Mulai 2021, Mobil Listrik Jadi Kendaraan Dinas Menteri

07/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Mulai 2021, Mobil Listrik Jadi Kendaraan Dinas Menteri
Pemerintah kian gencar dalam percepatan pengadaan mobil listrik di Indonesia. Salah satunya adalah mobil listrik jadi kendaraan dinas menteri mulai 2021.

Pemerintah kian gencar dalam mempercepat pengadaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) di Indonesia. Aturan pun telah dibuat dengan tujuan mempermudah masyarakat beralih ke mobil listrik sekaligus juga membuat para produsen berlomba-lomba untuk menghadirkan kendaraan tanpa asap tersebut. 

Sekadar informasi, sejumlah dukungan yang diberikan pemerintah untuk pengembangan mobil listrik di Indonesia antara lain dengan memberikan insentif khusus kepada pabrikan atau industri yang mengembangkan KBLBB, dan terus mendorong pengembangan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Toyota Crown

Mobil dinas menteri ini juga baru digunakan pada 2019

>>> Mobil Listrik Diharap Jadi Kendaraan Dinas Pemerintah di Indonesia

Direncanakan Mulai 2021

Tak hanya itu, komitmen pemerintah untuk mengembangkan ekosistem kendaraan listrik berbasis baterai murni juga bakal diwujudkan dengan menjadikannya mobil dinas. 

"Pemerintah sangat berkomitmen kuat untuk terus mengembangkan KBLBB. Pemerintah berharap ini menjadi pilihan utama, tetapi memang harus bertahap, dengan terus memberikan dukungan penuh," ujar Plt Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi, Ayodhia GL Kalake dikutip dari laman resmi Kemenko Marves, Rabu (10/7/2020). 

Terkait mobil listrik jadi kendaraan dinas menteri dan juga Kementerian/Lembaga/BUMN/D, maka diperlukan Surat Edaran dari institusi terkait, dan ditargetkan mulai tahun 2021 hingga tahun 2024 sudah terwujud. Sementara,  KBLBB roda dua produksi dalam negeri sudah masuk ke dalam e – catalogue inovasi.

"Sudah ada investor asing yang membangun industri skala besarnya di Indonesia, kita pun, setahap demi setahap akan mengganti kendaraan dinas menjadi KBBLB. Beberapa Pemerintah Daerah juga memberikan insentif untuk KBLBB seperti DKI, Bali, Jawa Barat. Seperti Pemprov DKI, yang tidak mengenakan/membebaskan biaya bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) untuk KBLBB," jelas Ayodhia. 

>>> Mobil Menteri Kabinet Baru Presiden Jokowi Toyota Crown 2.500 cc

Menteri saat Ini Menggunakan Toyota Crown Hybrid

Sebelumnya, keinginan pemerintah agar mobil listrik bisa menjadi kendaraan dinas menteri sempat diutarakan oleh Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan. Ini disebut Luhut bisa menjadi dukungan moril agar masyarakat juga mau beralih di samping itu juga telah ada dukungan materil lewat insentif fiskal. 

Luhut Binsar Panjaitan

Sudah ada inisiasi dari Luhut

Menteri-menteri di Indonesia sendiri sejak dilantik pada Oktober 2019 telah menunggangi mobil baru berupa Toyota Crown Hybrid. Toyota Crown Hybrid itu menggantikan mobil dinas sebelumnya yang sudah dipakai selama 10 tahun dan disebut sering rusak. Bicara soal mobil hybrid, ini termasuk dalam jajaran kendaraan elektrifikasi namun tak berbasis listrik sepenuhnya. 

>>> Mobil Listrik Termurah Di Indonesia

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top