Bener Nih Tesla Kalah Kualitas dari 2 Mobil Listrik China Ini?

23/07/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Masih ragu dengan kualitas mobil asal Cina? Dua pabrikan lokal ini bahkan disebut mengalahkan kualitas dari mobil listrik Tesla yang dipasarkan di Cina.

Tesla memang dikenal sebagai salah satu pabrikan yang sukses membawa hype mobil listrik di seluruh dunia. Apalagi di Amerika yang menjadi pangsa pasar terbesar mereka saat ini. Namun ternyata banyak pengguna yang menyebutkan bahwa kualitas material yang ditemukan pada mobil listrik Tesla masih kalah kualitas dari pabrikan China.

Tesla peringkat ketiga

Dilansir dari South China Morning Post, menyebutkan bahwa mobil listrik Tesla Model 3 berada di peringkat ketiga pada segmen kendaraan listrik baterai (BEV) dalam hal kualitas. Ini didapatkan dari survei mengenai Studi Kualitas Awal Kendaraan Energi Baru China yang dilakukan oleh JD Power 2021 yang dirilis pada hari Kamis, (22/7/2021).

sedan Han BEV berwarna merah di taman
Han BEV yang menempati posisi pertama dari survey kualitas JD Power di China

Survei tersebut memeriksa 50 model dari 28 merek mobil berbeda dalam 53 kota di seantero China daratan. Penelitian dilakukan melalui 3.976 koresponden dari pemilik kendaraan yang membeli mobil mereka antara September 2020 hingga Maret 2021.

Model 3 bahkan disebut memiliki kualitas “di bawah rata-rata” menurut survei tersebut. Mobil Elon Musk ini tertinggal dari dua pabrikan lokal China, yaitu Han BEV yang diproduksi oleh BYD Co dan Xpeng P7. Tahun lalu, Model 3 berada di tempat kedua setelah berada di belakang Nio ES6 yang sekarang menempati peringkat tertinggi di segmen BEV mewah di China.

>>> Jaringan Pengisian Daya Tesla Bakal Dibuka Untuk Merek Lain

mobil listrik Xpeng P7 berwarna abu-abu
Xpeng P7 dikenal sebagai mobil listrik premium andalan Xpeng

"Persaingan semakin intensif karena semakin banyak merek otomotif bergabung dengan perlombaan kendaraan energi baru (NEV)," kata Jeff Cai, Manajer Umum Praktik Produk Mobil di JD Power China.

“Merek otomotif telah menempatkan lebih banyak sumber daya ke bidang-bidang seperti teknologi cerdas dan baterai di mana mereka telah memperoleh keunggulan diferensiasi dan penggerak pertama,” tambahnya. 

>>> Mengenang Nikola Tesla dan Misteri Mobil Listrik Tanpa Baterai

Masih laris di China

Studi ini mengukur kualitas kendaraan baru dengan memeriksa masalah yang dialami oleh pembeli mobil baru di China selama dua hingga enam bulan pertama kepemilikan. Tiga startup kendaraan listrik China, yaitu BYD, Xpeng, dan Nio, kini dianggap sebagai saingan baru Tesla di pasar mobil listrik mewah.

mobil listrik Tesla Model 3 berwarna merah
Mobil listrik Tesla Model 3 dan Model Y cukup populer di Cina

Di semester pertama 2021, Tesla telah menjual lebih dari 130.000 unit Model 3 dan Model Y di China. Sedang Nio menjual 41.965 unit kendaraan, meningkat hampir tiga kali lipat dibandingkan tahun lalu. Xpeng terjual 30.738 unit (naik 458%), dan BYD mengalami kenaikan 212% dibandingkan tahun lalu dengan penjualan 30.151 unit kendaraan.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top