Dealer Mobil di AS Dijarah, Imbas Demo Kerusuhan Kematian George Floyd

03/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Dealer Mobil di AS Dijarah, Imbas Demo Kerusuhan Kematian George Floyd
Puluhan dealer rusak dan mobil dicuri di AS akibat kerusuhan atas kematian seorang pria Afrika-Amerika bernama George Floyd yang tewas di tangan kepolisian.

Dealer mobil di sebagian wilayah AS dilaporkan telah menjadi target vandalisme dan pencurian di tengah-tengah protes keras yang dipicu oleh kematian George Floyd di Minneapolis. Dealer-dealer mobil dari Los Angeles, St. Louis hingga Philadelphia terkena dampak dari kerusuhan tersebut.

>>> Aturan Berkendara New Normal di Filipina, Mirip-mirip dengan PSBB di Indonesia

Gambar menunjukan Demonstran sedang protes

Awalnya demontrasi protes kematian  George Floyd berjalan damai

General Manager Toyota di AS, Ray Khouchaba mengatakan pada hari Selasa (2/6/2020) bahwa enam dealer Toyota dan Lexus telah mengalami kerusakan dan ditutup sementara karena protes yang dilakukan oleh para demonstran, termasuk dealer di Philadelphia dan Los Angeles. Khouchaba menambahkan lebih dari 30 mobil dicuri dari dealer selama hari dua hari Minggu dan Senin lalu.

"Kami dapat menemukan beberapa mobil kami, tetapi ada banyak yang hilang," kata Khouchaba.

Khouchaba menggambarkan pencurian tersebut sangat terorganisir. Para pelaku mulanya mencuri kunci mobil pada Minggu malam dan kembali untuk mencuri kendaraan pada Senin malam. Dia mengatakan dealer-dealer yang rusak saat ini sedang ditutup dan diharapkan dapat dibuka kembali dalam beberapa hari kedepan.

>>> Besok Meluncur, Tampilan Toyota Hilux Facelift Sudah Bocor Duluan di Jagat Maya

Gambar menunjukan Huru hara

Hingga akhirnya demontrasi berubah menjadi kerusuhan

Ketika protes terjadi di puluhan kota di AS, dealer-dealer mobil menghadapi masalah seperti jendela pecah, pencurian kendaraan, vandalisme kendaraan dan pembakaran. Bukan hanya mobil baru saja, dealer kendaraan bekas juga menjadi sasaran para demonstran.

Kerusuhan tersebut terjadi sejak 26 Mei di Minneapolis, sehari setelah George Floyd, seorang pria Afrika-Amerika, tewas karena kelalaian pihak kepolisian. Protes memanjang hingga akhir pekan lalu yang mulanya berjalan dengan damai, lalu meningkat menjadi aksi kekerasan.

Pencurian dan vandalisme tidak hanya menimpa dealer Toyota saja. Dealer Mercedes-Benz di California juga berdampak dari kerusuhan ini, beruntungnya hanya dealer saja yang mengalami kerusakan dan tidak ada korban luka, serta tidak ada kendaraan yang dirusak. 

>>> Berita otomotif terbaru dan menarik lainnya dalam dan luar negeri ada di sini

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top