Produksi Dipangkas, Mobil Baru Bakal Langka?

13/09/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Di tengah mulai meningkatnya penjualan mobil ketika pandemi COVID-19, krisis semikonduktor membuat pabrikan Jepang memangkas produksi 1 juta mobil baru.

Krisis semikonduktor yang disebabkan oleh peningkatan infeksi COVID-19 di Asia Tenggara membuat sejumlah pabrikan mobil di Jepang mengumumkan rencana untuk mengurangi produksi mobil baru mereka. Dilansir dari Nikkei Asia, mereka berencana mengurangi produksi hingga satu juta kendaraan per tahun fiskal saat ini.

Pemangkasan produksi mobil baru

10 September lalu, Toyota mengumumkan bahwa mereka akan merevisi perkiraan produksi gobal 9 juta unit dari sebelumnya 9,3 juta unit pada bulan Oktober nanti. Jumlah mobil baru yang akan diproduksi turun dari 330.000 unit menjadi sekitar 70.000 unit. Ini terbagi dengan 150.000 unit di Jepang dan 180.000 unit dari pabrikan mereka di luar negeri.

Meskipun mereka mendapatkan permintaan yang sangat kuat, salah satunya model Toyota Land Cruiser yang menjadi komoditas anyar, prospek untuk produksi di bulan November dan seterusnya masih belum jelas. Hal ini membuat pelanggan bisa mendapatkan mobil yang mereka pesan jauh lebih lama dari perkiraan.

pabrik Toyota yang sedang memproduksi mobil baru
Produksi mobil baru Toyota dipangkas hingga 70.000 unit

>>> Mobil Honda di Indonesia Ikut Jadi Korban Krisis Chip Semikonduktor

Di sisi lain, Suzuki juga menerima pengaruh yang cukup signifikan oleh krisis semikonduktor yang terjadi dengan memangkas 350.000 produksi kendaraan. Angka tersebut merupakan 10% dari total produksi Suzuki selama tahun fiksal ini.

Akibat kasus COVID-19 yang masih mengalami peningkatan, operasi mereka pada pabrik-pabrik di Jepang, Thailand, dan Hongaria mengalami penundaan. Sementara di India, salah satu pemasok pasar terbesar Suzuki, diperkirakan hanya beroperasi sekitar 40% dari kapasitas normal pada September ini.

>>> Terganggu Krisis Chip Target Produksi Toyota Dipangkas

Hingga 1 juta kendaraan

Sementara Nissan telah mengatakan untuk menurunkan produksi sebesar 250.000 kendaraan. Sedangkan pabrikan Jepang lainnya, Honda, memperkirakan bahwa penjualan mereka akan turun sebesar 150.000 kendaraan sebagai akibat dari pengurangan produksi yang terjadi.

semikonduktor mobil yang menjadi langka
Pabrikan lainnya juga memangkas produksi akibat krisis semikonduktor

Hal yang sama juga diterima oleh Mazda, Mitsubishi, dan Subaru yang telah mengumumkan pengurangan produksi mereka sendiri. Totalnya, ada lebih dari 1.05 juta kendaraan yang akhirnya dipangkas dari produksi oleh pabrikan mobil di Jepang.

Pun demikian dengan di Indonesia, PT Honda Prospect Motor mengakui produksinya mengalami gangguan akan kelangkaan semikonduktor tersebut. Meski begitu, Honda masih terus berupaya untuk memenuhi permintaan konsumen. 

Bila kelangkaan chip semikonduktor tak segera teratasi bukan tidak mungkin kelangkaan bisa terjadi. Terlebih di Indonesia, dimana pasar otomotif terlihat mulai pulih berkat penerapan diskon PPnBM yang berlaku sejak Maret 2021. Walhasil, mobil bekas menjadi buruan agar konsumen tak perlu menunggu inden berbulan-bulan. 

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top