Mobil Listrik Xiaomi Meluncur 2024?

15/09/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Xiaomi kian serius menjajaki pasar mobil listrik. Kabarnya Xiaomi bakal mengakuisisi pabrik mobil Borgward untuk mempercepat kehadiran mobil listriknya.

Xiaomi kian serius untuk menggarap pasar mobil listrik. Dilaporkan agen asosiasi keuangan China, raksasa teknologi asal Negeri Tirai Bambu itu dikabarkan tengah membidik untuk mengakuisisi Borgward sekaligus dengan fasilitas produksinya di Beijing.

Bagi yang belum tahu, Borgward merupakan salah satu produsen mobil asal, Bremen, Jerman. Rencana pembelian pabrik Borgward diharapkan bisa mempercepat produksi mobil listrik Xiaomi.

>>> Mobil Listrik Garapan Xiaomi Akan Tampil Mewah

Mobil Listrik Xiaomi Punya Rasa 'Jerman'

logo Borgward

Pabrik Borgward di Beijing sudah vakum lebih dari setahun

Setelah mengakuisisi Borgward, nantinya Xiaomi akan membangun fasilitas produksi untuk memproduksi mobilnya sendiri beberapa tahun mendatang. 

Dalam laporan dengan sumber terpercaya, pihak yang terlibat pada proyek mobil listrik Xiaomi tengah dalam proses untuk segera merampungkan akuisisi Borgward. Kalau sudah begitu, Xiaomi bisa segera memanfaatkan pabrik Borgward untuk memproduksi 180.000 unit mobil listriknya dalam setahun. Bila tak ada aral melintang, rencana Xiaomi tersebut akan segera direalisasikan pada bulan ini. 

Sekadar informasi, saat ini pabrik Borgward berlokasi di Miyun Park, Beijing. Lokasi pabrik itu berada di kawasan perindustrian strategis sekaligus dibekali fasilitas canggih.

Asosiasi Keuangan China melaporkan bahwa pabrik Borgward itu sudah vakum lebih dari satu tahun. Namun sebelumnya pabrik sudah menerapkan industri 4.0 yang menjadi standar bagi pabrikan Jerman. 

Fasilitas produksi di pabrik Borgward tampaknya sudah cukup untuk mendukung produksi mobil listrik garapan Xiaomi. Adapun pabrik ini memiliki fasilias mulai dari stamping, bodywork, pengecatan, inspeksi, logistik, serta teknologi informasi. Di samping itu, pabrik juga sudah siap untuk bisa memproduksi mobil bermesin konvensional sekaligus mobil listrik. 

Kapasitas produksi sebanyak 180.000 seperti disebutkan di atas merupakan fase pertama dari proses akuisisi tersebut. Pasalnya, Xiaomi berencana untuk meningkatkan kapasitas produksi menjadi 360.000 ribu setahun pada fase kedua. 

>>> Ada Lagi Nih Mobil China yang Siap Masuk Indonesia, Begini Wujudnya

Meluncur 2024?

Foto menunjukkan rendering mobil Xiaomi

Perkiraan model mobil Xiaomi yang disebut siap meluncur 2024

Sebelumnya, Chairman Xiaomi Group Lei Jun dikabarkan telah melakukan lawatan ke sejumlah lokasi pabrik mobil domestik, meski sampai saat ini belum kepastian yang disampaikan.

Sejak adanya pengumuman bahwa Xiaomi akan menggarap mobil listrik, perusahaan yang lebih akrab dengan dunia ponsel itu dengan segera membentuk tim. Tim tersebut pun diisi orang terpilih. Hanya 300 orang dari 20.000 pelamar terpilih yang tergabung dengan tim itu. 

Bagi Anda yang sudah menanti mobil listrik garapan Xiaomi, ada baiknya untuk sedikit bersabar. Kabarnya, mobil ini akan melakoni debut perdananya pada tahun 2023. Xiaomi sendiri sebelumnya dikabarkan telah menggandeng Great Wall dengan mobil listrik pertamanya yang disebut meluncur pada tahun 2023. Padahal Great Wall sebelumnya tak pernah menawarkan jasa karena ingin membangun merek itu sendiri. 

>>> 32 Ribu Mobil Listrik Tesla Buatan China Ludes Sepanjang Juli

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top