Canggih! Mobil Ini Gunakan Smartphone Sebagai Sistem Infotainment

25/03/2021

Pasar mobil

2 menit

Untuk memberikan kemudahan bagi pengemudi, mobil baru Dacia Sandero memiliki teknologi yang mampu mengubah smartphone Anda menjadi sistem infotainment.

Hampir semua mobil baru memiliki layar tengah di dashboard sebagai sistem infotainment, bahkan beberapa sudah mendapatkan kluster instrument digital. Tapi mobil yang satu ini baru memberikan pengalaman yang lebih ramah dan praktis, dimana Anda bisa menggunakan smartphone Anda sebagai pusat hiburan di dalam kabin.

Kepraktisan sistem infotainment

Adalah Dacia, perusahaan otomotif asal Rumania yang saat ini dimiliki oleh Renault, yang mengembangkan teknologi bernama Media Control. Sistem yang dipasangkan pada mobil mini Dacia Sandero ini akan mengubah smartphone Anda menjadi sistem infotainment. Anda juga bisa memasang smartphone pada dashboard dan siap ‘bertransformasi’ menjadi head unit.

>>> BMW iDrive 8 Tawarkan Peningkatan Sistem dan Teknologi Baru

Media Control menghadirkan berbagai fitur menarik. Untuk varian standarnya, Anda bisa mengunduh aplikasi yang bisa dikustom, memungkinkan Anda membuat shortcut ke fitur favorit maupun yang sering digunakan. Pengendaraan diminta untuk memasangkan smartphone mereka melalui Bluetooth dan menempatkannya di slot universal di tengah dashboard.

“Media Control adalah sistem multimedia yang lengkap. (Fungsinya) termasuk radio, dua speaker, port USB, konektivitas Bluetooth, kontrol roda kemudi dan, yang terpenting, stasiun dok smartphone yang terintegrasi ke dalam dasbor,” ungkap Direktur Operasional Lintas Mobil Dacia, Nicolas Legros.

>>> Mengapa Merawat Kelistrikan Mobil Itu Penting?

Layaknya sistem standar

Sebagai pengganti sistem terintegrasi dari head unit, pengemudi bisa memiliki akses ke berbagai fungsi infotainment standar kendaraan, seperti navigasi, radio, musik, panggilan telepon, bahkan pengenalan suara. Bahkan sistem Android bisa membacakan pesan teks yang muncul di smartphone Anda. Sistem ini juga akan diluncurkan dalam perangkat iOS.

sistem infotainment Dacia Sandero layaknya sistem standar
Ada berbagai fitur yang sama dengan yang ditemukan pada mobil standar

Selain itu, fitur ini kompatibel dengan tombol di roda kemudi, memudahkan Anda untuk mengganti lagu, stasiun radio, menaikkan dan menurunkan volume, serta menjawab dan menutup panggilan. Termasuk peringatan “forgotten phone” dan fungsi ‘go to my car’ untuk memberikan kemudahan ketika Anda ingin menemukan mobil Anda di parkiran.

Namun yang paling menarik adalah slot unik untuk meletakkan smartphone Anda pada dashboard dan bisa ditutup ketika tidak digunakan. Legros mengungkapkan bahwa dok ini memang terintegrasi dengan desain dashboard, menjamin kenyamanan dan ergonomis bagi pelanggan.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

 
back to top