Mesin Mitsubishi Xpander Bakal Dibuat di Indonesia, Bakal Lebih Murah Donk?

05/10/2018

Pasar mobil
Mitsubishi memastikan mesin Xpander di masa mendatang bakal dibuat di Indonesia oleh PT Nissan Motor Indonesia (NMI) untuk mempercepat peningkatan volume produksi dan mengurangi biaya operasional. Kalau begitu harga Mitsubishi Xpander bakal lebih murah donk?

Salah satu pekerjaan besar PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sebagai distributor dan Agen Pemegang Merek (APM) Mitsubishi Indonesia saat ini adalah menyelesaikan pengiriman unit Xpander kepada konsumen secepat-cepatnya. Saat ini untuk mendapatkan unit, konsumen harus menunggu paling cepat satu hingga dua bulan. Di beberapa wilayah di Indonesia malah ada yang menunggu hingga lebih dari empat bulan. MMKSI bukan tak melakukan apa-apa, produksi Xpander sudah ditingkatkan menjadi 10.000 unit dengan pembagian untuk pasar lokal dan untuk diekspor. Namun rupanya solusi ini belum berdampak signifikan mempersingkat masa inden.

Foto transaksi Mitsubishi Xpander di pameran

Antrean SPK Mitsubishi Xpander sudah dimulai sejak pertama diluncurkan di GIIAS 2017

Rabu, (3/10/2018) MMKSI secara resmi mengumumkan bakal meningkatkan volume produksi di pabrik Mitsubishi GIIC Deltamas, Bekasi Jawa Barat dari sebelumnya 160.000 unit per tahun menjadi 220.000 unit di tahun fiskal 2020. Investasi digelontorkan Mitsubishi Motor Corporation (MMC) sebesar 4 miliar Yen atau setara dengan Rp 525 miliar guna memuluskan rencana ini untuk membangun segala sarana dan fasilitas yang dibutuhkan, termasuk merekrut sebanyak 800 pekerja baru untuk menggenapi yang sudah ada menjadi 4.100 orang.

>>> Permintaan XPANDER Membludak, Mitsubishi Tingkatkan Produksi Di Pabrik Deltamas, Bekasi

Dengan rencana besar ini diharapkan konsumen Xpander bisa lebih cepat menerima unit yang dibeli tanpa harus menunggu berlarut-larut mengingat untuk Xpander sendiri bakal mengalami peningkatan volume produksi dari saat ini maksimum 115.000 unit menjadi 160.000 unit di tahun fiskal yang sama dengan pembagian 50.000 unit untuk eskpor dan sisanya untuk lokal.

Rencana besar ini didukung juga dengan produksi mesin Xpander di Indonesia yang bakal dilakukan oleh PT Nissan Motor Indonesia (NMI) sehingga kandungan lokal dari Xpander bakal meningkat dari saat ini 70 persen menjadi 80 persen. Harga Mitsubishi Xpander bakal lebih murah donk?

Seperti yang telah diketahui Mitsbishi Xpander saat ini punya delapan varian pasca diluncurkannya dua varian baru di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 awal Agustus lalu dan dijual mulai Rp 199.100.000 untuk GLX M/T hingga yang termahal Rp 255.400.000 untuk ULTIMATE A/T.

Foto Mitsubishi Xpander tampak dari depan samping

Mitsubishi Xpander kini ada delapan varian

Secara logika meningkatnya kandungan lokal bakal menurunkan biaya operasional yang berupa biaya impor. Namun untuk soal penurunan harga belum tentu. CEO Mitsubishi Motors, Osamu Masuko pun tidak berani memastikan harga jual Xpander bakal lebih murah dari sekarang dengan lokalisasi mesin ini. Hal ini dikarenakan dalam penentuan harga jual tidak hanya berpatokan pada biaya produksi, tapi juga banyak faktor lain yang jadi bahan pertimbangan.

"Tetapi semua ini menjadi urusan Presiden Direktur MMKSI (Naoya Nakamura)," tutur Masuko kepada awak media dalam pengumuman peningkatan produksi Mitsubishi di Hotel Gran Melia, Kuningan, Jakarta, Rabu (3/10/2018).

Sementara itu Presiden Direktur MMKSI yang baru menggantikan Kyoya Kondo, Naoya Nakamura menuturkan, saat ini bukan saat yang tepat untuk membicarakan soal harga. Fokus utama MMKSI saat ini adalah menyelesaikan pesanan sampai konsumen benar-benar mendapatkan unit Xpander impiannya.

Nakamura, di tempat sama pun mengatakan untuk masalah harga masih terlalu dini jika diinformasikan sekarang. Namun, paling penting sekarang ini, yaitu memenuhi inden dari konsumen.  "Karena masih banyak konsumen yang menunggu Xpander, dan tugas kami adalah mengirim secepatnya kepada konsumen," tutur Nakamura.

Bagaimana kepastian soal harga ini, tentu saja kita harus menunggu sampai rencana besar Mitsubishi Motor ini benar-benar terealisasi.

>>> Baca Review Lengkap Mitsubishi Xpander GLS AT 2018 di Cintamobil.com

Foto aktifitas karyawan di pabrik Mitsubishi Xpander

Produksi Mitsubishi Xpander terus dikebut tanpa jeda dalam sehari semalam

>>> Berita informasi dunia otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top