Mewah! Toyota Alphard dan Vellfire Jadi Armada Taksi Online AirAsia

05/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Menghadapi pandemi COVID-19 yang berkepanjangan, maskapai penerbangan AirAsia mengembangkan bisnis taksi online mengandalkan Toyota Alphard dan Vellfire.

Taksi online (taksol) merupakan salah satu inovasi yang sangat membantu masyarakat dalam hal transportasi dan mobilitas di era digital. Tak hanya itu, taksi online juga salah satu bentuk bisnis yang potensial.

AirAsia menjadi maskapai penerbangan pertama yang terjun ke bisnis ini. Sebelumnya, Garuda Indonesia hanya sebatas melakukan kerja sama dengan dua platform taksi online dalam membantu mobilitas konsumennya.

>>> Warga Jakarta Cuek PPKM Darurat! Hasilnya Kemacetan di Mana-Mana

Tak Tanggung-tanggung, Pilih Mobil Mewah Sebagai Armada

Gambar Armada AirAsia Rides

Unggahan Tony Fernandes yang memperlihatkan barisan Toyota Alphard dan Vellfire

Jika Anda biasa menggunakan layanan taksi online yang menggunakan MPV seperti Toyota Avanza atau Suzuki Ertiga, AirAsia justru mengandalkan Toyota Alphard dan Vellfire. Keduanya merupakan mobil mewah yang menjadi simbol status sosial yang tinggi di berbagai negara.

Hal ini diungkapkan oleh Tony Fernandes, CEO dari AirAsia melalui unggahan akun Instagram pribadinya. Ia juga berujar bahwa layanan bertajuk AirAsia Rides ini akan berbeda dari layanan taksi online seperti Uber dan Grab.

Dalam unggahan tersebut, terlihat beberapa Toyota Alphard dan Vellfire yang nantinya akan digunakan AirAsia Rides. Selain ingin tampil beda dan melawan stereotype, Tony Fernandes juga ingin memberikan citra dan branding yang baru untuk AirAsia.

Ekspansi Bisnis AirAsia

AirAsia memang sudah mengumumkan rencananya untuk terjun ke bisnis ini beberapa bulan yang lalu. Ini merupakan salah satu upaya dari manajemen untuk meningkatkan bisnis di masa mendatang.

Gambar Tony Fernandes

Tony Fernandes saat "mencicipi" jadi driver ojek online penyedia layanan makanan baru besutan AirAsia

>>> Goldenbird Special Care Jadi Solusi di Tengah PPKM Darurat

Di Malaysia, AirAsia memang telah melakukan ekspansi bisnis ke beberapa segmen. Mereka ingin menghadirkan sebuah aplikasi yang memenuhi segala kebutuhan transportasi dan mobilisasi. Sebelumnya, mereka telah meluncurkan layanan food delivery di Malaysia & Singapore.

“Mengapa kita ingin masuk ke segmen ride-hailing (taksi online)? Penting untuk mengetahui perubahannya. Ini semua tentang konversi. Bolehkah saya mengubah seseorang dari ride hailing menjadi membeli makanan?” ujar Fernandes.

Nampaknya, Tony Fernandes memang ingin mengembangkan perusahaannya menjadi lebih dari sekadar maskapai penerbangan. Ia ingin agar AirAsia menjadi sebuah platform digital serba ada.

"Kami akan selalu menjadi perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman. Mengirim penumpang ke tujuan mereka dimanapun itu berada. Kini, mengirim makanan, paket, produk fintech, dan bahkan menyediakan layanan edukasi online," ungkap pria 57 tahun ini.

>>> Ingin tahu harga mobil-mobil Toyota saat ini? Klik di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top