Mitsubishi Xpander Cross Siap Kuasai Pasar ASEAN

17/03/2020

Pasar mobil

2 menit

Mitsubishi Xpander Cross Siap Kuasai Pasar ASEAN
Tanpa terganggu semakin menyebarnya wabah virus corona, Mitsubishi justru terus menyebarkan salah satu model terlaris mereka Mitsubishi Xpander Cross di wilayah ASEAN

Melanjutkan perkenalan model terakhir dari keluarga Mitsubishi Xpander di Indonesia pada November 2019 lalu, Mitsubishi Motors Corporation (MMC) kemarin (16/3) mengumumkan bahwa model crossover Mitsubishi Xpander Cross telah diperkenalkan di pasar Filipina pada 13 Maret dan pasar Thailand pada 16 Maret 2020. Selanjutnya MMC secara bertahap akan meluncurkan model tersebut di negara-negara lain dengan fokus utama pada negara-negara di wilayah ASEAN.\

Mitsubishi Xpander Cross berwarna hitam

Xpander Cross kini dapat ditemui di Filipina dan Thailand

>>> Review Mitsubishi Xpander 2020: Ubahan Minimalis Demi Tambah Daya Saing

Warisan DNA SUV Mitsubishi

Mewarisi DNA SUV Mitsubishi Motors yang tangguh, serta pondasi kuat model Xpander yang telah menerima sejumlah penghargaan sebagai salah satu mobil terbaik di Indonesia, Xpander Cross mengusung berbagai keunggulan tambahan seperti desain eksterior SUV yang kokoh yang berpadu dengan kepraktisan sebuah MPV. Mitsubishi mengklaim bahwa Cpander Cross merupakan crossover keluarga yang dirancang dengan desain SUV solid, kenyamanan berkendara dan interior yang dilengkapi bermacam fungsi praktis. 

Mitsubishi Xpander Cross merupakan varian tertinggi dari model Xpander yang menawarkan bagi konsumennya untuk dapat berkendara melalui lebih banyak medan menantang namun tanpa mengorbankan kenyamanan dan keleluasan layaknya sebuah MPV. Di balik kap mesinnya, Xpander Cross yang dikirim ke negara-negara tersebut juga mengusung mesin 4A91 4-silinder segaris 1,5 liter, berteknologi MIVEC. Transmisinya mendapatkan pilihan manual 5-speed atau otomatis 4-speed. 

Tampilan belakang Xpander Cross

MMKI telah mengekspor 100.000 unit Xpander Cross ke wilayah ASEAN

>>> Mitsubishi Xpander AP4 Siap Turun di Medan Rally, Klik Untuk Lihat Tampilannya

Produksi dan Ekspor Mitsubishi Xpander

Saat ini, total volume penjualan model Xpander secara keseluruhan berada pada kisaran 250.000 unit yang tercatat pada akhir Februari 2020. Kehadiran Xpander Cross diharapkan dapat memberikan nilai baru bagi konsumen global terutama di Kawasan ASEAN, di mana model dengan desain yang tangguh ditambah kepraktisan tinggi memiliki permintaan yang relatif tinggi.

Seluruh model Xpander saat ini diproduksi oleh Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di pabriknya di Bekasi, Indonesia, yang saat ini telah menaikan kapasitas produksi menjadi 220.000 unit pada tahun 2019, untuk memproduksi Xpander Cross. Dari total produksi pabrik MMKI tersebut, sebagian besar didedikasikan untuk merespon permintaan tinggi model Xpander di Indonesia dan pasar ekspor. Hingga akhir Februari 2020, MMKI telah mengekspor lebih dari 100.000 unit Xpander yang tentunya memberikan kontribusi pada peningkatan perekonomi, lapangan kerja dan keseimbangan impor dan ekspor Tanah Air.

>>> Berita otomotif menarik lainnya dari seluruh dunia ada di sini

Penulis
Sarjana Teknik Sipil ini menjadi jurnalis otomotif sejak 2003. Ia sudah pernah melesat di atas single seater di sirkuit hingga off-road di padang salju bersuhu -15 derajat. Saat ini Ia bertugas sebagai Managing Editor Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top