Mobil 7 Penumpang Bakal Tetap Jadi Incaran Orang Indonesia

18/05/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Mobil 7 Penumpang Bakal Tetap Jadi Incaran Orang Indonesia
Mobil 7 penumpang sudah melekat dalam benak sebagian besar masyarakat Indonesia. Diprediksi mobil berkapasitas 7 orang ini pun masih akan laris di masa depan.

Pasar otomotif Indonesia sudah akrab dengan mobil berkapasitas 7 penumpang atau 7-seater. Dapat dilihat, mobil 7-seater ini menghiasi jalanan-jalanan di Indonesia. 

Penjualan mobil 7 penumpang pun cukup laris. Di Indonesia ada beberapa jenis mobil 7 penumpang mengisi segmen Low Cost Green Car (LCGC), Low MPV, hingga SUV yang mendominasi penjualan di Tanah Air. 

Masih Jadi Incaran Orang Indonesia

Mobil 7 seater ini dipercaya masih akan terus menemani banyak keluarga Indonesia di masa mendatang. 

>>> Mobil Baru Toyota Paling Ditunggu di 2020: Dari GR Yaris Sampai Raize

"Memang mobil-mobil seperti ini kan serba bisa ya, bisa angkut orang dan serbaguna bisa dibawa ke luar kota dan lain-lain," ungkap Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy dalam Ngovid bareng Forwot, Jumat sore (17/5/2020). 

Toyota Avanza

Toyota Avanza Si Mobil Sejuta Umat

Toyota sendiri memiliki sederet model yang mampu menampung tujuh orang di dalam mobil yakni Calya, Avanza, Rush, dan juga Fortuner. Tak bisa dipungkiri, pabrikan lain pun berlomba-lomba untuk menghadirkan mobil berkapasitas tujuh penumpang. 

Dijelaskan Anton, mobil 7-seater memang sudah melekat di benak masyarakat Indonesia.

>>> Mencoba Damai dengan Corona, Strategi Ini yang Bakal Ditempuh Honda

Oleh karena itu, model apapun yang dilahirkan asalkan bisa menampung tujuh orang bisa mengambil celah untuk merebut hati masyarakat Tanah Air. Karena pada dasarnya, pasar otomotif di Indonesia sangat berbeda dengan beberapa negara dimana mobil 7 baris kurang diminati. 

"Kalau saya tanya ke konsumen pembeli Rush sebenarnya mereka tidak melihat Rush itu sebagai SUV atau MPV, mereka melihat sebagai mobil 7 penumpang harga dan modelnya bagus saya mau beli," ungkap Anton. 

Di samping kapasitas angkut, desain juga turut dipertimbangkan sebelum seseorang membeli mobil. Tak cuma itu, perlu diingat biaya perawatan dan juga harga jual ikut menjadi bahan pertimbangan. 

"Tapi di satu sisi segmen yang tidak mementingkan styling atau model sebenarnya mereka hanya membutuhkan lebih ke fungsi atau value for money, nah bagi mereka adalah mana mobil yang bisa durability, kualitasnya, harganya dan juga perawatannya yang baik," tutur Anton. 

Toyota Rush

Wajah baru Rush yang kini berkapasitas 7 penumpang

>>> Cek harga mobil baru berikut promo dan diskon menariknya disini

Toyota Masih Serius Garap Mobil 7 Penumpang

Kesempatan tersebutlah yang tak disia-siakan oleh pabrikan Jepang itu. Toyota pun menghadirkan mobil yang sesuai dengan kriteria tersebut. Itulah yang disebut Anton sebagai kunci sukses Toyota sehingga bisa meraih pangsa pasar di beberapa segmen. 

Sekadar informasi, beberapa model Toyota memang menjadi 'penguasa' di segmennya. Sebut saja Avanza. Mobil dengan julukan sejuta umat ini hampir tak pernah absen menjadi mobil terlaris se-Indonesia bila merunut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) selama 15 tahun terakhir. 

Tak mau hanya jadi jawara di segmen Low MPV, Low SUV pun digarap Toyota dengan menghadirkan Rush berkapasitas 7 penumpang yang meluncur pada November 2018. 

"SUV pun rasanya demandnnya meningkat jadi kalau kita lihat juga seperti Rush penjualanya juga sangat meningkat di dua tahun belakangan ini. Itu salah satunya karena memang demand dari 7 seater SUV itu tinggi," pungkas Anton. 

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas paling lengkap ada disini

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Intip Bocoran Mobil Baru Toyota yang Akan Meluncur di Indonesia

13/05/2020

Mobil baru

4 menit

PT Toyota Astra Motor tengah menyiapkan mobil baru yang akan diluncurkan di Indonesia. Pihak TAM pun memberikan sedikit bocoran soal mobil barunya itu.

Lihat juga

SUV Lagi Ngetren, Toyota Belum Tentu Bawa Yaris Cross ke Indonesia

13/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Mobil-mobil SUV memang tengah ngetren di dunia, tak terkecuali di Tanah Air. Namun Toyota menyebut SUV barunya Yaris Cross belum tentu dibawa ke Indonesia.

Lihat juga

Review Toyota Rush TRD Sportivo 2018

14/03/2018

Editor rate:

Setelah melanglang buana dari tahun 2006, Toyota Rush tampil menggebrak pasar otomotif Indonesia dan memperkenalkan generasi keduanya pada November 2017. Mengusung konsep Tough and Dynamic, All New Toyota Rush 2018 ini melepas kondenya alias ban cadangan di bagian belakangnya. Berdimensi lebih panjang, ruang kabin yang lapang dan tentunya dikemas dengan mesin bertenaga di kelasnya. Apakah konsep ini masih relevan dengan tren abad ke-21? Berikut review Toyota Rush TRD Sportivo 2018.

Lihat juga

Spesifikasi Toyota Rush 2009

31/03/2018

Editor rate:

Toyota Rush merupakan mobil SUV besutan Toyota yang mengusung tema adventure dan berkapasitas lima penumpang dewasa. Karena produksi Toyota Rush dilakukan bersama Daihatsu, maka Daihatsu juga punya mobil dengan desain yang sama, yaitu Daihatsu Terios. Kedua mobil ini menggunakan basis dari Toyota RAV4 walaupun kedua mobil ini tidak serta merta menggunakan semua spesifikasi Toyota RAV4 dikarenakan harganya yang lebih mahal. Spesifikasi Toyota Rush 2009 bisa dibaca di bawah ini.

Lihat juga
 
back to top