Mobil Bermesin Konvensional Bertenaga 1.600 hp Siap Diproduksi

20/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Setelah diperkenalkan di Geneva Motor Show 2019, Koenigsegg Jesko, mobil bermesin konvensional paling bertenaga di dunia saat ini sudah mulai diproduksi.

Nama Bugatti Chiron memang lebih dikenal oleh masyarakat sebagai mobil bermesin konvensional paling bertenaga. Namun, rekor tersebut akan segera dipecahkan oleh Koenigsegg saat Jesko mulai didistribusikan ke konsumennya.

Saat ini Jesko sudah masuk ke tahap "pre-assembly" yang artinya mobil pertama yang dipesan oleh sang pembeli sedang mulai dirakit. Koenigsegg bahkan sudah memamerkan "pre-series production car" yang kemungkinan akan menjadi mobil pameran dan test drive.

1.600 HP Pada Injakan Kaki Anda

Tenaga mobil di atas 1.000 HP memang bukan angka yang mustahil. Namun, kebanyakan mobil yang mampu mencapainya dibantu oleh motor listrik. Koenigsegg Jesko adalah mobil paling bertenaga yang mampu menghasilkan 1.603 HP dengan torsi 1.500 Nm.

>>> John Mayer Promosi Album Baru Naik Porsche 911 GT3

Gambar Koenigsegg Jesko

Ini mobil paling bertenaga tanpa bantuan motor listrik

Tenaga tersebut dapat diekstrak dari mesin 5,0 liter V8 twin-turbocharged jika mobil diisi dengan bahan bakar E85 Biofuel. Jika Anda mengisi Jesko dengan bahan bakar bensin biasa, mesin tersebut menghasilkan tenaga 1.281 HP.

Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang (RWD) melalui transmisi 9-percepatan dengan tujug kopling basah multi-cakram bertajuk "Light Speed ‚Äč‚ÄčTransmission" (LST).

Tak hanya menjadi mobil bermesin konvensional paling bertenaga, Koenigsegg Jesko juga akan menjadi mobil dengan perpindahan gigi tercepat di dunia menggunakan transmisi tersebut.

Mampu Mencapai Kecepatan 500 Km/Jam

Mobil ini memiliki bobot 1.420 kg dengan kemampuan menghasilkan downforce mencapai 1.000 kg. Sayang Koenigsegg belum mengetes akselerasi serta top speed dari mobil ini.

>>> Naik Yaris, Kalle Rovanpera Jadi Juara Termuda di Rally Estonia 2021

Gambar Koenigsegg Jesko

Mencapai 500 km/jam bukan hal yang sulit bagi mobil ini

Namun, berdasarkan simulasi yang dilakukan oleh pabrikan asal Swedia ini, Jesko kabarnya dapat menembus angka kecepatan tertinggi yang cukup fantastis.

"Simulasi mengatakan mobil ini akan melampaui target kami di angka 500 km/jam atau 310 mph. Batasnya adalah ban, lokasi, dan kewarasan," canda Christian von Koenigsegg, CEO dari Koenigsegg Automotive AB.

Tertarik merasakan sensasi mengendarai mobil hingga 500 km/jam? Anda harus menyiapkan kocek lebih dari $2,85 juta atau setara dengan Rp 41,5 miliar!

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top