Merek Jerman Kalahkan Jepang Sebagai Brand Otomotif Paling Berharga

31/07/2018

Pasar mobil
Share this post:
Merek Jerman Kalahkan Jepang Sebagai Brand Otomotif Paling Berharga
Setelah beberapa lama dikuasai Toyota, Mercedes-Benz menyalip pabrikan Jepang tersebut sebagai brand otomotif paling berharga.

Laporan tahunan Brand Finance menempatkan Mercedes-Benz sebagai brand otomotif paling berharga dengan nilai merek $43.9 miliar, menggeser Toyota yang harus puas turun ke peringkat kedua untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun dengan nilai merek sebesar $43.7 miliar.

Nilai merek kendaraan dihitung oleh berbagai faktor, termasuk kinerja keuangan, penjualan, status sebuah merek, visi perusahaan, serta hal-hal lain yang sering tidak diperhatikan, misalnya logo.

Gambar yang menunjukan logo bagian depan dari mobil Mercedes-Benz

Mercedes-Benz muncul sebagai merek otomotif paling bernilai

Produsen kenamaan Jerman ini dibantu oleh lonjakan 24 persen nilai merek di pasaran sejak 2017 dan penurunan 6 persen oleh Toyota selama periode waktu yang sama. Untuk Mercedes-Benz, lonjakan penjualan kendaraan baru, terutama SUV, memberikan peningkatan pendapatan dan meningkatkan nilai Mercedes-Benz secara global.

>>> Daihatsu donasikan Ambulans Mini ICU kepada Pemkot Bandung

Kepala Keuangan Mercedes-Benz, David Haigh, peningkatan nilai merek ini merupakan keberhasilan dari "pengenalan terhadap generasi baru kendaraan yang dipimpin oleh pembaruan [Mercedes-Benz] terjun ke SUV dan evolusi halus teknologi baru untuk menjauh dari mesin pembakaran internal tradisional".

Hal berbeda dialami Toyota yang harus kehilangan kilaunya akibat kurangnya penetrasi di Cina, pasar otomotif terbesar di dunia. Inilah yang dilakukan oleh Mercede-Benz, melakukan invasi besar-besaran dan menggasak pasar Negeri Tirai Bambu dalam beberapa tahun belakangan.

BMW masih berada di urutan ketiga sedangkan Volkswagen yang baru saja pulih akibat skandal emisi diesel terbesar abad ini berada di peringkat keempat.

>>> Tertarik membeli Mercedes-Benz? Dapatkan informasi selengkapnya di sini

Gambar yang menunjukan sebuah mobil Volkswagen sedang mendapatkan skandal emisi

Volkswagen masih mencari tempat setelah skandal emisi

Produksi mobil listrik meningkatkan merek beberapa produsen. Terlihat dengan pergerakan pasar otomotif yang mulai mengacu ke jalur mobil ramah lingkungan. Nilai merek Tesla bahkan naik dua kali lipat didorong oleh kehadiran kendaraan listrik yang kuat dan visi masa depan yang kuat, meskipun saat ini Tesla disebut belum menghasilkan keuntungan.

>>> Dapatkan berita terkini pasar mobil hanya di Cintamobil.com

Ford dan Nissan mengalami penurunan terbesar dalam peringkat 10 besar. Tidak adanya merek Jepang ke Cina menurunkan nilai Nissan sedangkan Ford terkendala dengan ketiadaan produksi EV atau kendaraan listrik.

Gambar yang menunjukan jalanan di Cina dengan mobil padat

Pasar Cina merupakang ladang terbesar industri otomotif dunia

Berikut daftar lengkap 10 merek otomotif paling berharga yang dirilis oleh Brand Finance:

  1. Mercedes-Benz ($43.9 miliar)
  2. Toyota ($43.7 miliar)
  3. BMW ($41.8 miliar)
  4. Volkswagen ($33.7 miliar)
  5. Honda ($22.1 miliar)
  6. Nissan ($19.4 miliar)
  7. Porsche ($19.1 miliar)
  8. Ford ($17.3 miliar)
  9. Audi ($15 miliar)
  10. Chevrolet ($12.9 miliar)
Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top