Mercedes-Benz Siapkan Mobil yang ‘Tidak akan Mengalami Tabrakan’

30/01/2019

Pasar mobil
Mercedes-Benz Siapkan Mobil yang ‘Tidak akan Mengalami Tabrakan’
Bertujuan untuk memproduksi mobil yang tidak akan mengalami tabrakan, Mercedes-Benz mengembangkan mobil konsep IAA dengan teknologi ESF yang akan mempelajari gaya mengemudi untuk menghindarkan kendaraan dari tabrakan yang mungkin terjadi.

Mercedes-Benz memiliki versi baru dari konsep ESF yang fokus pada keselamatan untuk debut di akhir tahun ini. Perusahaan asal Jerman tersebut mengklaim bahwa teknologi ini bisa menjadikan mobil menjadi tidak dapat dihancurkan. Dalam sebuah wawancara dengan Motoring Australia, bos R&D Mercedes Ola Kalennius menumpahkan beberapa detail tentang mesin yang akan datang.

Mercedes-Benz IAA berwarna abu-abu

Mobil konsep Mercedes-Benz IAA dengan teknologi ESF

"Hal-hal seperti mengemudi secara otonom dan bantuan pengemudi yang canggih semuanya memungkinkan untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas. Karena sebenarnya semua kecelakaan lalu lintas adalah kesalahan manusia," kata Kalennius kepada Motoring. Dia menyarankan bahwa beberapa teknologi di ESF baru hampir siap produksi dan dapat tiba di kendaraan masa depan.

>>> Catatkan Pertumbuhan Dua Digit, Mercedes-Benz Puncaki Segmen Premium di Indonesia

Kalennius mengisyaratkan bahwa kecerdasan buatan yang terhubung akan menjadi bagian dari resep keselamatan mesin. Mobil yang dikendalikan oleh AI akan mengumpulkan data mengemudi dan membagikannya dengan server pusat untuk mempelajari bagaimana mengendalikan sistem bantuan mengemudi dengan lebih baik.

interior Mercedes-Benz IAA dengan kursi berwarna putih

Bagian interior mobil konsep yang sedang dikembangkan Mercedes-Benz

>>> Dapatkan berita pasar mobil terlengkap hanya di Cintamobil.com

Jika terjadi kesalahan, konsep tersebut akan menjadi teknologi perlindungan penghuni mutakhir. Jadi, meskipun terjadi kecelakaan yang membuat mobil rusak, pengemudi beserta penumpang di dalamnya diyakini tidak akan menderita cedera serius. "Keselamatan adalah DNA inti dari Mercedes dan tujuan utamanya adalah nol kecelakaan dalam lalu lintas," kata Kalennius

Pria yang bertanggung jawab atas penelitian dan pengembangan mobil Mercedes-Benz tersebut menjelaskan, "Setelah berkecimpung di bidang teknik selama beberapa tahun, saya benar-benar kagum pada kecerdikan dan kreativitas para insinyur. Tidak pernah berhenti. Kami akan melakukan sesuatu di pertengahan tahun ini, untuk menunjukkan seperti apa masa depan keselamatan itu nantinya.”

>>> Dapatkan review mobil canggih Mercedes-Benz terbaru di sini

Mercedes-Benz ESF 2009 berwarna putih dan hitam

Mobil konsep ESF S4000 Hybrid yang diperkenalkan 2009 lalu

Konsep Mercedes ESF terakhir memulai debutnya pada tahun 2009. Menggunakan basis dari S4000 Hybrid yang akan datang sebagai titik awal, Mercedes memberikan berbagai teknologi keselamatan tambahan. Struktur logam pada bodi mobil akan menggelembung ketika terjadi tabrakan akan memberikan perlindungan ekstra. Sedangkan untuk dampak samping, kursi akan bergerak ke tengah kendaraan, menghindarkan pengemudi terjepit rangka.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top