Mobil-mobil Low MPV Ikut 'Babak Belur' Dihantam Pandemi Corona

16/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Mobil-mobil Low MPV Ikut 'Babak Belur' Dihantam Pandemi Corona
Mobil Low MPV rupanya ikutan 'babak belur' akibat adanya penyebaran wabah virus corona. Beberapa konsumen disebut beralih ke segmen LCGC yang lebih murah.

Tak bisa dipungkiri lagi mobil jenis Low Multi Purpose Vehicle atau biasa disingkat LMPV menjadi favorit di Indonesia. Segmen ini bertahun-tahun menguasai penjualan mobil terlaris di Tanah Air.

Di Indonesia, ada tujuh pabrikan yang mengisi segmen Low MPV mulai dari Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Mitsubishi Xpander, Wuling Confero, dan Nissan Livina.

Tapi tren itu justru berubah di tahun 2020, terlebih saat pandemi corona menerpa Tanah Air sejak Maret. Kalau biasanya mobil sejuta umat Toyota Avanza menjadi yang terlaris, kini justru tergusur dengan model lain seperti Suzuki Carry, Fortuner, hingga Honda Brio. 

Toyota Avanza

Segmen Avanza ikut tergerus

>>> Cari Low MPV Baru di Bawah Rp 200 Juta? Simak Nih Pilihannya

Tambah Menyusut karena Corona

Hal itu pun diamini oleh PT Astra Daihatsu Motor yang juga menawarkan mobil Low MPV lewat Xenia. 

"Kalau kita lihat dari komposisi segmen otomotif di Indonesia memang segmennya Xenia, Avanza, Ertiga itu segmen besar dulu itu 22-25 persen di market otomotif Indonesia," ungkap Marketing and CR Division Head Astra International-Daihatsu Sales Operation Hendrayadi Lastiyoso dalam konferensi pers belum lama ini. 

Dijelaskan Hendrayadi, segmen Low MPV mengalami penurunan masuk di kuartal dua tahun 2020. Sebelumnya pada tahun 2019, pangsa pasarnya masih sekitar 22-23 persen dari keseluruhan penjualan mobil di Tanah Air. 

Kemudian saat ini turun di kisaran 15-16 persen saja atau turun sekitar 6 persen. 

"Jadi kalau saya bilang segmen ini mengalami penurunan secara komposisi artinya bukan hanya dari Daihatsu tapi juga dari yang lain karena kan ada beberapa pemain," ungkap Hendrayadi. 

>>> Di Indonesia LMPV Sering Jadi Mobil Terlaris, Bagaimana dengan Malaysia?

Beralih ke LCGC 7-Seater

Berdasarkan analisa yang dilakukan oleh Daihatsu, pandemi corona menjadi salah satu faktor terbesar menyusutnya penjualan mobil Low MPV.  

"Orang yang beli mobil dari Maret-Agustus itu yang benar-benar butuh dan punya uang, siap secara finansial nah orang itu mengalami penurunan ya kita duga," jelas Hendrayadi. 

Daihatsu Sigra

Dengan kapasitas 7-seater harga Sigra lebih terjangkau dari LMPV

Menurutnya, ada sebagian konsumennya yang mulai beralih ke mobil dengan harga lebih murah seperti segmen Low Cost Green Car berkapasitas tujuh penumpang seperti Sigra dan juga Calya. Setidaknya dengan harga lebih murah, konsumen masih bisa mendapatkan mobil berkapasitas tujuh penumpang dengan kemampuan serupa dengan mobil Low MPV. 

"Kalau kita lihat segmen 7-seater turunnya ke Sigra. Penjualan Sigra penurunannya dikit dibandingkan Xenia. LCGC harganya lebih terjangkau dari Xenia, jadi mereka shifting sedikit ya. Alhamdulillah kita masih punya Sigra jadi penurunannya nggak terlalu besar," tutup Hendrayadi. 

>>> 20 Mobil Terlaris Juli 2020, Suzuki Carry Geser Avanza - Xpander 

Share this post:
Dina Rayanti
Penulis
Dina Rayanti
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Penjualan Daihatsu Anjlok, Xenia Jeblok Kalah Laris dari Sigra

15/05/2020

Pasar mobil

3 menit

PT Astra Daihatsu Motor juga turut merasakan penurunan penjualan di tengah pandemi corona. Dalam catatan Xenia turun paling drastis masih kalah dari Sigra.

Lihat juga

Siap-siap Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia akan Berpenggerak Roda Depan

28/05/2020

Mobil baru

3 menit

Pengembangan mobil keluarga paling fenomenal di Indonesia, duet Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia akan memasuki era New Generation Architecture. Apakah keduanya akan mengadopsi penggerak roda depan?

Lihat juga

Yuk Pahami Perbedaan Disetiap Tipe Mobil Xenia

14/05/2020

Jual beli

8 menit

Ada beberapa tipe mobil Xenia yang ditawarkan Daihatsu. Meskipun dari segi dimensi tetap sama, namun semuanya memiliki perbedaan sendiri-sendiri yang perlu dipahami.

Lihat juga

Review Daihatsu Grand New Xenia R MT 1.5 Deluxe 2019

Rp 183.350.000

16/01/2019

Editor rate:

Lima belas tahun silam Daihatsu meluncurkan kendaraan MPV Daihatsu Xenia yang menjadi mesin penggerak kesuksesan Daihatsu hingga kini. Dan dengan usia ‘remaja’ tersebut, Daihatsu kini semakin membawa Xenia ke level lebih dewasa dengan jantung pacu baru dan tampilan yang lebih berkelas.

Lihat juga

Spesifikasi Daihatsu Xenia 2016

12/02/2018

Editor rate:

Sebagai sebuah produk sister car generasi pertama antara Daihatsu dan Toyota, Daihatsu Xenia merupakan salah satu produk yang cukup laris yang dimiliki oleh pabrikan mobil ini. Di tahun 2015, Daihatsu mengeluarkan All New Daihatsu Xenia dengan melakukan sedikit perombakan di bagian eksterior. Berikur ini adalah spesifikasi Daihatsu Xenia 2016.

Lihat juga