Mobil Listrik Dapat Pelat Nomor Khusus, Begini Tampilannya

29/01/2020

Pasar mobil

3 menit

Mobil Listrik Dapat Pelat Nomor Khusus, Begini Tampilannya
Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) akan menerbitkan pelat nomor atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) khusus untuk kendaraan listrik, dan akan membedakan mobil listrik dengan lainnya.

Seperti dijelaskan pada berita sebelumnya, mobil listrik mendapat berbagai keistimewaan dibandingkan kendaraan dengan mesin ICE (Internal Combustion Engine), salah satunya yakni bebas ganjil genap. Untuk memudahkan petugas dalam mengidentifikasi kendaraan listrik, Korlantas Polri akan menerbitkan pelat nomor khusus mobil listrik yang disesuaikan dengan Undang-Undang No. 22 tahun 2019 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Sebelumnya, Dirjen Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan, Budi Setiyadi, juga sudah meminta kepada kepolisian untuk membedakan pelat nomor mobil listrik. Hal ini bertujuan untuk memudahkan dalam mengidentifikasi mobil konvensional dan mobil listrik.

Mobil listrik Hyundai Ioniq

Punya keistimewaan, mobil listrik sudah seharusnya memakai pelat khusus

>>> Agar tidak bingung, simak perbedaan antara BEV, HEV, dan PHEV di sini

“Saya minta kepada Polri untuk Electric Vehicle (termasuk mobil listrik) seperti ini ditandai dengan warna dasar pelat kendaraan yang berbeda,” ujar Budi kepada wartawan di sela-sela peluncuran GrabCar Electric di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (27/1).

Mengacu kepada gambar dari Korlantas Polri, pelat nomor mobil listrik akan dibedakan dengan bagian bawah yang diberi warna biru muda. Contohnya seperti gambar di bawah ini.

Plat mobil khusus mobil listrik

Seperti ini tampilan pelat nomor khusus mobil listrik

>>> Temukan pilihan mobil berkualitas di sini

Untuk pewarnaan bagian atas masih sama seperti sebelumnya, di mana pelat nomor mobil terbagi jadi lima. Yakni hitam untuk kendaraan pribadi masyarakat, kuning untuk kendaraan umum seperti bis kota atau taksi, merah untuk plat kendaraan dinas pemerintah, warna dasar putih untuk mobil diplomat, dan hijau untuk kendaraan bermotor di kawasan perdagangan bebas.

Tidak untuk mobil hybrid

Namun, pelat nomor mobil listrik hanya berlaku untuk mobil listrik bertenaga baterai saja. Seperti diketahui, jenis elektifikasi ini cukup banyak, mulai dari Hybrid Electrification Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electrification Vehicle (PHEV), Battery Electrification Vehicle (BEV), dan Fuel Cell Electrification Vehicle (FCEV).

Line-up mobil Hybrid Electrification Vehicle (HEV) Toyota

Sayang, plat tersebut tidak berlaku untuk mobil HEV

>>> Berita pasar mobil terbaru bisa Anda temukan di sini

Dalam Perpres RI No. 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai tak menyebutkan kendaraan Hybrid. Maka, dalam hal ini hanya mobil BEV yang mendapatkan keistimewaan berupa bebas ganjil genap dan pajak bea balik nama (BBN-KB), dan tidak berlaku untuk mobil hybrid yang masih memakai mesin ICE konvensional yang dipadukan dengan motor listrik.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap ada di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top