Mobil Anda Kurang Kencang? Pasang Saja Mesin Alfa Romeo Ini

01/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Seseorang di Inggris menjual mesin 3,5 liter V10 yang dibuat Alfa Romeo untuk mobil balap Ligier JS33. Mobil tersebut direncanakan ikut musim balap F1 1990.

Merasa tunggangan Anda kurang kencang? Mungkin opsi engine swap bisa menjadi solusi. Apalagi jika yang digunakan adalah mesin yang dibuat untuk mengikuti balap jet darat Formula 1.

Memasukkan dapur pacu mobil F1 ke mobil jalanan memang bukan perkara yang mudah, namun bukan sesuatu yang mustahil. Mercedes-AMG sendiri tengah mencoba memasukkan mesin dari mobil F1 Lewis Hamilton ke hypercar mereka, Mercedes-AMG One.

Gambar Mercedes-AMG One

Mercedes-AMG One, proyek ambisius untuk membuat mobil F1 legal di jalan raya

Asal-usul Mesin Ini

Mesin 3,5 liter V10 Alfa Romeo V1035 ini sedang dilelang pada situs Collecting Cars. Menghasilkan tenaga 620 HP, ini adalah 1 dari 15 mesin yang dibuat oleh Alfa Romeo untuk F1 1990.

Saat itu, Ligier berencana untuk menggunakan mesin ini namun adanya perselisihan antara Ligier dan Alfa Romeo membuat tim memutuskan untuk menggunakan unit dari Cosworth.

>>> Alfa Romeo Luncurkan Mobil F1 2021, Pertahankan Duet Raikkonen-Giovinazzi

Gambar Ligier JS33

Mesin tersebut seharusnya dimasukkan ke mobil ini

Karenanya, Alfa memutuskan untuk menggunakan mesin ini untuk mobil 164 Pro-Car mereka dengan harapan untuk mengulang kesuksesan BMW dengan M1 yang juga menggunakan mesin F1 dari pabrikan asal Jerman tersebut. Sayang tidak ada pabrikan yang mau mengikuti seri Procar dan akhirnya usaha Alfa pun sia-sia.

Mesin V10 F1 Modern Pertama

Alfa membuat mesin ini lebih dahulu dari Honda dan Renault, dan ini merupakan mesin V10 F1 modern pertama. Sayangnya, mesin berkode V1035 ini tidak bisa menunjukkan performanya di panggung utama.

Setelah tak terpakai, mesin ini pun hanya terdiam di gudang Alfa hingga dibeli oleh orang yang saat ini melelangnya.

>>> Porsche Cayenne Turbo GT, SUV Pemegang Rekor Lap Nurburgring

Gambar mesin Alfa Romeo

Meski tidak dipakai, mesin ini juga bisa jadi pajangan menarik di rumah Anda

Meski punya nilai sejarah yang tinggi, mesin ini masih terbilang cukup terjangkau. Saat artikel ini ditulis saja, tawaran terakhir masih berada di angka £5.250 atau sekitar Rp 105 juta.

Penjual mengklaim bahwa inspeksi yang baru-baru ini dilakukan bahwa mesin ini belum banyak digunakan. Jadi secara teori, jika Anda berani dan sedikit gila, Anda dapat menggunakannya sebagai dasar untuk proyek engine swap yang luar biasa atau membuat ulang 164 Pro-Car yang legendaris itu.

Rp 100 juta untuk mesin Formula 1 dengan nilai sejarah yang tinggi? Kenapa tidak dicoba.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.
 
back to top