Mobil Bekas Kebanjiran, Harga Murah Tapi Tak Recommended Untuk Dibeli

05/01/2020

Pasar mobil

3 menit

Mobil Bekas Kebanjiran, Harga Murah Tapi Tak Recommended Untuk Dibeli
Mobil bekas kebanjiran dijual lebih murah dari harga pasaran dengan selisih cukup besar. Meski demikian mobil ini tidak direkomendasikan untuk dibeli. Mengapa?

Salah satu risiko mobil yang jadi korban terendam banjir adalah kondisi mobil yang dipastikan tak akan kembali lagi seperti kondisi semula. Hal itu pula yang mempengaruhi nilai jual mobil bekas kebanjiran lebih rendah dari harga mobil bekas biasa. Depreiasi atau penurunan tergantung seberapa besar kekurangan yang dialami, yang jelas pasti harga turun.

"Misalnya ya harga Avanza 2018 paling mudahnya, itu sekarang sekitar Rp150 juta, tapi karena pasar lagi begini harga bisa turun. Terus itu bekas banjir, turun lagi Rp15 juta- Rp20 juta," tutur Herjanto Kosasih, Senior Manager bursa mobil bekas WTC Mangga Dua, seperti dikutip dari CNN Indonesia (3/2/2020).

Foto menunjukkan sejumlah mobil dalam kondisi mengenaskan usai terendam banjir

Banjir menimbulkan kerugian materi yang cukup besar

>>> Mirip Tsunami, Ini Mobil-Mobil yang Hanyut Saat Banjir Jakarta

Penurunan hal lumrah

Pemilik jangan berharap dapat untung besar menjual mobilnya yang terendam banjir. Juga perlu tahu dan memahami kalau penurunan harga yang cukup tajam adalah hal lumrah. Alasannya, mobil dipastikan dalam kondisi cacat. Masih mendingan kalau mobilnya hanyalah kelas LCGC atau low MPV. Kalau mobilnya jenis premium dan tidak diasuransi, bisa diyakini kerugian yang dialami pemilik jauh lebih besar.

"Ingat ya semakin mewah, semakin besar turun harganya. Misalnya mobil Porsche, terus apalagi Ferrari juga. Itu seperti pemilik Lamborghini yang mobilnya terendem banjir jika tidak asuransi apa iya tidak nangis," ujarnya.

Sama dengan penuturan di atas, CEO OtoSpector, Jeffry Andika juga mengatakan harga mobil bekas kebanjiran lebih rendah dari harga pasaran. "Harga pasti turun. Bisa lumayan jauh bisa 50 persen turun harga kalau mobil ini kelelep sampai atap atau semua bagian. Ya karena mobilnya sudah susah untuk balik normal lagi," jelas Jeffry.

>>> Ingin Gunakan Jasa Towing Mobil Mewah? Simak Dulu Parameter Berikut!

Foto menunjukkan kondisi interior mobil sehabis terendam banjir

Banjir menimbulkan kerugian materi yang cukup besar

Tidak recommended untuk dibeli

Baik Jeffry maupun Herjanto tidak merekomendasikan calon konsumen membeli mobil bekas kebanjiran. Dari sisi harga memang lebih murah, tapi risiko yang bakal ditanggung di kemudian hari jauh lebih besar.

Konsumen juga disarankan untuk berhati-hati, jangan terkecoh oleh rayuan manis pedagang. Terlebih usai kejadian banjir besar di ibu kota dan sekitarnya pada tahun baru lalu, diprediksi bakal banyak mobil korban banjir dijual oleh pemiliknya.

>>> Cari mobil bekas berkualitas, Cek koleksi dan harganya di Cintamobil.com!

Foto menunjukkan mobil-mobil mewah juga jadi korban banjir Tahun Baru 2020 di Jakarta

Mobil semakin mewah, biaya perbaikan semakin mahal

>>> Artikel tips & trik menarik lainnya di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top