Mobil Ferrari Hybrid V6 Tertangkap Kamera di Jalan, Calon Penerus Dino?

10/06/2021

Pasar mobil

3 menit

Mobil Ferrari Hybrid V6 Tertangkap Kamera di Jalan, Calon Penerus Dino?
Calon supercar baru Ferrari bermesin V6 Hybrid tertangkap kamera saat dites di jalan sekitar Maranello. Mobil tersebut digadang-gadang sebagai penerus Dino.

Setelah LaFerrari dan SF90 Stradale, Ferrari nampaknya akan kembali meluncurkan supercar bermesin hybrid. Mobil dengan kode internal F171 ini rumornya akan dibekali dengan mesin 3.0 liter V6 twin-turbo dengan motor listrik tunggal di roda belakang.

Ferrari hybrid V6 ini digadang-gadang sebagai penerus nama 'Dino' dan menjadi mobil hybrid entry-level pada jajaran produk pabrikan berlambang kuda jingkrak. Melihat kompetitornya, mobil ini akan bersaing dengan McLaren Artura yang juga menggunakan mesin hybrid V6 twin-turbo.

>>> Review Ferrari Portofino M 2021: Fitur Makin Lengkap Dengan Tenaga Lebih Besar

Gambar Ferrari Hybrid V6

Dengan balutan kamuflase, mobil ini tertangkap kamera sedang di tes di jalanan sekitar markas Ferradi di Maranello, Italia.

Sejarah Nama Dino

Meski secara teknis bukan sebuah Ferrari, Dino disebut sebagai salah satu lini Ferrari terbaik sepanjang masa. Dino lahir dari ambisi Ferrari untuk menaklukan dominasi Porsche 911 kala itu.

Karena Ferrari ingin mempertahankan nama mereka untuk mobil-mobil V12, nama Dino pun disematkan untuk jajaran produk Ferrari yang menggunakan mesin lebih kecil dari 12 silinder.

Gambar Ferrari Dino 206 SP 1965

Ferrari Dino 206 SP Tahun 1965

Nama tersebut digunakan sebagai bentuk penghormatan terhadap Alfredo "Dino" Ferrari, anak dari Enzo Ferrari yang mendesain mesin V6 yang digunakan pada pada jajaran produk mobil entry-level asal Maranello ini.

>>> Toyota Land Cruiser 2021 Usung Platform Baru, Jadi Lebih Ringan

Apa Yang Bisa Diharapkan Dari Generasi Terbaru Dino?

Meski tidak dikonfirmasi oleh Ferrari, kemiripan jumlah silinder, konfigurasi mesin tengah, dan posisi entry-level membuat jurnalis dan para penggemar menyebut mobil Ferrari hybrid V6 ini sebagai generasi terbaru Dino.

Dilihat dari siluetnya, mobil ini memiliki banyak kemiripan desain dengan supercar mid-engine V8 Ferrari. Mesin yang akan digunakan rumornya berasal dari mesin Nettuno Maserati yang juga banyak berbagi komponen dengan mesin V8 pada SF90 Stradale. Sistem hybrid mobil ini juga kemungkinan didasarkan pada konstruksi yang digunakan oleh mobil yang sama.

Gambar Tampak belakang Ferrari F171

Mobil ini akan menjadi entry-level hybrid dari Ferrari

>>> Mobil Listrik Ferrari Terbaru Bakal Muncul Tahun 2025

Kedua sumber tenaga tersebut akan dihubungkan ke roda belakang dan dikabarkan memiliki tenaga maksimal di kisaran 700 HP. Cukup untuk mengalahkan McLaren Artura dengan tenaga 680 HP, namun tak berlebih sehingga tidak melampaui tenaga mobil V12 naturally aspirated Ferrari.

Ferrari hybrid V6 ini juga akan dibekali dengan kemampuan full EV mode dengan jarak tempuh yang mungkin lebih jauh dari SF90 Stradale. Ferrari berencana untuk meluncurkan mobil ini pada tahun 2022 dengan kemungkinan harga dasar € 230.000 atau setara Rp 4.000.000.000.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.
 
back to top