Mobil Kena Recall Pompa Bensin Tapi Belum Sempat Ganti, Aman Dikendarai?

19/03/2021

Pasar mobil

4 menit

Ketika mendapat peringatan recall mobil sebaiknya Anda segera mengecek dan melakukan penggantian. Tapi kalau tak sempat, masih amankah mobil dikendarai?

PT Toyota Astra Motor baru saja mengumumkan adanya recall terkait masalah pompa bensin pada sejumlah modelnya di Indonesia. Total ada 286.090 unit mobil Toyota di Indonesia yang terlibat recall tersebut.

Recall pompa bensin kali ini berkaitan dengan potensi mekanisme dari baling-baling rotor pompa bahan bakar bisa berubah bentuk seiring waktu. Hal ini dapat menyebabkan pompa bahan bakar tidak dapat beroperasi, sehingga mesin menjadi kasar atau tidak bisa berputar (mati) dalam kecepatan rendah.

Natural daylight. repair tools lying down on the engine of automobile under the hood Free Photo

Segeralah cek mobil Anda ke bengkel bila mendapat notifikasi recall

>>> Kerap Jadi Momok, Recall Tidak Semengerikan Itu Kok

Recall Libatkan 8 Model Mobil Toyota di Indonesia

Dan pada situasi yang jarang terjadi mesin dapat mati saat berkendara pada kecepatan tinggi hal ini dapat berpotensi meningkatkan resiko kecelakaan.

Sedangkan model-model yang terlibat adalah Alphard tahun produksi 2017-2019, C-HR tahun produksi 2018-2019, Corolla tahun produksi 2019, Camry tahun produksi 2019, Voxy tahun produksi 2018-2019, Kijang Innova tahun produksi 2018-2019, Fortuner tahun produksi 2018-2019, Hilux tahun produksi 2019, Avanza tahun produksi 2017-2019, dan Rush tahun produksi 2017-2019.

Konsumen yang memiliki mobil dengan tahun rentang produksi di atas disarankan untuk segera melakukan pengecekan dan bila perlu menggantinya. Tapi bagaimana bila Anda belum sempat mengecek ataupun melakukan penggantian komponen yang terkena recall tersebut? Masih amankah mobil Anda untuk dikendarai? 

"Pelanggan di sarankan untuk selalu cek lampu tanda peringatan di kendaraan, bagaimanapun mohon segera lakukan penggantian fuel pump di Dealer resmi secepatnya demi kenyamanan Bapak/Ibu dalam berkendara," jelas Toyota dikutip dari laman resminya menjawab pertanyaan seputar recall pompa bensin tersebut. 

Penggantian pompa bensin pada beberapa model Toyota tahun produksi 2013-2019 merupakan bentuk tanggung jawab Toyota dalam keselamatan dan kenyamanan berkendara.

Mechanic with spanners in pockets Free Photo

Penggantian komponen dilakukan agar Anda bisa tetap aman dan nyaman selama berkendara

>>> Toyota Recall Avanza dan 7 Model Lain di Indonesia karena Pompa Bensin

Daihatsu Alami Hal Serupa

Maka dari itu TAM mengajak kembali para pemilik beberapa model kendaraan Toyota dengan produksi tahun yang dimaksud di atas untuk segera melakukan pengecekan dan jika diperlukan maka melakukan penggantian fuel pump kendaraannya. Pengerjaan pengecekan dan penggantian fuel pump ini berlangsung sekitar 2-4 jam.

“Sejalan dengan global initiative principal Toyota Motor Corp, aktivitas recall pada produk tertentu telah dilakukan TAM sejak bertahun-tahun sebagai wujud komitmen kami dalam mengutamakan keamanan dan keselamatan pelanggan. Dan, kami berterima kasih atas respon yang cepat dan aktif dari pelanggan selama ini, sehingga persentase kendaraan yang sudah diperbaiki cukup tinggi,” kata Vice President Director PT TAM Henry Tanoto. 

Senada dengan Toyota, Daihatsu juga melakukan recall terhadap 97.290 unit mobilnya di Indonesia karena permasalahan serupa. Dijelaskan Daihatsu, dari investigasi yang dilakukan komponen impeller pada pompa bensin mengembang melebihi standar. Impeller yang mengembang lebih dari standar itu membuat mesin mati karena tak dapat suplai bensin dari tangki.

>>> Recall Hyundai Kona Electric Jadi yang Termahal Sepanjang Sejarah

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019

 
back to top