Mobil Merek Jepang Masih Dominan di Pasar Otomotif Indonesia

19/10/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Mobil Merek Jepang Masih Dominan di Pasar Otomotif Indonesia
Tak bisa dipungkiri mobil merek Jepang sudah melekat dengan hati masyarakat Indonesia. Tak heran kalau mobil-mobil tersebut kerap mendominasi di Indonesia.

Mobil merek Jepang memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia. Ya, beragam pabrikan asal Negeri Sakura itu memang sudah puluhan tahun mengisi pasar otomotif Indonesia. 

Tak cuma itu, sebagian mobil merek Jepang ini juga cukup dominan di pasar otomotif Indonesia. Terlihat dalam riset yang dilakukan tim Cintamobil.com, mobil dari pabrikan asal Jepang seperti Toyota masih menjadi yang teratas. 

>>> Jadi Kebanggaan! Ekspor Mobil Made in Indonesia Bisa Tembus Jepang

Sangat Dominan

merek mobil Jepang

Merek Jepang selalu dominan di pasar otomotif Indonesia

Adanya pandemi pun tak mengubah banyak skema penjualan mobil dengan merek asal Jepang di Tanah Air. Selama delapan bulan tahun 2020, ada sembilan mobil dengan merek Jepang di daftar yang terlaris. 

Toyota dengan beragam model yang ditawarkan berhasil memikat hati masyarakat Indonesia dan berada di posisi puncak dengan 117.662 unit. Kemudian di tempat kedua diisi oleh Daihatsu dengan penjualan sebanyak 66.099 unit. Di tempat ketiga diduduki oleh Honda sebanyak 47.130 unit penjualan. 

Berselisih tipis dengan Honda, ada Suzuki yang membukukan penjualan sebanyak 45.204 unit. Mengisi posisi kelima terdapat Mitsubishi Motors yang dalam beberapa tahun terakhir tengah merasakan manisnya bulan madu dengan penjualan Xpander. Pada periode Januari hingga Agustus 2020, Mitsubishi mampu menjual 32.839 unit mobilnya di Indonesia.

Kemudian pada posisi keenam hingga kedelapan diisi oleh merek mobil Jepang di segmen komersial yakni Mitsubishi Fuso dengan penjualan 15.228 unit, Isuzu sebanyak 10.315 unit, dan Hino 7.159 unit. 

Uniknya, di posisi kesembilan justru ada merek mobil China yang nyempil di antara merek Jepang. Merek mobil China itu diwakilkan oleh Wuling. Sementara penutup di tempat ke-10 terdapat Nissan yang tengah berusaha bangkit lagi. 

>>> Memburu 5 Mobil Bekas Jepang Limited Edition di Indonesia

Model LCGC Banyak Diburu

Kalau tadi bicara mereknya, ada juga beberapa model yang amat diminati di Indonesia. Meski tak dijelaskan secara merinci, mobil-mobil dengan penggerak roda 4x2 masih menjadi yang terlaris. Seperti diketahui mobil dengan penggerak 4x2 di Indonesia ditawarkan lewat model MPV dan juga SUV. 

penjualan mobil di Indonesia

LCGC banyak diburu

Lalu, model yang juga paling banyak diburu oleh orang Indonesia adalah Low Cost Green Car (LCGC). Harganya yang terjangkau membuat mobil di segmen LCGC cukup digemari di Tanah Air. 

Segmen mobil komersial seperti pickup juga tak kalah laris. Pick-up menempati penjualan model terlaris ketiga di Indonesia. Sisanya disusul oleh truk, double cabin, sedan, 4x4, dan juga bus. 

>>> Ekspor Mobil Merek Jepang dari Indonesia Diminati di Vietnam

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top