Mobil Bekas Daihatsu Diklaim Cepat Laku, Belum Sebulan Sudah Terjual Lagi

20/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Mobil Bekas Daihatsu Diklaim Cepat Laku, Belum Sebulan Sudah Terjual Lagi
Mobil bekas Daihatsu diklaim lebih cepat laku ketimbang merek lain. Hal ini terlihat dari harga waktu penjualan yang tercatat kurang dari satu bulan untuk Ayla.

Menjual mobil bekas bisa dibilang gampang-gampang susah. Ada sejumlah faktor yang menentukan mobil bekas itu cepat laris di pasaran. Merek salah satunya. Beberapa merek memiliki pencintanya tersendiri sehingga bisa lebih cepat laris di pasaran. Daihatsu termasuk diantaranya. 

Dalam data PT Balai Lelang Asta Natra Jaya (AUKSI) tahun 2020 menunjukkan Daihatsu sebagai brand terlaris nomor 2 (19%) untuk pasar mobil bekas di tahun 2020.

Daihatsu Sigra

Untuk Sigra bekas, rata-rata terjual dalam waktu 1,31 bulan

>>> Ini Sebabnya Penjualan Daihatsu Xenia Tahun 2020 Keok

Laku Dalam Waktu Kurang dari 1 Bulan

Ini juga sekaligus menjadi indikasi bahwa mobil bekas Daihatsu cukup banyak diminati. 

"Kita juga searching dari berbagai sumber menunjukan model-model Daihatsu selalu berada di top 5 mobil terlaris pasar mobkas," ungkap Customer Satisfaction & Value Chain Division, PT Astra Daihatsu Motor Elvina Afny dalam konferensi pers belum lama ini. 

Elvina juga menjelaskan banyaknya konsumen yang mengincar mobil bekas Daihatsu, membuat perputaran penjualan juga terbilang cepat. Dari beberapa data yang dihimpun Daihatsu, mobil bekasnya rata-rata bisa laris dalam waktu kurang dari satu bulan. 

"Kita lihat rasio turn over, model Daihatsu itu cepat laku di pasaran. Kurang dari sebulan setelah akuisisi mobil itu laku dijual. Secara rata-rata 0,9 bulan mobil sudah laku terjual kembali. Bahkan Ayla saya dalam 0,7 bulan itu sudah bisa dijual kembali," lanjut Elvina. 

Faktor lain yang membuat mobil bekas Daihatsu laris di pasaran adalah depresiasi harga. Ya, harga jual kembali memang cukup menjadi konsen kebanyakan masyarakat Indonesia sebelum membeli mobil.

>>> Komparasi Nissan Magnite vs Daihatsu Rocky vs KIA Sonet: Mana SUV Murah Terbaik?

Mobil dengan Depresiasi Kecil Jadi Incaran Masyarakat

Daihatsu Ayla

Ayla cukup cepat laris dari seluruh model Daihatsu lainnya

Mobil yang bisa memiliki harga jual kembali tinggi pastinya banyak diincar. Itulah yang terjadi pada Daihatsu. Disebutkan Elvina, sederet model Daihatsu memiliki penurunan yang terbilang kecil. 

"Dari hasil survey harga mobkas yang kita lakukan untuk MPV Xenia depresiasinya baik karena relatif rendah. Setelah pemakaian 2 tahun nilai jualnya masih berada di 81 persen di harga dia beli awal. Depresiasi model-model Daihatsu relatif kecil hingga pemakaian 3 tahun," sebut Elvina.

Mobil bekas kini memang menjadi primadona di masa pandemi. Maklum, ketimbang mobil baru harganya relatif terjangkau. Di samping itu, masyarakat juga bisa menghindari kerumunan untuk berpergian. Kedua hal itulah yang menjadikan mobil bekas sebagai pilihan. 

"56 persen masyarakat lebih memilih mobil bekas di masa pandemik," pungkas Elvina.  

>>> Mengintip Harga Low MPV Bekas Jelang Akhir Tahun, Mana yang Tertinggi?

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top