Mobil Konsep Nissan 80-an Ini Sudah Prediksi Teknologi Mobil Modern

20/10/2020

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Mobil Konsep Nissan 80-an Ini Sudah Prediksi Teknologi Mobil Modern
Perkembangan teknologi seringkali bisa diprediksi. Seperti yang dilakukan oleh mobil konsep Nissan NRV II yang menerapkan berbagai teknologi modern saat ini.

Era 1980-an merupakan periode yang menarik bagi desain interior otomotif. Tapi teknologi otomotif pada masa itu belum jauh berkembang. Namun pada tahun 1983, mobil konsep Nissan NRV II yang menawarkan desain mengotak bahkan sudah mampu memprediksi beberapa fitur modern yang nantinya digunakan pada mobil keluaran terbaru saat ini.

Memprediksi teknologi mobil modern

Dari luar, eksterior konsep Nissan NRV II seakan tak begitu berbeda jika dibandingkan dengan sedan lain pada masanya. Guratan tajam dengan lampu depan yang mengotak, serta spion tanduk pada kap mobil. Di samping, desain yang kaku disandingkan dengan velg bergaya jadul.

mobil konsep Nissan NRV II dari depan
Bagian luar Nissan NRV II tak berbeda dibanding mobil era 80-an

>>> Renault Siapkan Konsep SUV Listrik, Dipamerkan Pekan Depan

Bagian dalamnya juga belum mendapatkan material soft touch. Masih material plastik keras pada dashboard, konsol tengah, hingga trim pintu. Tapi yang menarik pada mobil ini adalah teknologi yang dipersiapkan. Dashboard digital yang hadir pada model konsep ini memberikan gambaran tentang fitur yang diimpikan pada mobil-mobil tahun 1980-an.

Mulai dari sistem deteksi kantuk pada pengemudi, navigasi, radar cruise control, perintah suara, hingga layar sentuh pada konsol tengah, mirip dengan yang digunakan pada head unit mobil modern saat ini. Patut diingat bahwa sistem navigasi GPS belum pernah digunakan pada mobil ketika versi konsep ini diperkenalkan.

>>> Modifikasi Nissan All New Livina yang Pas Buat Bapak-bapak

dashboard Nissan NRV II dengan berbagai layar
Bagian dalam sudah dilengkapi dashboard dengan tampilan layar

>>> Nissan Konfirmasi Versi Produksi Z Proto Tidak Banyak Ubahan

Sistem cruise control yang diprediksi Nissan pada NRV II menggunakan radar untuk memperingatkan pengemudi jika terlalu dekat dengan mobil di depan. Dan sistem akan secara otomatis memperlambat mobil ke jarak yang lebih aman. Prediksi akurat yang menggambarkan sistem cruise control saat ini.

Bahkan mobil ini juga memiliki mikrofon dan 26 perintah suara untuk mengaktifkan berbagai fungsi di dalam mobil. Tak hanya bahasa Jepang, tapi juga beberapa kata dalam bahasa Inggris. Untuk lebih lengkapnya, simak laporan berita dari sebuah stasiun televisi di Australia yang menjelaskan lebih lanjut tentang fitur apa saja yang bisa ditemukan pada konsep Nissan NRV II.

Mesin 1.3L turbocharged

Namun yang masih terasa kuno pada mobil ini adalah mesin yang digunakan. NRV II menggendong mesin 4-silinder turbocharged yang bekerja sepenuhnya menggunakan methanol. Berkapasitas 1.3L, mobil ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 120 PS. Cukup mengesankan untuk tahun 80-an, tapi tak terlalu hebat menurut standar saat ini.

bagian belakang Nissan NRV II berwarna putih
Sayangnya mesin dan model mobil konsep Nissan ini masih bergaya jadul

Tapi yang patut diparesiasi adalah pandangan Nissan untuk mobil masa depan. Memprediksi teknologi modern seperti deteksi kantuk, GPS, hingga cruise control. Dan tentu saja, teknologi tersebut sudah banyak digunakan pada mobil modern saat ini.

>>> Beragam pilihan mobil baru dan bekas Nissan bisa Anda dapatkan di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top