Mesin 3 Silinder Identik Getar, Bagaimana dengan Toyota Raize?

05/05/2021

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Mobil dengan mesin 3 silinder biasanya identik dengan getaran. Tapi apakah getaran itu juga muncul pada Toyota Raize yang mengusung mesin 3 silinder turbo?

Mesin 3 silinder bukan hal baru di Indonesia. Tercatat sejumlah pabrikan sudah menggunakan mesin 3 silinder pada produknya yang dijual di Tanah Air. Biasanya mesin tiga silinder ini dipilih lantaran bisa lebih hemat dari sisi penggunaan bahan bakar. Tapi selayaknya buatan manusia yang tak sempurna kekurangannya pun ada.  

Raize

Raize usung mesin 3 silinder segaris berkapasitas 1.000 cc

Pada mesin 3 silinder, satu piston akan bekerja pada titik kerja maksimal atau dikenal Titik Mati Atas (TMA). Sementara dua piston lainnya menyeimbangkan tenaga mesin dengan jarak 120 derajat dari Titik Mati Bawah (TMB). Ini membuat mesin 3 silinder identik dengan getar karena kinerja di ruang mesin yang tak seimbang.

>>> Indonesia Jadi Negara Kedua Setelah Jepang yang Cicipi Toyota Raize

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Pakai Mesin 3 Silinder

Namun demikian itu tak menyurutkan para pabrikan untuk menghadirkan mobil bermesin 3 silinder. Buktinya saja si kembar Toyota Raize dan Daihatsu Rocky mengusung mesin 3 silinder berkapasitas 1.000cc dengan tambahan turbo. Mesin 1KR-VET ini mampu menghasilkan tenaga setara 98 PS pada 6.000 rpm dan torsi 140 Nm pada 2.400-4.000 rpm. Lalu apakah keduanya juga memiliki getaran serupa dengan mobil mesin 3 silinder lainnya?

Foto mesin 1KR-VET Toyota-Daihatsu

Mesin 3-silinder 1.000 cc yang diusung Raize maupun Rocky punya teknologi modern

Kini dengan adanya teknologi material mesin, sistem pelumasan yang lebih sempurna, serta counter weight untuk mengurangi vibrasi, dan engine mounting yang lebih mutakhir menjadi solusi untuk menutupi kelemahan mesin 3-silinder yang menghasilkan tenaga setiap putaran 240 derajat. Di mana posisi piston tersebut belum berada di TMA maupun TMB yang menjadi penyebab utama terjadinya vibrasi.

"Stigma 3 silinder tidak selalu gitu. Contoh GR yaris, tergantung teknologi dan fiturnya ya apalagi sudah kita rancang dengan baik. Saya sudah yakin produk ini sudah diluncurkan di Jepang konsumennya lebih kritis. Di Jepang, Raize sangat diterima dengan baik," ungkap Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy belum lama ini. 

Ya berdasarkan catatan Toyota, Raize memang merupakan salah satu mobil paling laris di Jepang. Sepanjang tahun 2020, penjualan Toyota Raize melampaui 120.000 unit. Angka ini berselisih tipis dari Yaris series yang mencatatkan penjualan lebih dari 150.000 unit. Namun perlu dicatat, usia Raize jauh lebih muda ketimbang Yaris. 

Raize

Interior Toyota Raize

Tentu hal itu menjadikan Toyota cukup percaya diri saat mengenalkan Raize di Indonesia. Sekadar informasi, Indonesia merupakan negara kedua setelah Jepang yang meluncurkan Raize. Toyota punya alasan tersendiri terkait peluncuran ini. Pasar domestik Indonesia menjadi satu yang penting bagi Toyota. Ini juga sekaligus kado untuk perayaan 50 tahun Toyota di Indonesia. 

"Raize itu second best seller di Jepang, bahkan pernah beberapa kali best seller di Jepang. Ini bisa gambarkan bahwa teknologi dan engine bisa diterima di Indonesia," ujar Anton. 

>>> Harga Beda Tipis, Raize Bakal Senggol Rush?

Mesin 1.2L Bakal Menyusul

Di Indonesia, Raize juga bakal hadir dengan varian mesin 1.2L. Mesin 1.2L rencananya baru dikenalkan pada semester kedua tahun ini. Adapun varian Toyota yang dijual di Indonesia saat ini adalah 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS, 1.0 Turbo GR Sport CVT, 1.0 Turbo G CVT, 1.0 Turbo G M/T. Masing-masing memiliki daya tarik sendiri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang juga beragam. Bagi pelanggan yang ingin tampilan SUV lebih sporty maka dapat memilih varian GR Sport yang terdapat di 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS dan 1.0 Turbo GR Sport CVT.

Raize

Toyota Raize 1.2L bakal menyusul di semester kedua dengan harga yang lebih terjangkau

Dibanderol dengan kisaran harga Rp 200 jutaan, Raize nyatanya punya fitur layaknya mobil di kelas Rp 500 jutaan. Fitur-fitur keselamatan di dalam Raize antara lain  6 Airbags, Pedal Misoperation Control, dan TSS + BSM RCTA. seluruh tipe Raize sudah dilengkapi fitur keamanan berupa rem dengan Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm + Immobilizer.

>>> Daihatsu Rocky Bermesin 3-Silinder 1.000 cc Turbo Tak Butuh Dual VVT-i

 

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top