Mobil Bekas Bakal Dilirik pada Era New Normal, Asal Perekonomian Stabil

28/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Mobil Bekas Bakal Dilirik pada Era New Normal, Asal Perekonomian Stabil
Tak menutup kemungkinan orang bakal melirik mobil bekas pada era new normal untuk menghindari kerumunan. Asalkan kondisi perekonomian Indonesia stabil.

Pasar mobil bekas tak luput dari hantaman virus corona. Penjualannya turun drastis sama halnya dengan mobil baru. Bahkan pedagang mobil bekas Mobil88, mencatat penurunan penjualan hingga 70 persen pada April. 

Penurunan penjualan wajar adanya lantaran banyak dealer tutup karena Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Di samping itu kondisi perekonomian juga tidak menentu, bahkan ada beberapa pekerja yang terpaksa kehilangan pekerjaan. 

>>> Orang Berduit Manfaatkan Momen Pandemi Corona untuk Beli Mobil Bekas

New Normal Bisa Bikin Mobil Bekas Dilirik

Indonesia sendiri dalam waktu dekat akan memasuki era baru yang disebut-sebut sebagai 'New Normal'. Ini merupakan kondisi normal baru dimana setiap orang wajib mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penyebaran virus corona yang sangat pesat. 

Penjualan mobill bekas

Penjualan mobil bekas bisa bergairah lagi bila kondisi perekonomian stabil

Menjaga jarak termasuk satu diantara protokol kesehatan pencegah Covid-19. Hal ini memungkinkan orang yang memiliki budget lebih beralih ke kendaraan pribadi untuk menghindari berdesakan dengan penumpang lain saat menggunakan transportasi umum. 

Artinya ada kemungkinan bahwa penjualan mobil bekas bisa merangkak naik lagi seiring dengan kondisi New Normal tersebut. 

>>> Apakah Selera Orang Indonesia soal Mobil Baru Berubah karena Corona?

Tapi perlu dicatat peningkatan penjualan mobil bekas bisa kembali meningkat asalkan kondisi perekonomian Indonesia mulai pulih kembali. 

Gencar Tawarkan Mobil Bekas Lewat Online

President Director Mobil88 Halomoan Fischer menjelaskan bahwa pasar mobil bekas sangat bergantung dengan situasi perekonomian di Tanah Air. Bila situasinya baik maka daya beli masyarakat juga akan cukup untuk membeli mobil. 

Namun bila yang terjadi sebaliknya, pasar mobil bekas akan cenderung stagnan bahkan bisa jadi tak ada pergerakan. 

"Secara logis memang pada saat New Normal maka masyarakat cenderung akan memilih transportasi yang bebas dari kerumunan. Tapi apabila daya beli tidak mencukupi rasanya harus lebih realistis," ungkap President Director Mobil88 Halomoan Fischer kepada Cintamobil.com, Rabu (27/5/2020). 

>>> Pilihan promo dan diskon mobil baru semua merk ada disini

Pihaknya saat ini pun mulai gencar melakukan penjualan melalui digital. Ini juga hal baru bagi para pedagang mobil bekas. Fischer sebelumnya pernah menyebut bahwa kebanyakan calon konsumen mobil bekas lebih senang datang ke dealer untuk memastikan mobil dalam kondisi baik. 

Penjualan mobill bekas

Lebih aktif di dunia digital untuk menawarkan mobkas

Tetapi yang dilakukan saat ini adalah pihaknya mendatangi rumah konsumen agar bisa mengecek mobil dengan lebih leluasa. 

"Semenjak PSBB diberlakukan kontribusi online 60% dari total penjualan," jelas Fischer. 

>>> Dapatkan berbagai berita mobil terlengkap ada di Cintamobil.com 

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Ini Tips Aman Berkendara Terhindar Virus Corona

10/04/2020

Pengemudian

3 menit

Selain kemudi dan jok, jangan lupa untuk membersihkan bagian lainnya agar terhindar virus corona. Selain kebersihan kira-kira apa lagi yang harus disipakan?

Lihat juga

Pertama Kali Menjual Mobil? Ini Tips Menghasilkan Foto Mobil Bekas Terbaik

16/02/2019

Jual beli

10 menit

Satu foto bisa bernilai ribuan kata. Maka dari itu, memberikan foto mobil bekas yang terbaik merupakan salah satu cara untuk menarik pembeli untuk membeli mobil yang Anda tawarkan.

Lihat juga

Begini Tips Memilih Kamera Mobil Terbaik untuk Anda

17/03/2020

Perawatan dan service

3 menit

Jangan lupakan kehadiran kamera mobil sebagai alat keamanan tambahan untuk mobil ini. Bingung memilih kamera mobil terbaik untuk kendaraan Anda? Berikut beberapa tips dari Cintamobil.com untuk Anda.

Lihat juga
 
back to top