di Vietnam. Bahkan pernah mobil ini melewati Vios sebagai mobil terlaris di Vietnam. Pada bulan April 2020, Hyundai sudah terjual 618 unit Accent.

Hyundai Accent dirakit oleh TC Motor di Vietnam dan didistribusikan dengan empat varian. Banderol harga yang ditawarkan berada di kisaran VND 426,1-VND 542,1 jutaan atau sekitar Rp 264-Rp. 335 juta, harga murah kan? Banderol harga ini menjadi salah satu daya tarik dari Hyundai Accent bagi konsumen mobil di Vietnam.

Gambar mobil Hyundai Accent salah satu model mobil terlaris di Vietnam

Hyundai Accent menjadi pilihan berkat desainnya yang menggoda

Sedan asal negara Ginseng Korea ini memiliki desain yang stylish dan dinamis sebagai salah satu pemikat bagi pasar mobil di Vietnam, terutama bagi kaum wanita. Tak hanya desainnya, pengendaraannya juga baik dan disebut-sebut memiliki konsumsi bahan bakar yang efisien.

Meskipun dari sisi keleluasaan kabin Accent tidak seluas Vios, namun Accent tetap mendapatkan tempat yang lebih mewah, antara lain karena begitu banyaknya fitur yang ditawarkan. Di segmen B ini, Hyundai Accent menjadi salah satu pilihan yang tidak kalah baiknya dibandingkan Toyota Vios.

3. Hyundai Grand i10. Harga VND 315-415 Jutaan (Sekitar Rp 195-Rp 257 juta)

Di segmen A, adalah Hyundai Grand i10 yang menjadi model mobil yang terlaris di pasar Vietnam. Mobil asal pabrikan Negeri Ginseng ini mendapatkan rival yang berasal dari negeri yang sama yaitu Kia Morning.  Pada bulan April 2020, Hyundai sudah terjual 456 unit Accent.
Saat ini, TC Motor menyediakan 9 varian Hyundai Grand i10 untuk pasar Vietnam dengan dua pilihan bodi tipe yaitu sedan dan hatchback. Harga mobil ini dimulai dari VND 315- 415 juta atau sekitar Rp. 195-Rp. 257 juta. Banderol harga inilah yang menjadi salah satu faktor konsumen Vietnam sangat menyukai mobil ini. 

Hyundai Grand i10 adalah salah satu model mobil popular di Vietnam

Mobil Hyundai Grand i10  dijual di Vietnam

Menggunakan mesin yang kecil, Hyundai Grand i10 menjadi mobil yang dapat diandalkan untuk digunakan sehari-hari dan menjelajah di padatnya lalu lintas perkotaan. Karenanya, mesin 1200cc. Lebih dari cukup untuk penggunaan harian di perkotaan, responsif dan hemat bahan bakar. 
Dengan harga jualnya yang relatif murah, konsumen tidak juga tidak bisa berharap banyak soal fitur-fitur kelas atas. Namun mobil ini jelas menawarkan penggunaan yang cocok untuk harian di perkotaan, terutama bagi keluarga kecil. Tak heran jika Hyundai Grand i10 menjadi salah satu mobil murah yang terlaris di Vietnam. 

4. KIA Morning. Harga VND 299-393 jutaan (Sekitar Rp 195- Rp 243 juta)

Masih di segmen A, di belakang Hyundai Grand i10 ada KIA Morning yang merupakan salah satu model mobil murah favorit di pasar mobil Vietnam saat ini. Mobil yang hadir dengan nama KIA Picanto di Indonesia ini memiliki harga yang kompetitif dibandingkan rivalnya dari Hyundai dengan banderol harga VND 299-393 jutaan atau sekitar Rp 195- Rp 243 juta. Di Vietnam, mobil ini ditawarkan dalam empat varian. 

Gambar sebuah mobil KIA Morning- sebuah mobil popular di Vietnam
KIA Picanto dijual sebagai KIA Morning di Vietnam

Seperti halnya Hyundai Grand i10, KIA Morning yang kerap disebut sebagai city car di Indonesia adalah model mobil yang tepat untuk perkotaan, fleksibel, mudah untuk menjelajah jalan-jalan yang macet.  
KIA Morning juga disebut-sebut memiliki mesin yang baik dengan bahan bakar yang hemat. Dari sisi penampilan, mobil ini memiliki dimensi yang kompak, desain modis dan disukai anak muda.
Selain itu, KIA Morning juga unggul dalam hal kepraktisan, dengan bagasi dan kursi belakang yang dapat dilipat 60:40 secara fleksibel untuk meningkatkan kapasitas bagasi. Secara keseluruhan, KIA Morning menjadi mobil kecil harian yang ringkas, hemat bahan bakar, dan banderol harga menarik.

5. Mitsubishi Xpander. Harga VND 550-650 jutaan (Sekitar Rp 340- Rp 402 juta)

Walau baru hadir di pasar Vietnam sekitar 2 tahun, namun Mitsubishi Xpander sudah sukses membayang-bayangi Toyota Innova di segmen mobil MPV di pasar mobil Vietnam. Pada bulan April 2020 Mitsubishi sudah terjual 380 unit mobil Xpander.

Mobil Mitsubishi Xpander adalah salah satu model mobil popular di Vietnam

Mitsubishi Xpander di pasar Vietnam

Sejak diluncurkan, Xpander telah mendapat banyak nilai plus dari para pelanggan Vietnam sebagai mobil penumpang dengan harga jual yang kompetitif di segmennya. Mobil ini dibanderol mulai dari VND 550-650 juta atau kira-kira Rp. 340- Rp. 402 juta untuk tiga varian yang dijual di Vietnam. Mitsubishi Xpander menawarkan ruang kabin yang lapang dan nyaman, sangat cocok sebagai sebuah mobil keluarga.
Belum lagi, desain eksterior Xpander tampil lebih tajam dan agresif dibandingkan desain mobil MPV lain membuatnya jadi favorit. Fitur-fitur yang ditawarkan serta harga yang kompetitif membuat Xpander bagaikan "fenomena" di pasar otomotif Vietnam. Xpander menjadi salah satu pilihan favorit bagi konsumen di Vietnam untuk membeli mobil 7 penumpang dengan fitur keselamatan yang lengkap.

6. Hyundai Kona. Harga VND 636-750 jutaan  (Sekitar Rp 394- Rp 464 juta)

Hyundai Kona termasuk dalam segmen compact SUV perkotaan di pasar Vietnam dan sukses melampaui Ford EcoSport untuk menempati posisi teratas di segmen ini. Seperti halnya produk Hyundai lainnya, Hyundai Kona di Vietnam dirakit oleh TC Motor dan didistribusikan di pasar Vietnam dengan tiga varian dan dijual dengan harga VND 636-750 juta atau Rp 394- Rp. 464 juta.

 Gambar mobil Hyundai Kona sebuah model mobil popular di Vietnam

Hyundai Kona adalah model paling disukai di Vietnam

Banyak konsumen yang mengakui jika Hyundai Kona ini menyenangkan dikendarai, mesinnya responsif dan jarak pandang yang baik. Di samping itu, mobil ini juga cukup hening karena peredaman suaranya sangat baik. Memberikan kenyamanan dan ketenangan saat berkendara.
Selain itu, mobil ini juga dilengkapi banyak fitur keselamatan dan teknologi bantuan berkendara yang menjamin keselamatan di semua medan bagi pengemudi. Secara umum, jika konsumen menyukai mobil dengan dimensi kompak, Hyundai Kona dapat menjadi model yang memenuhi kebutuhan Anda. 

 
back to top