Mobil Baru Daihatsu Siap Ramaikan Pasar Otomotif Indonesia Tahun 2021

22/01/2021

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Mobil baru Daihatsu dikabarkan akan ikut meramaikan pasar otomotif Indonesia tahun 2021. Sayang, hingga saat ini Daihatsu masih menutup rapat mobil barunya itu.

Tahun 2020 merupakan tahun yang berat bagi banyak pihak terutama dengan adanya pandemi Covid-19. Para produsen mobil pun turut merasakan imbas dari penyebaran virus corona yang hingga saat ini belum diketahui kapan berakhir. Penjualan mobil anjlok, sejumlah rencana peluncuran model baru ikut batal. 

Namun memasuki tahun 2021 optimisme tersebut seakan hadir kembali. Terlebih saat penyuntikan vaksin sudah dimulai pada pertengahan Januari 2021. Asa akan penjualan mobil baru pun diharapkan bisa kembali tumbuh seiring dengan pasar otomotif Indonesia yang perlahan-lahan bangkit. 

>>> Mobil Bekas Daihatsu Diklaim Cepat Laku, Belum Sebulan Sudah Terjual Lagi

Mobil Baru Daihatsu Masih Dirahasiakan

PT Astra Daihatsu Motor pun telah menyiapkan sederet strateginya pada tahun 2021. Peluncuran mobil baru Daihatsu salah satunya. Meski tak merinci secara detail, mobil baru Daihatsu dihadirkan untuk menggairahkan pasar otomotif Indonesia yang tengah lesu. 

"Pada dasarnya setiap brand bukan hanya Daihatsu akan melakukan peneyegaran produk di waktu tepat. Tahun ini 2021 Daihatsu sudah menyiapkan rangkaian penyegaran produk. Waktunya kapan nanti kami infokan," jelas Direktur Marketing PT ADM Amelia Tjandra dalam konferensi pers belum lama ini. 

Dijelaskan Amelia, peluncuran mobil baru tak hanya akan dilakukan oleh Daihatsu melainkan juga merek lain. santer diberitakan akan ada SUV Rocky yang meluncur di Indonesia tahun ini. Kemudian Xenia juga dikabarkan akan dipermak. Tapi rumor tersebut akan terjawab bilamana Daihatsu benar-benar melakukan peluncuran model barunya. 

Daihatsu Ayla model baru

Ayla hadir tepat sebelum pandemi Covid menyebarluas di Tanah Air

Perlu diketahui, pada tahun 2020 Daihatsu hanya meluncurkan dua mobil baru yakni Ayla dan Sirion. Peluncuran mobil baru Daihatsu tahun 2020 ini memang berbarengan penyebaran virus corona yang baru menyeruak di Tanah Air. 

>>> Ini Sebabnya Penjualan Daihatsu Xenia Tahun 2020 Keok

Berharap Pasar Pulih

Setelahnya Daihatsu sama sekali tak merilis model lain di Tanah Air. Ini berbeda dengan sang saudara, Toyota. Toyota justru cenderung agresif meluncurkan mobil baru terutama setelah pemerintah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi. Tercatat ada lebih dari lima mobil baru Toyota yang dikenalkan. 

"Impactnya memang belum tentu berpengaruh ke pasar mobil. Tahun lalu impact covid pasar tidak bergerak. Menurut saya pasar mobil bisa terangkat ditunjukan dari GDP (Gross Domestic Product) dan sektor riil meningkat. Kalau tidak, berapa banyaknya model baru tidak akan pengaruh," jelas Amelia. 

Inikah Sinyal Kuat Kehadiran Daihatsu Rocky 2020 di Indonesia?

Rocky dikabarkan akan mengisi pasar otomotif Indonesia tahun 2021

Tak muluk-muluk tahun 2021 ini Daihatsu berharap bisa mempertahankan posisinya di tempat kedua sebagai merek dengan pangsa pasar terbesar di bawah Toyota.

Penjualan Daihatsu sendiri sepanjang tahun 2020 masih ditopang oleh Sigra dengan kontribusi sebesar 26 persen. Kemudian disusul Gran Max Pick-up sebesar 24 persen, dan menutup tempat ketiga besar ada Terios dengan 15 persen. 

"Minimal market share 17%. Kita nggak jumawa karena kita tau bahwa 2021 persaingan makin ketat, kuenya kecil, dan teman-teman merek lain juga meluncurkan produk barunya," kata Marketing and CR Division Head Astra International-Daihatsu Sales Operation Hendrayadi Lastiyoso. 

>>> Daihatsu Xenia DNGA Bakal Usung Teknologi Hybrid Synergy Drive Toyota

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top