250 Unit Mitsubishi Fuso eCanter Berdinas ke Penjuru Dunia

29/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Mitsubishi Fuso eCanter menjadi truk listrik ringan kelas 7,5 ton untuk angkutan logistik tanpa polusi dalam kota yang sudah berdinas di berbagai penjuru dunia

Jika Mercedes-Benz memfokuskan eActros untuk mengisi segmen pasar truk listrik kelas berat di benua Eropa, maka sang saudara kecil Mitsubishi Fuso eCanter kebagian jatah segmen pasar truk listrik kelas ringan (light duty). Nyatanya, permintaan truk listrik kelas ringan terus berkembang pesat terutama di wilayah pasar Amerika Serikat, Eropa, Jepang dan Selandia Baru.

>>> Pengusaha Wajib Catat! Truk Listrik Lebih Efisien Dari Truk Diesel

Truk Kelas Ringan

gambar mitsubishi fuso ecanter

Truk listrik kelas ringan (7,5 ton) untuk angkutan logistik yang bebas polusi  

Menjawab kebutuhan truk listrik kelas ringan untuk angkutan distribusi logistik dalam kota, Mitsubishi Fuso selaku anak perusahaan Daimler Truck telah mendistribusikan lebih dari 250 unit Mitsubishi Fuso eCanter. Pengiriman unit truk listrik kelas 7,5 ton tersebut sudah mencakup generasi awal yang diproduksi pada tahun 2017. 

gambar mitsubishi fuso ecanter

Jarak tempuh 100 km dan top speed 80 km/jam disesuaikan dengan kebutuhan angkutan dalam kota

Secara teknis, truk listrik ini memiliki kelas bobot 7,49 ton (7,5 ton) dengan jarak tempuh 100 km, top speed 80 km/jam dan didukung baterai berkapasitas 129 kWh. Alhasil, Fuso eCanter menjadi truk listrik kelas light-duty truck (LDT) yang cocok untuk kebutuhan angkutan barang dalam kota dengan  jarak tempuh relatif dekat.  

gambar mitsubishi fuso ecanter

Truk listrik ini siap berdinas di salah satu pembangkit listrik di Auckland, Selandia Baru  

Awalnya, Mitsubishi Fuso eCanter digunakan oleh konsumen di Amerika Serikat, Eropa, Jepang dan Selandia Baru. Kini menyusul konsumen di pasar Eropa seperti Belanda, Inggris, Italia dan Swiss. Secara keseluruhan, truk listrik Fuso eCanter sudah beroperasi di Jerman, Prancis, Belanda, Inggris,  Portugal, Denmark, Irlandia, Norwegia,  Finlandia, Spanyol,  Italia, Austria, Swiss,  Amerika Serikat, Jepang dan Selandia Baru.          

Pemakaian di Dunia

gambar mitsubishi fuso ecanter

 Menjadi truk pengantar bir ke pub di kota Amsterdam 

Sebagai truk listrik kelas ringan, Fuso eCanter digunakan dalam berbagai konfigurasi. Di Swiss, truk listrik ini dipakai sebagai pengantar logistik jarak dekat dalam kota. Sedangkan di Inggris, truk listrik tiga berlian ini bertugas mengantarkan roti dari pabrik di Bolton menuju 25 toko roti di  kota Manchester. Di negeri kincir angin, Fuso  eCanter menjadi  truk angkut dengan tangki 3.000 liter untuk mendistribusikan bir ke bar lokal di kota Amsterdam.

gambar mitsubishi fuso ecanter

Mengantarkan roti dari pabrik di Bolton ke toko di Manchester 

Pindah ke  negeri kiwi, lima unit truk listrik Fuso eCanter berdinas di  Genesis Energy Limited, pemasok energi terbesar di Auckland. Bagaimana dengan Jepang? Tercatat dua unit truk listrik Fuso eCanter dikaryakan oleh Shikoku Meitetsu Transportation untuk pengantaran barang di  kota Matsuyama.  

>>> Hyundai Xcient 2021, Raih 1 Juta km di Swiss

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top