Mercedes-Benz Unimog Pecahkan Rekor Dunia Berkendara di Tempat Tertinggi

27/01/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Mercedes-Benz Unimog Pecahkan Rekor Dunia Berkendara di Tempat Tertinggi
Tak hanya jago off-road, namun Mercedes-Benz Unimog juga berhasil memecahkan rekor dengan menjelajah hingga ke salah satu tempat tertinggi di dunia

Selain rekor kendaraan yang berhasil menorehkan kecepatan tertinggi di darat, beberapa pabrikan dan tim ekspedisi juga berambisi untuk membawa kendaraan ke tempat tertinggi di dunia. Salah satunya tim dari divisi Mercedes-Benz Special Trucks, yang baru-baru ini berhasil membawa dua unit Mercedes-Benz Unimog untuk memecahkan rekor dunia berkendara di tempat tertinggi. Truk yang identik sebagai kendaraan militer ini berhasil menempuh ketinggian 6.694 meter di atas permukaan laut (Mdpl) yang berlokasi di pegunungan Ojos de Salado, Chile. 

>>> Review Mercedes-Benz G 350 d Heritage Edition 2019: Mobil Jip Jerman Rasa JDM

Foto dunia unit Mercedes-Benz Unimog dalam menaklukkan pengunungan Ojos de Saldo

Dua unit Mercedes-Benz Unimog yang telah dimodifikasi khusus untuk menaklukkan pegunungan ektrim Ojos del Salado, Chile

Keberhasilan dari Unimog dalam memecahkan rekor berkendara di tempat tertinggi baru-baru ini juga berhasil mematahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Suzuki Samurai buatan tahun 1986 yang berhasil menempuh ketinggilan 6.688 mdpl di tempat yang sama pada tahun 2007 silam. Pengunungan vulkanik Ojos de Salado yang teletak di kawasan Atacama, Chile ini merupakan salah satu tempat tertinggi di dunia yang bisa diakses oleh kendaraan.

>>> Modifikasi Mercedes-Benz GLE Coupe Bergaya Safari ini Siap Diajak Off-Road Ekstrim

Divisi Mercedes-Benz Special Trucks tentunya telah mempersiapkan dengan matang dalam menentukan perjalanannya tersebut. Dua unit Mercedes-Benz Unimog yang digunakan dipilih dari varian U5023 yang merupakan Unimog dengan dimensi paling besar dan dipersenjatai dengan mesin turbo diesel paling bertenaga dalam lini truck off-road utilitarian tersebut. Beberapa modifikasi juga dilakukan untuk menyiasati medan yang ekstrim, seperti penggunaan rasio gigi lebih besar, penguatan pada bagian suspensi dan gardan portalnya, ban spesial untuk medan ekstrim pegunungan hingga berbagai peralatan recovery seperti heavy duty winch dan bull bar yang di desain khusus, tak hanya untuk meredam benturan dan tempat nagi winch, namun juga membantu ketika Merccedes-Benz Unimog terperosok dalam parit yang dalam.

Foto Mercedes-Benz Unimog menanjak puncak pengunngan Ojos del Salado

Tak mudah untuk menaklukkan puncak pegunungan Ojos del Salado terlebih dengan lapisan udara yang sangat tipis 

Pada bagian bodi dan sasis juga mendapatkan modifikasi dengan menggunakan teknologi center of gravity balancing yang didatangkan secara khusus dari para teknisi di museum Unimog di Gaggenau, Jerman. Piranti ini dapat menjaga agar titik center of gravity dari Mercedes-Benz Unimog tetap ideal dan tetap stabil saat bermanuver ekstrim, meski sudah mengadopsi suspensi yang lebih tinggi dan bobot bawaan yang sangat berat. 

>>> Pilihan mobil berkualitas ada di sini

Tim dari divisi Mercedes-Benz Special Trucks ini mencapai 10 orang yang terdiri dari perwakilan perusahaan, teknisi, pakar off-road dan medis. Sebelum memutuskan untuk naik ke puncak gunung Ojos de Salado, tim terlebih dahulu berkemah di beberapa tempat dengan ketinggian yang bertahap agar dapat menyesuaikan dengan lapisan udara pegunungan yang tipis. Titik kemah terakhir didirkan pada ketinggian 6.100 Mdpl, sebelum akhirnya memutuskan untuk naik ke area puncak Ojos de Salado. Salah satu dari Mercedes-Benz Unimog akhirnya berhasil menempuh ketinggian 6.694 Mdpl yang merupakan tempat tertinggi yang bisa dicapai oleh kendaraan.

Foto Mercedes-Benz Unimog sedang bermanuver off-road

Medan yang dilalui cukup ekstrim yang dihiasi oleh kombinasi permukaan yang berpasir, salju dengan batuan vukanis berdimensi besar

Rekor yang berhasil dipegang oleh Mercedes-Benz Unimog ini juga menjadi pembuktian bahwa truk dengan kemampuan off-road yang legendaris tersebut merupakan ‘teman’ yang tepat untuk diajak menjelajah hingga ke tempat yang ekstrim sekalipun. Sehingga wajar saja jika Unimog kerap diandalkan oleh semua kalangan, mulai dari off-roader, peneliti hingga militer hingga saat ini.

>>> Cek juga kumpulan berita otomotif terkini di sini 

Share this post:

Berita lain

Kembali Ke GAIKINDO, Penjualan Mercedes-Benz Langsung Salip BMW

23/01/2020

Pasar mobil

3 menit

Mercedes-Benz kembali masuk di GAIKINDO. Dan yang luar biasa penjualan Mercedes-Benz langsung menyalip penjualan BMW, membuatnya jadi mobil mewah terfavorit.

Lihat juga

Facelift Mercedes-Benz E-Class 2020 Terungkap Jalan-Jalan di Las Vegas

23/01/2020

Mobil baru

2 menit

Setelah empat tahun, facelift Mercedes-Benz E-Class terungkap dengan penyegaran luar dan peningkatan fitur. Diprediksi meluncur pertengahan tahun di Eropa.

Lihat juga

Alasan Simpel Orang Pilih SUV Menurut Mercedes-Benz

20/01/2020

Jual beli

3 menit

Mobil jenis SUV menjadi pilihan kedua orang Indonesia setelah MPV. Menurut Mercedes-Benz, ada satu alasan mengapa mobil ini mengalami pertumbuhan positif.

Lihat juga

Berteknologi Canggih Tapi Kendaraan Niaga Mercedes-Benz Siap Pakai Bahan Bakar B30

17/01/2020

Pasar mobil

4 menit

Meski truk maupun bus modern lansiran Mercedes-Benz telah mengusung beragam teknologi canggih, tapi ternyata produk mereka sudah siap pakai bahan bakar B30

Lihat juga

Awali 2020 Mercedes-Benz Indonesia Luncurkan Entry Level Mercedes –Benz C-Class dan New Vito

16/01/2020

Mobil baru

2 menit

Terus perkuat posisi tertinggi di penjualan segmen luxury di Indonesia, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia luncurkan varian sedan Mercedes-Benz C-Class paling terjangkau plus van mewah untuk para pebisnis.

Lihat juga
 
back to top