Mobil F1 Bekas Kimi Raikkonen Dijual! Harganya Setara 50 Tesla Model 3

12/09/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Mobil F1 Bekas Kimi Raikkonen Dijual! Harganya Setara 50 Tesla Model 3
Tak lama setelah Kimi Raikkonen memutuskan untuk pensiun dari Formula 1, kini mobil F1 yang ia kendarai di tahun 2002 akan dijual kepada masyarakat umum.

Entah ini kebetulan atau memang sudah direncanakan, mobil Formula 1 McLaren MP-17D yang dikendarai oleh Kimi Raikkonen pada musim balap F1 2002 akan dijual. Mengingat Raikkonen baru saja mengumumkan untuk pensiun, ini bisa jadi waktu yang tepat bagi para kolektor untuk membeli mobil tersebut.

Tentu mobil ini tidak dijual melalui dealer, melainkan lewat pelelangan yang akan dilakukan oleh RM Sotheby's St. Moritz pada Jum'at, 17 September 2021.

Mobil Ikonik Yang Diracik Oleh Nama-nama Legendaris

Meski Kimi Raikkonen tidak meraih gelar juara dengan mobil ini (karena harus bersaing dengan Michael Schumacher tentunya), McLaren MP-17D merupakan salah satu mobil F1 yang ikonik dengan nama besar di belakangnya.

Gambar Mobil F1

Membeli mobil F1 asli adalah kesempatan yang sangat langka

>>> Pebalap F1 Kimi Raikkonen Resmi Gantung Helm di Akhir Musim

Mobil ini didesain oleh insinyur hebat dan terkenal di dunia F1 seperti Adrian Newey, Mike Coughlan, Neil Oatley, dan Peter Prodromou. McLaren MP-17D ditenagai oleh mesin 3,0 liter naturally aspirated V10 buatan Mercedes-Benz.

Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga 845 HP pada lengkingan tinggi di putaran mesin 18.500 rpm. Mobil ini menjadi mobil keenam yang menggunakan livery West McLaren Mercedes yang legendaris.

Mobil dengan nomor sasis MP4-17A-06 ini menjalani debutnya pada 21 - 23 Juni di Sirkuit Nurburgring, Jerman. Pada Grand Prix Jerman tersebut, Raikkonen menyelesaikan kualifikasi di urutan keenam, dan berhasil meraih podium ketiga di belakang Michael Schumcaher dan Rubens Barrichello.

Gambar Mesin F1

Mesin garapan Mercedes-Benz ini mampu menghasilkan suara yang memekakkan telinga

Penampilannya tersukses mobil ini adalalah balapan ketiga di Circuit de Nevers Magny-Cours, Prancis. Di sana, Kimi Raikkonen berhasil finis kedua dengan rekan setimnya, David Coulthard di urutan ketiga.

Sayangnya, McLaren di tahun itu benar-benar dikalahkan penampilan dominan Scuderia Ferrari yang berhasil memenangkan 15 dari 17 balapan. McLaren finis di urutan ketiga dalam kejuaraan konstruktor, dan Kimi Raikkonen hanya bisa bertengger di posisi 6 dalam kejuaraan pebalap.

>>> F1 2020 dan Game Balap EA Kini Bisa Dimainkan Gratis di Xbox Game Pass

Harga Fantastis Untuk Menebus Mobil F1 Kimi

Gambar Kimi Raikkonen

Sayang Raikkonen tidak mampu bersaing dengan Michael Schumacher dengan mobil ini

Mobil ini menjadi salah satu bagian dari perjalanan Kimi Raikkonen sebelum akhirnya meraih gelar juara dunia di tahun 2007. Tak hanya itu, kedekatannya dengan era dominasi Michael Schumacher membuat mobil ini menjadi 'hot item' yang diburu para kolektor penggemar F1.

RM Sotheby's sendiri memrediksi bahwa mobil ini akan terjual di harga $2.000.000 ke atas (antara $2.150.000 - $2.700.000) atau setara Rp 28,5 miliar! Jika Tesla Model 3 dibanderol $40.000, artinya Anda bisa membeli 50 unit Tesla dengan uang tersebut.

Tapi, Anda tak perlu khawatir dengan harga mahal tersebut. Selalu ada kolektor yang cukup gila untuk membeli mobil F1 asli untuk sekadar dipajang di rumah mereka.

>>> Istri Michael Schumacher Beberkan Kondisi Sang Legenda F1

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com. Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas
 
back to top