Mobil Balap Terbaik yang Bisa Dimainkan di Video Game

06/02/2021

Pasar mobil

4 menit

Mobil Balap Terbaik yang Bisa Dimainkan di Video Game
Game balap tak bisa dipisahkan dari pencinta otomotif. Dari beragam game yang ada, berikut beberapa mobil balap terbaik yang bisa Anda mainkan bersama keluarga.

Berbagai mobil yang digunakan di dalam video game sebagian besar digunakan dari mobil asli dengan performa yang mumpuni. Meski tak sedikit dikembangkan hanya untuk game itu sendiri. Dari sekian banyak permainan mobil balap di berbagai platform, mulai dari PlayStation hingga Xbox, berikut beberapa model terbaik yang bisa Anda mainkan.

1. BMW M3 GTR

Penggemar Need for Speed tentu saja mengenal mobil balap ikonik ini. Pasalnya M3 GTR dipasang sebagai cover dari game Need for Speed: Most Wanted dengan gaya street racing layaknya waralaba Fast and Furious. Model yang digunakan merupakan varian BMW M3 GTR E46 yang diperkenalkan pertama kali pada Februari 2001.

M3 GTR adalah model yang diproduksi BMW untuk mengikuti Le Mans. 10 unit terjual dengan harga 250.000 (atau sekitar Rp 4,4 miliar) kala itu. Berbekal mesin versi P60 dengan sedikit penurunan tenaga, mampu mengeluarkan tenaga 385 PS pada putaran 7.000 rpm dengan kombinasi girboks manual 6-percepatan.

>>> Mengenal BMW M3 GTR E46, Mobil Sport Legendaris di Game Need for Speed

2. Chevrolet Camaro Mk1

Bagi penggemar game balap, Camaro Mk1 menjadi salah satu mobil yang sering ditemui. Pasalnya muscle car khas Amerika ini merupakan mobil kedua yang paling banyak digunakan dalam video game, di bawah Volkswagen Beetle. Model generasi pertama yang dikeluarkan pada tahun 1966 ini menunggangi mesin V8 yang bertenaga.

mobil balap klasik Chevrolet Camaro Mk1
Model maskulin Chevrolet Camaro yang sering ditemui di video game

Mobil ini dikembangkan untuk mengalahkan muscle car legendaris lainnya, Ford Mustang, yang mendominasi industri otomotif Amerika pada pertengahan 1960-an. Ledakan tenaga yang menggelegar tercipta dari penggunaan mesin V8 7.0L dengan berbagai opsi transmisi.

3. Enzo Ferrari

Bukan Ferrari namanya jika tak muncul dalam kategori mobil balap terbaik, termasuk dalam dunia video game. Dan salah satu yang paling populer adalah Enzo Ferrari. Sesuai dengan namanya, mobil yang diproduksi memanfaatkan teknologi Formula 1 ini dikembangkan sebagai penghormatan terhadap sang pencipta, Enzo Ferrari.

Bukan hanya model yang langka dan dibanderol dengan harga selangit, Ferrari Enzo sering disebut sebagai salah satu mobil balap terpopuler yang ada di dalam video game. Dikenal juga dengan nama Type F140, mobil bermesin V12 ini bisa dikendarai di berbagai game balap, semisal Forza Horizon, Need for Speed, Asphalt, hingga Grand Theft Auto.

>>> Game Smartphone Bertemakan Otomotif untuk Mengisi Waktu Luang

4. Ocelot Pariah

mobil balap Ocelot Paraiah di GTA V
Sayang Ocelot Pariah tak bisa dikendarai di dunia nyata

Ocelot Pariah merupakan salah satu mobil balap yang bisa Anda mainkan pada game Grand Theft Auto 5. Mobil ini mengambil inspirasi dari Aston Martin Vanquish Zagato dengan lampu belakang mirip dengan Dodge Viper SRT 2014. Pariah merupakan mobil tercepat yang bisa dimainkan pada game GTA 5 dengan kecepatan tertinggi 218 km/jam.

5. Koenigsegg Regera

Koenigsegg Regera merupakan mobil balap bertenaga hybrid yang diproduksi terbatas oleh pabrikan asal Swedia Koenigsegg. Diperkenalkan pertama kali pada bulan Maret 2015 pada ajang Geneva Motor Show, nama Regera sendiri diambil dari bahasa Swedia yang berarti “untuk memerintah” atau “untuk menguasai”.

Hypercar ini menjadi salah satu mobil tercepat dan paling kuat yang ditemukan pada video game. Bahkan dalam game The Crew 2 yang dirilis 2018 lalu, Regera dinobatkan sebagai mobil terkencang dan termahal. Dalam game ini, Regera bisa dipacu hingga mencapai 505 km/jam.

>>> Koenigsegg Regera, Melaju Hingga 300 km/jam Hanya dengan Gigi Satu

6. Pagani Huayra Roadster BC

Pabrikan pembuat hypercar Pagani Automobili menjadi pabrikan pertama yang mengungkapkan desain mobil asli merek dalam video game CSR 2. Huayra Roadster BC merupakan varian roadster dari versi sports car yang sudah lebih dulu diperkenalkan pada tahun 2017 di Geneva Motor Show.

mobil balap Huayra Roadster BC berwarna perak
Huayra Roadster BC pertama kali diperkenalkan pada game CSR 2

Huayra dibuat sangat aerodinamis dengan bermodalkan mesin V8 6.0L twin-turbo yang bertenaga 800 PS dan torsi maksimal 1.001 Nm. Dipadukan dengan girboks sekuensial Xtrac 7-percepatan kopling tunggal ini ini terbuat dari bahan karbon-titanium. Untuk menjaga eksklusivitasnya, hanya ada 40 unit roadster monokok ini diproduksi di seluruh dunia.

>>> Review Toyota Supra 2019: Legenda Toyota Tiba ke Indonesia

7. Toyota Supra

Supra merupakan mobil performa favorit yang menjadi favorit pada era 1990-an. Kemunculannya pada film The Fast and The Furious menjadikan popularitasnya semakin mentereng di dunia populer. Apalagi ketika dibawa ke dunia game, kinerja Supra yang membuatnya “direkrut” oleh berbagai judul game berbasis kecepatan.

Toyota Supra GT pada game Gran Turismo 2
Toyota Supra GT bisa Anda mainkan pada Gran Turismo 2

Dari sekian banyak game yang menggunakan mobil ini, bahkan tak jarang Toyota Supra disebut sebagai salah satu mobil balap terbaik yang digunakan pada video game. Contoh model yang paling ikonik misalnya Toyota Supra GT yang bisa dimainkan pada Gran Turismo 2.

8. Jaguar Vision GT SV

Mobil balap satu ini sayangnya tak bisa dikendarai di dunia nyata. Jaguar Vision GT SV hanya bisa dikendarai di game balap mobil Gran Turismo 7. Tampilannya yang sangar mampu melaju dengan kecepatan tertinggi 410 km/jam. Desain Jaguar Vision Gran Turismo terinspirasi dari mobil GT lain yang dikembangkan Jaguar sebelumnya, yaitu Vision Gran Turismo Coupe.

Mobil balapan ketahanan serba listrik yang dirancang Jaguar ini dibuat oleh Jaguar Design untuk menampilkan interpretasi radikal dari mobil performa Jaguar. Pengembangannya sepenuhnya direkayasa di dunia maya dengan mengoptimasi aerodinamika dan diuji secara virtual.

>>> Berita terbaru seputar otomotif bisa Anda dapatkan di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top