Mitsubishi Perkenalkan SUV Listrik Baru, Xpander Hybrid Kapan?

07/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Mitsubishi memperkenalkan SUV listrik terbaru mereka yang bernama Airtrek di China. Kapan giliran Mitsubishi Xpander Hybrid diperkenalkan di Indonesia?

Pabrikan berlambang tiga berlian ini memperkenalkan mobil terbaru mereka, Mitsubishi Airtrek pada Chongqing International Auto Industry Fair (Auto Chongqing) di China. Mobil ini adalah SUV yang bertenaga listrik murni.

Mitsubishi Airtrek akan dibangun GAC Mitsubishi Motors (GMMC), sebuah perusahaan gabungan dari Mitsubishi dan Guangzhou Automobile Group (GAC). Mobil listrik ini nantinya akan menggunakan basis yang sama dengan Aion V GAC. Namun secara tampilan, akan menggunakan desain yang berbeda.

Apa Yang Kita Tahu Dari Mobil Ini?

Gambar Mitsubishi Airtrek

Tampilan Mitsubishi Airtrek Electric

Fascia Airtrek masih menggunakan bahasa desain Dynamic Shield yang selama ini menjadi ciri khas dari Mitsubishi. Bagian lampu utama, dibuat bertumpuk senada konsep Mi-Tech. Selain itu, terlihat lampu daytime running light yang terletak di atas lampu utama yang menyerupai huruf L.

>>> Mobil Listrik Anak Bangsa Ini Lebih Keren Dari Esemka

Sebagai mobil listrik, bagian grill dan bumper Airtrek terlihat tertutup dengan sedikit saluran udara yang terletak di apron bawah. Beralih ke samping, Airtrek memiliki pegangan pintu yang rata seperti Aion V. Desain atap mobil ini terlihat mengambang dalam paduan warna hitam.

Sedangkan di bagian belakang, lampu belakang di desain berbentuk T memanjang ke arah fender belakang. Berbeda dengan Aion V, bumper belakang memiliki tampilan yang lebih simpel tanpa penggunaan reflektor di bagian sudut bumper.

Gambar GAC Aion V

GAC Aion V yang jadi platform Airtrek

Sejauh ini, mereka belum mengungkap mengenai motor elektirs yang akan digunakan Mitsubishi Airtrek. Namun, kemungkinan besar mobil ini akan menggunakan GAC Electric Platform 2.0.

Bagaimana Dengan Xpander Hybrid?

Peluncuran mobil listrik terbaru Mitsubishi mengundang tanda tanya mengenai kelanjutan Xpander Hybrid di Indonesia. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang menyatakan Mitsubishi akan melakukan investasi senilai Rp11,2 triliun pada akhir 2025.

>>> Pasang Air Purifier di Mobil, Apakah Efektif Menangkal COVID-19?

Investasi itu akan digunakan untuk menambah kapasitas pabrik dan mengembangkan dua mobil hybrid, salah satunya Xpander. Xpander Hybrid akan menjadi produk mobil listrik volume tinggi bagi Mitsubishi di Indonesia mengingat popularitas versi mesin bensinnya.

Foto Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander akan diproduksi dalam versi Hybrid

Rencana Mitsubishi mengembangkan Xpander Hybrid sebenarnya sudah terdengar dari November 2020 saat mereka mengumumkan target baru bisnis global yang fokus pada daerah Asia Tenggara.

Saat itu, Mitsubishi mengatakan ada tiga mobil elektrifikasi yang sedang dikembangkan, yaitu Eclipse Cross PHEV untuk 2020, Outlander PHEV generasi terbaru untuk 2022, dan Xpander Hybrid untuk 2023.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

 
back to top