Harga Mobil Listrik Akan Lebih Murah pada Tahun 2027

11/05/2021

Pasar mobil

2 menit

Mobil elektrik atau listrik diprediksi Bloomberg akan memiliki harga lebih murah di tahun 2027. Berikut ini adalah alasannya dan penjelasan detail tentang mobil ini.

Mobil listrik diramalkan akan memiliki harga lebih murah di tahun 2027. Hal ini berkaitan dengan regulasi emisi gas yang semakin ketat di banyak negara. Dengan semakin banyaknya negara yang memperketat regulasi emisi gas, mobil elektrik atau istrik akan menggeser mobil konvensional sehingga harga jual mobil listrik akan jauh lebih terjangkau dibandingkan saat ini.

Prediksi dari BloombergNEF, pada tahun 2026 akan banyak mobil elektrik dengan bentuk SUV dan Sedan. Kemudian di tahun selanjutnya akan diikuti oleh mobil elektrik ukuran kecil maupun sedang.

Alasan Mobil Elektrik atau Listrik Bisa Lebih Murah

Alasan mengapa mobil elektrik atau listrik bisa menjadi lebih murah selain karena regulasi emisi, tentunya karena semakin mudahnya baterai mobil elektrik atau listrik diproduksi.

Harga baterai mobil elektrik yang semakin turun dan kombinasi perusahaan otomotif yang semakin gencar memproduksi mobil elektrik atau listrik bisa menjadi alasan mobil elektrik atau listrik menjadi lebih murah selama 6 tahun kedepan.

Menurut Bloomberg, harga mobil elektrik atau listrik saat ini berada di kisaran $40,441. Jika dibandingkan dengan mobil konvensional saat ini yang kisaran harganya adalah $22,588 tentunya ini sangat jauh. Tetapi pada tahun 2026, Bloomberg memprediksi bahwa kedua mobil akan memiliki harga kisaran $24,000.

ilustrasi mobil listrik sedang diisi daya

Mobil elektrik dalam proses charging

Tentu saja perkiraan Bloomberg di atas akan sesuai jika harga baterai mobil elektrik terus turun setiap tahunnya. Sehingga bisa mempengaruhi harga keseluruhan dari mobil elektrik yang ada.

>>> Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Mobil Listrik di Indonesia

Regulasi Emisi dan Pengaruh Penjualan Mobil Listrik

Pada tahun 2020, penjualan mobil elektrik meningkat pesat di Cina dan juga di Eropa. Tetapi masih banyak masyarakat yang mengecam pemerintah untuk semakin ketat pada regulasi emisi demi mengurangi Pemanasan Global.

Di Inggris pemerintah berencana melarang sepenuhnya penggunaan mobil atau kendaraan berbahan bakar fosil dari tahun 2030. Tetapi, banyak perusahaan otomotif Eropa yang meminta tenggat waktu hingga 2035 untuk penjualan mobil konvensional.

Julia Poliscanova, Direktur senior T&E untuk Kendaraan dan Emobilitas menyatakan bahwa regulasi emisi yang ketat diperlukan agar masyarakat bisa beralih ke mobil elektrik atau listrik. 

>>> Biasa Bikin HP, Oppo Siap Hadirkan Mobil Listrik

Julia Poliscanova di Acara Forum for Mobility & Society

Julia poliscanova saat berada di acara forum for mobility & society

“Dengan kebijakan yang tepat, mobil dan van listrik dapat mencapai penjualan 100% pada tahun 2035 di Eropa barat, selatan, dan bahkan timur. EU dapat menetapkan tanggal berakhirnya pada 2035 dengan kepastian bahwa pasar sudah siap. Kendaraan baru yang menggunakan emisi gas tidak boleh dijual lebih lama dari yang waktu yang ditentukan,” jelas Julia.

Dengan semakin ketatnya regulasi emisi, membuat masyarakat di EU dan Amerika harus beralih ke mobil listrik. Keputusan ini tentunya cukup baik untuk lingkungan. Dengan semakin banyak penjualan mobil elektrk atau listrik maka harga mobil ini akan menjadi lebih murah.

>>> Penjualan Mobil Listrik Bulan Maret 2021 Tembus Setengah Juta Unit

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top