Mobil Bekas Harga Murah Punya Daya Tarik Semasa Pandemi

29/12/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Mobil Bekas Harga Murah Punya Daya Tarik Semasa Pandemi
Mobil bekas harga murah jadi alternatif di masa pandemi ini untuk menghindari kerumuman di transportasi umum. Faktor harga terjangkau menjadi alasan utamanya.

Penjualan mobil amat terpukul dengan adanya pandemi corona yang belum juga usai. Baik mobil baru maupun bekas keduanya sama-sama merasakan dampak dari pandemi tersebut. Daya beli masyarakat di seluruh dunia turun sehingga berdampak signifikan terhadap pasar otomotif. 

Namun secercah harapan muncul ketika masyarakat diminta untuk menghindari menggunakan transportasi umum. Asa akan penjualan mobil bisa meningkat kembali muncul. Apalagi kalau bicara mobil bekas. Hal ini dilakukan sebagian masyarakat untuk menghindari kerumunan kala menggunakan transportasi umum. 

penjualan mobil di Malaysia

Malaysia memberlakukan pembebasan pajak agar penjualan mobil bergairah

>>> Mobil Bekas Taksi Banyak Diburu di Masa Pandemi

Mobil Bekas Harga Murah Jadi Primadona

Hal itulah yang mendorong penjualan mobil bekas sedikit merangkak naik. Apalagi mobil bekas harga murah yang punya daya tarik tersendiri semasa pandemi ini. Setidaknya hal itu terjadi di Malaysia.

Saat pemerintah Malaysia memberlakukan lock down, otomatis bisnis mobil bekas juga 'mati'. Otomatis industri mobil bekas setempat hanya punya waktu efektif penjualan selama sembilan bulan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. 

Pemerintah setempat mengambil langkah cepat dengan memberlakukan pembebasan pajak yang bisa membantu penjualan mobil bekas ikut terkerek. 

"Adanya pembebasan pajak penjualan mobil dan moratorium kredit 6 bulan amat membantu di semester kedua. Kami berharap tahun 2020 masih bisa mengejar pencapaian tahun sebelumnya, dimana ini adalah kabar gembira," ungkap President of Motor and Credit Companies Association of Malaysia (FMCCAM) Datuk Tony Khor dilansir Paultan, Selasa (29/12/2020). 

Sebagai informasi, penjualan mobil bekas di Malaysia pada tahun 2019 mencapai 400.000 unit. Pada 6 November lalu saat rencana anggaran Malaysia tahun 2021 diumumkan, Menteri Keuangan Tengku Datuk Seri Zafrul Tengku Abdul Aziz menyebut bahwa tak akan ada perpanjangan otomatis dari moratorium tersebut. 

"Di tengah ketidakpastian ekonomi, penjualan mobil bekas masih tebrilang stabil karena pandemi Covid-19 membuat orang-orang beralih dari transportasi umum. Mereka juga lebih memilih untuk membeli mobil bekas karena harganya murah," jelas Khor seraya menambahkan mobil-mobil Jepang lebih populer di kalangan pembeli mobil bekas. 

>>> Orang Eropa Buru Mobil Tua Bekas untuk Cegah Virus Corona

Di Indonesia Mobil Bekas Juga Diminati

Mobil bekas harga murah memang menjadi alternatif ketimbang mobil baru yang harganya berkali-kali lipat lebih mahal. Stabilnya penjualan mobil bekas di masa pandemi rupanya juga turut berlaku di Indonesia. 

penjualan mobil bekas

Penjualan mobil bekas di Indonesia juga cukup terkerek

Salah satu tempat jual beli mobil bekas Carro pun mengamini bahwa penjualan mobil bekas justru melonjak signifikan. Belum lama ini, Carro mengklaim sulit untuk mencari mobil bekas untuk kemudian dijual. 

"Selama pandemi COVID-19, CARRO sendiri telah mengalami lonjakan permintaan sebesar 600% untuk mobil  bekas bersertifikat yang dapat diuji coba dari rumah dan dibeli secara online. Kesulitan terbesar kami saat ini mencari mobil untuk dijual. Jadi saat ini kita mempunyai banyak daftar calon pelanggan yang tengah mencari kendaraan namun tidak tersedia di market," ungkap Co-Founder CARRO Aditya Lesmana belum lama ini. 

>>> Mengintip Harga Low MPV Bekas Jelang Akhir Tahun, Mana yang Tertinggi?

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Sebelum Beli Mobil Bekas, Cek Dulu Keaslian Dokumen Kendaraan

15/06/2020

Jual beli

4 menit

Sebelum membeli mobil bekas, Anda perlu cek keaslian dokumen kendaraan. Jika dokumen kendaraan Anda palsu bisa dipastikan membuat Anda tak bisa membayar pajak.

Lihat juga

Seberapa Penting Faktur Pembelian untuk Membeli Mobil Bekas?

15/12/2020

Jual beli

4 menit

Faktur pembelian biasanya didapat ketika Anda membeli mobil baru dan digunakan untuk mengurus dokumen kepemilikan kendaraan. Bagaimana saat membeli mobil bekas?

Lihat juga

Simak Untung Rugi Mobil Bekas Tabrak dan Banjir

28/10/2020

Jual beli

4 menit

Dalam memilih mobil khususnya mobil bekas, harus pastikan bahwa mobil yang dibeli bebas bekas tabrak dan banjir. Salah-salah Anda akan dapat banyak kerugian.

Lihat juga

Over Kredit, Solusi Murah Beli Mobil Bekas

02/12/2020

Jual beli

5 menit

DP kecil selalu jadi primadona dan kerap dianggap sebagai umpan lezat bagi calon konsumen. Tapi sebenarnya jika dibandingkan mending mana dengan over kredit?

Lihat juga

Membeli Mobil Bekas: Mengecek Transmisi Mobil Matic Bekas

10/08/2018

Jual beli

4 menit

Mobil bekas bertransmisi otomatis atau matic seringkali menjadi pilihan. Mengecek transmisi mobil matic bekas juga mudah, Anda cukup memperhatikan beberapa hal saja.

Lihat juga

Sering Diabaikan, Begini Cara Membuat Surat Jual Beli Mobil Bekas

08/05/2020

Jual beli

4 menit

Sebelum melakukan transaksi, penting untuk melengkapi surat jual beli mobil bekas. Hal ini demi menghindari risiko terburuk dikemudian hari yang mungkin timbul pasca transaksi jual beli.

Lihat juga
 
back to top