Mitsubishi Mau Ajak Kerjasama Pengusaha Pakai Minicab MiEV, Siapa Mau?

26/11/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Semakin agresif dengan mobil listrik, Mitsubishi Indonesia berencana untuk mengajak kerjasama pengusaha pakai Minicab MiEV, siapa nih yang tertarik hayo?

Kendaraan listrik tak hanya didominasi oleh kendaraan penumpang saja tapi juga mobil niaga, salah satunya adalah Mitsubishi Minicab MiEV. Tapi tahukah Anda bila ternyata salah satu alasan ia dipajang di ajang Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 adalah untuk menarik minat pengusaha maupun pemerintah.

Mitsubishi Minicab MiEV 2011

Mitsubishi bakal ajak kerjasama pengusaha pakai Minicab MiEV?

Seakan semakin agresif dengan era mobil listrik, Mitsubishi Indonesia berencana untuk mengajak kerjasama pengusaha pakai Minicab MiEV. Hal itu diutarakan pihak Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) saat sesi product presentation acara IEMS 2021 di Gedung Pusat Inovasi dan Bisnis Teknologi - BRIN. 

Sarana Transisi Sekaligus Gali Potensi

"Seperti yang kita paham, bahwa pemerintah mentargetkan 20% EV (Electric Vehicle) di tahun 2025 nanti, nah ini sebenarnya juga sejalan dengan visi dari Mitsubishi Motors yang juga mentargetkan untuk mencapai 50% EV di tahun 2030 secara global. Dan khususnya Indonesia, Mitsubishi Motors akan menerapkan strategi bertahap untuk transisi EV di Indonesia," ujar Irwan Kuncoro Director of Sales & Marketing PT. MMKSI.

Mitsubishi Minicab MiEV 2021

Mobil ini bisa jadi sarana transisi sekaligus gali potensi

Pria yang berkantor di kawasan Pulomas, Jakarta Timur ini juga menambahkan hal ini juga dilakukan sekaligus untuk melirik potensi kendaraan komersial berbasis baterai. "Kami akan melakukan market study dengan perusahaan-perusahaan, juga dengan pemerintah untuk melihat potensi di Indonesia. Dan kendaraan niaga EV (yang dipajang di luar) itu, nanti bisa dilihat di luar (area pameran) adalah Mitsubishi MINICAB MiEV," jelas Irwan sapaan akrab Irwan Kuncoro.

Tentang Mitsubishi MINICAB MiEV

Minicab MiEV, merupakan kendaraan niaga yang sepenuhnya menggunakan tenaga Listrik. Model ini telah membuktikan ketangguhannya dan keandalannya di Jepang sebagai kendaraan operasional perusahaan logistik.

>>> First Drive Mitsubishi Xpander Ultimate 2022: Semakin Nyaman dan Berkelas

"Sebagai refrensi, Mitsubishi MINICAB MiEV di Jepang digunakan sebagai mobil kantor pos, distribusi barang, dan juga airport service. Kami juga akan melakukan market study untuk melihat potensi dari kendaraan ringan EV ini nanti (akan) bekerja sama dengan beberapa perusahaan power company, airport company, dan juga perusahaan logistik," ujar Irwan yang pakai kacamata ini.

Jokowi coba mobil Mitsubishi Minicab MiEV

Presiden Joko Widodo pun mencoba Mitsubishi Minicab MiEV di ajang GIIAS 2021

Tak main-main, Minicab MiEV telah mencuri perhatian Presiden Jokowi dan Meteri Perindustrian Agus Gumiwang, dibuktikan dengan menjajal mengendarai Minicab MiEV dalam kunjungannya ke Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

>>> Intip Spesifikasi Mobil Listrik Mungil yang Dijajal Jokowi di GIIAS 2021

"Ini memang kategorinya van (minivan) dengan 4-seaters yang (kursinya) bisa diatur full flat sehingga bisa mengangkut barang yang cukup banyak, dengan ruang kargo yang cukup luas, (mobil) ini menggunakan baterai 16kWh dan jarak tempuh yang bisa dicapai itu sampai dengan 150 kilometer," tambah Irwan dikutip Cintamobil.com.

Keunggulan Mitsubishi Minicab MiEV

Tampilan buritan Mitsubishi Minicab MiEV 2011

Minicab MiEV diklaim punya beragam keunggulan

Mobil, "ini akan memberikan keuntungan ekonomis, di mana running cost lebih efisien, tentunya tidak menghasilkan gas buang sama sekali. Dan keuntungan lainnya dari MINICAB MiEV ini adalah desain yang compact, sehingga memiliki turning radius-nya kecil, jadi bisa bermanuver di jalan yang sempit. Juga karakter motor listriknya ini memberikan karakter torsi yang besar dan instan sehingga dapat diandalkan ketika melewati tanjakan yang curam sekalipun," tutup Irwan.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top