Mitsubishi Kembali Hidupkan Divisi Motorsport Ralliart

12/05/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Setelah 11 tahun menghilang, laporan terbaru dari Jepang menyebutkan bahwa Mitsubishi sedang mempersiapkan kembalinya divisi motorsport Ralliart yang melegenda.

Laporan terbaru dari Mitsubishi Jepang mengumumkan kembalinya merek Ralliart yang terkenal. Divisi merek berkinerja tinggi dan langganan motorsport Mitsubishi yang terhenti pada 2010 lalu kembali dihidupkan. Dengan kemunculannya dilakukan untuk mendukung ‘rasa mobil yang lebih Mitsubishi’ nantinya.

Suku cadang dan aksesori Ralliart

Kabar tersebut dikonfirmasi melalui laporan keuangan Mitsubishi FY2020 yang dirilis pada 11 Mei 2021. Detail lainnya dari laporan keuangan tersebut menunjukkan rencana pabrikan Tiga Berlian ini di pasar ASEAN. Namun yang paling menarik perhatian penggemar motorsport tentu saja tentang kembalinya Ralliart.

kembalinya Ralliart yang diumumkan oleh Mitsubishi
Mitsubishi siapkan kembalinya divisi motorsport Ralliart

>>> Mitsubishi Fuso Tawarkan Beragam Promo, Ganti Oli Bisa Dapat Diskon!

"Untuk pelanggan yang ingin merasakan pengalaman Mitsubishi kami, kami akan meluncurkan aksesori yang dibuat khusus untuk jajaran model kami serta mengikuti kembali acara motorsport di seluruh dunia," kata CEO Mitsubishi Takao Kato dalam pernyataan resminya.

Detail dari kemunculan kembali Ralliart masih belum jelas. Tapi laporan dari Jepang menyebutkan kemunculannya kembali terlihat dari suku cadang dan aksesori Ralliart, serta mencanangkan keterlibatan dalam motorsport.

>>> Bukti Keseriusan Mitsubishi Kembangkan Kendaraan Elektrifikasi di Tanah Air

Kembali ke motorsport

Populer di era 80-an, Ralliart menjadi penanda bagi Mitsubishi untuk masuk ke balapan reli, termasuk Kejuaraan Reli Dunia (WRC) yang melambungkan nama pabrikan Tiga Berlian ini. Didirikan pertama kali pada 1984 oleh Andrew Cowan, mobil sekelas Galant VR4, Lancer Evolution II hingga X menjadi langganan modifikasi Ralliart.

Mitsubishi Lancer motorsport keluaran tahun 1980-an
Mitsubishi dikenal dengan performanya di ajang reli di era 80-an

SUV Pajero dan model Lancer Evolution yang identik dengan kemenangan Mitsubishi di ajang reli pada era 1980-an, turut membantu popularitas mereka di ranah 4WD. Tapi mereka menarik diri dari WRC dan Reli Dakar pada 2005 setelah serangkaian kesalahan manajemen dan penurunan penjualan. Dan pada 2010, Ralliart menarik diri dari motorsport dengan alasan anjloknya permintaan suku cadang performa di aftermarket.

Truk pikap menengah Mitsubishi Triton akan menjadi yang pertama mengadopsi aksesoris Ralliart. Presentasi tersebut juga menunjukkan kemunculan generasi terbaru dan versi hybrid dari Mitsubishi Xpander. Kemunculannya sebagian besar akan terjadi pada 2023 mendatang.

>>> Dapatkan pilihan mobil baru dan bekas Mitsubishi terbaik hanya di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top