Daftar Mobil Daihatsu yang Dapat Diskon PPnBM

19/02/2021

Pasar mobil

2 menit

Daftar Mobil Daihatsu yang Dapat Diskon PPnBM
Ternyata tak semua mobil Daihatsu bakal mendapatkan pengurangan harga akibat relaksasi pajak kendaraan mewah (PPnBM) yang bakal diterapkan Maret mendatang.

Industri otomotif Indonesia memang menerima dampak negatif akibat pandemi COVID-19 tahun lalu. Untuk meningkatkan gairah industri otomotif di Indonesia, pemerintah akhirnya memberikan insentif untuk Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Namun sayangnya, tak semua mobil mendapatkan relaksasi pajak ini, melainkan hanya yang memenuhi persyaratan dari pemerintah.

Daftar Mobil Daihatsu yang Dapat PPnBM

Bagi Daihatsu, aturan ini tak berlaku untuk semua modelnya. Pihak Daihatsu menyebutkan ada beberapa mobil yang akan mendapatkan relaksasi pajak dalam insentif PPnBM yang diberikan oleh pemerintah Indonesia.

mobil baru Daihatsu Xenia
Daihatsu Xenia jadi salah satu mobil Daihatsu yang dapat pengurangan harga bulan depan

>>> Intip Kisi-kisi Harga Daihatsu Rocky-Toyota Raize

“Yang kena (relaksasi PPnBM) di Daihatsu itu adalah model Xenia, Terios, Luxio, kemudian Gran Max minibus,” ungkap Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra dalam sesi konferensi pers virtual, Jumat (19/2/2021).

Hal ini dikarenakan mobil Daihatsu lainnya sudah tidak dikenai pajak PPnBM. contohnya jenis mobil LCGC (Low Cost Green Car) serta model low commercial seperti pikap dan blind van. Jadi model lainnya tak akan mengalami perubahan harga.

“Untuk Sirion, Ayla, Sigra, untuk pikap dan blind van, tidak ada bedanya,” lanjutnya.

>>> Review Daihatsu Grand New Xenia 1.3 R 2019, Calon Volume Maker Daihatsu Dari Tipe Menengah

Menunggu teknis pengurangan harga

Sayangnya Daihatsu belum merinci besar pengurangan dari sebagian harga mobil yang mendapat relaksasi PPnBM tersebut. Selanjutnya Hendrayadi Lastiyoso selaku Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) mengungkapkan bahwa pihak Daihatsu masih menunggu petunjuk teknis pelaksanaan peraturan baru ini.

mobil Daihatsu Sigra di pameran otomotif
Pihak Daihatsu masih memperhitungkan berapa pengurangan harga yang diberikan

Namun ia menjanjikan bahwa dalam minggu depan, Daihatsu akan mengungkapkan besaran pengurangan harga kendaraan di akhir bulan nanti.

“Nanti pada waktunya, mungkin minggu depan, sudah bisa kita rilis kira-kira berapa penurunan dari model-model yang terkena dampak relaksasi (pajak PPnBM), khususnya di model Daihatsu ini.”

Relaksasi pajak PPnBM bergulir untuk mendorong laju industri yang tergerus pandemi. Selain relaksasi PPnBM, pemerintah juga akan menerapkan DP 0 persen untuk kredit kendaraan bermotor yang juga berlaku pada mulai bulan Maret 2021. Diharpakan kedua stimulus tersebut sukses memulihkan industri otomotif Indonesia dengan cepat.

>>> Dapatkan promo dan harga Daihatsu Xenia terbaru di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top