Mobil Baru Wajib Memiliki APAR Mulai Tahun Depan

08/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Mobil Baru Wajib Memiliki APAR Mulai Tahun Depan
Peristiwa kebakaran yang melibatkan mobil kerap terjadi. Untuk itu, setiap mobil baru wajib memiliki APAR mulai tahun depan dan menjadi tanggung jawab produsen.

Peristiwa kendaraan terbakar dengan sendirinya ataupun kecelakaan lalu lintas yang membuat mobil terbakar masih sering ditemukan. Untuk meningkatkan keselamatan kendaraan bermotor sekaligus mencegah korban kecelakaan, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menimbang setiap kendaraan termasuk mobil penumpang wajib dilengkapi dengan Fasilitas Tanggap Darurat. 

Kewajjiban agar kendaraan memiliki fasilitas tanggap darurat itu tertuang dalam Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor: KP.972/AJ.502/DRJD/2020 tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor. 

peristiwa mobil terbakar

Peristiwa mobil terbakar kerap terjadi

>>> Antisipasi Kebakan, Ini Jenis APAR Yang Bisa Dipasang di Mobil Anda

Wajib untuk Tiap Mobil Baru

Disebutkan dalam pasal 1, mobil penumpang masuk dalam kategori M1 yakni kendaraan bermotor yang digunakan untuk angkutan orang yang memiliki tempat duduk maksimal delapan orang termasuk tempat duduk pengemudi atau yang beratnya tidak lebih dari 3.500 kg. 

Kemudian dalam pasal 2 dirinci bahwa mobil penumpang wajib dilengkapi dengan alat pemadam api ringan (APAR). 

"Kendaraan Bermotor untuk kategori M1,N1, N2, N3, O1, O2, O3, dan O4 untuk mobil penumpang, mobil barang landasan mobil penumpang, dan landasan mobil barang wajib dilengkapi Fasilitas Tanggap Darurat berupa alat pemadam api ringan," begitu bunyi pasal 2 ayat 2.

Adapun Fasilitas Tanggap Darurat ini wajib disediakan oleh produsen mobil sekaligus importirnya. 

"Dalam hal pengimpor, pembuat dan/atau perakit Kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud pada ayat (3) akan melakukan rekayasa dan rancang bangun terhadap alat pemadam api ringan wajib mengacu pada rancang bangun yang telah disahkan oleh Direktur Jenderal," rinci pasal 2 ayat 4. 

>>> 5 Kiat Mencegah Mobil Terbakar

Berlaku Mulai Tahun Depan

Alat pemadam api ringannya pun tak boleh sembarangan melainkan memiliki spesifikasi teknis meliputi dapat memadamkan kebakaran  paling sedikit benda padat, benda cair atau gas serta bahan pemadam tidak beracun. 

alat pemadam api ringan

Nantinya APAR harus tersemat pada tiap mobil baru

Untuk mobil penumpang setidaknya memiliki satu buah alat pemadam api ringan dengan masal kadaluarsa paling sedikit delapan tahun. 

Para produsen mobil pun diminta untuk segera menyesuaikan bila nantinya aturan mobil baru diwajibkan memiliki APAR ini sudah diberlakukan oleh pemerintah. 

Aturan mobil baru wajib memiliki APAR ini juga sekaligus menggantikan Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor SK/1763/AJ.501/DRJD/2003 tentang Petunjuk Teknis Tanggap Darurat Kecelakaan Kendaraan Bermotor Angkutan Penumpang. 

Rencananya, aturan ini mulai diimplementasikan pada awal tahun 2021. 

>>> Mobil Terbakar karena Kejahatan, Akankah Ditanggung Asuransi?

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Ini yang Harus Dilakukan saat Bertemu Mobil Pemadam Kebakaran

24/08/2020

Pengemudian

3 menit

Pengendara wajib memahami kendaraan prioritas, misalnya pemadam kebakaran. Lakukan hal berikut jika bertemu mobil pemadam kebakaran tengah menunaikan tugas.

Lihat juga

Mengapa Mobil Bisa Terbakar usai Menabrak seperti Nissan GT-R di Cibubur?

05/04/2020

Event - Promosi

3 menit

Tak semua kecelakaan bisa mengakibatkan mobil terbakar. Namun ada beberapa penyebab yang memicu mobil bisa terbakar usai mengalami kecelakaan dan tabrakan.

Lihat juga

Kenali Faktor-faktor Penyebab Mobil Terbakar

01/03/2020

Perawatan dan service

3 menit

Mungkin Anda pernah melihat kejadian mobil kebakar di jalanan. Lalu apa sebenarnya penyebab kondisi ini bisa terjadi? Penasaran? Simak infonya di bawah ini.

Lihat juga

Hati-hati, Power Bank Bisa Picu Mobil Terbakar

09/01/2020

Pengemudian

3 menit

Satu unit mobil terbakar parah di Selangor, Malaysia hanya gara-gara pemiliknya meninggalkan power bank di dalam mobil yang terpakir saat matahari sedang terik.

Lihat juga

Tindakan yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Mobil Terbakar di Jalan

07/09/2019

Pengemudian

5 menit

Bagaimana jadinya jika Anda menjadi korban dalam mobil terbakar di jalan? Apa saja tindakan-tindakan yang tidak boleh Anda lakukan ketika situasi itu terjadi?

Lihat juga