Deretan Mobil Listrik Daymak yang Siap Tantang Tesla

22/05/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Daymak, sebuah perusahaan asal Kanada yang berfokus pada personal Light EVs (LEVs) sudah melihat respons yang luar biasa terhadap lini kendaraan barunya.

Daymak, sebuah perusahaan asal Kanada yang berfokus pada personal Light EVs (LEVs) sudah melihat respons yang luar biasa terhadap lini kendaraan barunya. Hadir sejak tahun 2002 yang menjual e-bikes ringan dan kreasi skuter bertenaga surya, Daymak mengkonfirmasi pre-order jajaran LEV terbaru mereka mencapai $ 320 juta (Rp 4,5 triliun) dan akan terus bertambah.

Sebagian besar pesanan sekitar $ 297 juta (Rp 4,2 miliar) berasa dari penjualan mobil wholesale dan sisanya $ 25,8 juta (Rp 370 miliar) berasal dari perseorangan. Itu artinya Daymak berhasil menjual 10.384 unit menurut laporan Forbes.

Memiliki Arti Masa Depan dalam Bahasa Italia

Daymak Avvenire

Lineup Daymak Avvenire

>>> Wanita Ini Nekat Injak Tesla Model 3 di Tengah Pameran Auto Shanghai 2021

Berbicara mengenai lineup, Daymak sendiri memberi nama Avvenire yang memiliki arti “masa depan” dalam bahasa Italia. Hadir dalam enam Electric Vehicle (EV) dalam dua varian, yakni Deluxe dan Ultimate, dimana Deluxe menjadi model dasarnya.

Model Deluxe memiliki kecepatan sekitar 85 mil per jam dari 0-60 dalam 6,9 detik dan jangkauan 180 mil. Sementara model Ultimate memiliki kecepatan tertinggi 130 mil per jam dan jarak mengemudi 300 mil yang melesat hingga 60 mil per jam dalam 1,8 detik.

Berikut ini lineup Avvenire Daymak lainnya:

  • TERRA: e-bike di segala medan dengan panel surya built-in, LED Display, GPS, dan speaker.
  • FORAS: e-bike tertutup yang dilengkapi dengan panel surya, pengatur suhu, dan entertainment system.
  • TECTUS: Skuter AWD dan electric.
  • ASPERO: Kendaraan listrik di segala medan dan berpenggerak semua roda dengan panel surya, pengatur suhu, powerful motors, dan entertainment system.
  • SPIRITUS: Sebuah kendaraan roda tiga.
  • SKYRIDER: Kendaraan terbang electric berperforma tinggi.

Untuk harganya, berkisar $3.495 untuk e-bike, hingga $19.000 untuk Deluxe Spiritus, dan hingga $149.000 untuk Ultimate Spiritus.

>>> [INFOGRAFIK] Fakta Daihatsu Rocky, Mobil Turbo Termurah di Indonesia

Masih Menunggu Peraturan Pemerintah

Fying car Daymak Avvenire

Skyrider, kendaraan terbang miliki Daymak

Pengiriman lineup Light Electric Vehicles dimulai tahun depan, kecuali untuk Skyrider yang masih menunggu peraturan pemerintah dan internasional. Meskipun customer memimpikan hari dimana bisa berpergian menggunakan mobil “terbang”, sepertinya kita masih jauh dari momen itu.

Industry eVTOLs (Electric Vertical take-off Vehicle) seperti Skyrider, masih membutuhkan teknologi baterai yang lebih baik dan juga membutuhkan persetujuan dan peraturan lokal dan internasional, serta infrastruktur yang tepat.

Namun, Founder & CEO Daymak Aldo Baiocchi menyebutkan jika masalah infrastruktur telah ditangani sebagian. Dua inovasi terbesar pada lini Avvenire yang tidak menyertakan mobil terbang adalah cara pengisian baterai kendaraan. Baiocchi mengatakan perusahaan memiliki paten yang tertunda pada pengisi wireless charger yang dibuat khusus untuk kendaraan listrik yang diparkir. Selain itu setiap kendaraan memiliki panel surya yang memberikan daya sehingga memperpanjang umur baterai beberapa kilometer ekstra.

>>> Baca artikel berita terbaru tentang otomotif hanya di Cintamobil.com

Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top