Mobil Arcimoto, “Fun Ultility Vehicle”, Memulai Babak Baru untuk Produksi Masal

08/01/2018

Pasar mobil
Share this post:
Mobil Arcimoto, “Fun Ultility Vehicle”, Memulai Babak Baru untuk Produksi Masal
Industri otomotif kedatangan nama baru untuk kendaraan bertenaga baterai berjenis ‘Fun Ultility Vehicle” yang dibuat oleh Arcimoto Inc. Perusahaan ini merencanakan pembuatan kendaraan beroda tiga ini, namun tampaknya rencana ini masih menghadapai jalan yang panjang.

Mark Frohnmayer, Presiden Arcimoto, secara resmi membuka pabrik masa depan perusahaan di Eugene, Oregon, bulan lalu. Ada pembukaan tersebut, Arcimoto mendapatkan mesin pemotong bertenaga laser raksasa untuk memotong bagian baja untuk produksi kendaraannya. Lalu, perusahan tersebut  dilaporkan akan mengembangkan kendaraan yang dibuat manual untuk sebagian pegawai.

Mobil Fun Ultility Vehicle buatan Archimoto yang berwarna biru dan beroda tiga

Mobil Fun Ultility Vehicle Arcimoto siap diproduksi masal

Pada bulan September tahun lalu, perusahaan tersebut mendapatkan hasil bersih sekitar $18 Juta dalam penawaran saham NASDAQ. Arcimoto telah mempunyai 2.000 deposit pelanggan, masing-masing sekitar $ 100 untuk produksi kendaraan. Angka ini merupakan sebuah awal yang cukup baik bagi perusahaan yang dimulai pada 2007 ini.

>>> Baca juga, Perkembangan stasiun pengisian daya listrik tahun depan

Untuk kedepannya, Arcimoto dikabarkan akan mengembangkan jalur perakitan untuk memproduksi kendaraan yang ‘dapat ditiru” dan meningkatkan produksi tahun ini. Targetnya pun tak tanggung-tanggung, meraih produksi 10.000 unit dalam 2019 nanti.

Menjadi perusahaan yang mempunyai rencana besar, Arcimoto sudah mengembangkan tujuh prototype selama satu dekade terakhir. Kendaraan ‘Fun Ultility Vehicle’ ini merupakan generasi kedelapan yang akhirnya menjadi kendaraan produksi pertama.

Mobil roda tiga Archimoto berwarna merah yang dipamerkan dalam LA Auto Moto Show 2017

Mobil produksi Arcimoto ini telah dipamerkan dalam LA Auto Show 2017

“Setiap kali kami mendapatkan sejarah baru dan kami akan memperkenalkan prototype baru ke masyarakat, kami selalu mengatakan, ‘belum saatnya’. Akhirnya kami melihat kembali dan berkata, “Sudah adakah orang lain yang memecahkan masalah ini? Saya rasa tidak.” Akhirnya kami hanya harus melangkah untuk pijakan selanjutnya.” Kata CEO Arcimoto, Frohnmeyer.

Konsep dasar kendaraan yang akan diproduksi masal ini adalah memiliki tenaga baterai, ramah lingkungan, mempunyai desain yang minimalis serta merupakan transportasi yang fungsional tapi mendasar. Mengambil langkah yang berbeda dengan mobil SUV tujuh penumpang, mobil ini hanya menawarkan temoat unuk satu orang saja.

>>> Baca juga berita terkait industri otomotif lainnya disini

Kendaraan FUV jelas bukan jenis kendaraan yang sering kita temui di jalanan. Meskipun banyak yang meragukan kendaraan ini, mobil ini merupakan salah satu kendaraan sporty yang mampu mengantarkan penumpangnya untuk berkeliling dan melakukan perjalanan di dalam kota.

Mobil Arcimoto yang mempunyai setang berwarna hitam dengan smartphone tertancap

Mobil unik ini mempunyai setang sebagai pembantu kemudi

Perubahan juga banyak dialami mobil ini. Salah satunya perubahan untuk penggunaan setang, yang dulunya menggunakan setir. Perubahan ini dilakukan semata-mata untuk mendapatkan bobot yang lebih ringan. Bahkan, menurut Forhnmeye, menggunakan setang bisa memangkas sekitar 272 kg dari berat awal mobil ini, atau 40% dari total berat awalnya.

Lebih cepat, lebih ringan, dan lebih murah menjadi daya tarik Arcimoto 8 ini

Mempunyai desain seperti robot pada film-film tokusatsu, mobil ini mendapatkan respon yang cukup positif, khususnya dari anak-anak. Dalam uji coba memutari kota Eugene, model telanjang dari mobil ini menerima beragam pujian. Sebuah awal yang meyakinkan untuk memperkenalkan mobil ini menjadi kendaraan yang akan dipasarkan secara masal.

>>> Baca juga berita perkembangan mobil lainnya disini

Share this post: