Mercedes-Benz Kembali Jadi Merek Otomotif Termewah

22/10/2020

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Mercedes-Benz Kembali Jadi Merek Otomotif Termewah
Berdasarkan sebuah studi di Amerika Serikat, Mercedes-Benz untuk keempat kalinya kembali menjadi merek global mewah, paling bernilai dan paling populer untuk kategori otomotif. Mengekor dibelakangnya ada merek otomotif lain seperti BMW dan Honda.

Ketika bicara soal mobil mewah, pasti orang akan menyebut nama Mercedes-Benz, seperti E-Class, S-Class, atau SLS. Tak mengherankan kalau kini Mercedes-Benz kembali didaulat jadi peringkat pertama dalam urutan merek mobil mewah di dunia.

Dilansir dari Carbuzz, Kamis (22/10/2020), ada banyak hasil dari berbagai studi yang berbeda dengan menggunakan sejumah agensi dengan memakai metrik yang berbeda pula saat menentukan apa merek otomotif termahal di dunia.

Namun sebuah studi dari Interbrand, yang merupakan konsultan brand berbasis di Amerika Serikat (AS), berhasil melihat apakah merek mewah paling terkemuka atas berbagai brand yang ada di seluruh dunia secara global. Hasil dari studi Interbrand tersebut, Mercedes-Benz menjadi merek paling mewah, punya nilai paling tinggi dan yang paling populer di kategori merek otomotif.

>>> Mobil Merek Jepang Masih Dominan di Pasar Otomotif Indonesia

Sudah 4 Tahun Beturut-turut Memegang Reputasi Ini

Mercedes-Benz Logo

Pencapaian keempat kalinya secara berturut-turut dari Mercedes

Pabrikan Jerman itu bukan kali pertama didaulat jadi merek otomotif paling mewah di dunia. Karena pencapaian ini sudah terjadi untuk empat tahun berturut-turut. Bahkan menurut prediksi konsultan studi ini, Mercedes akan terus memimpin untuk beberapa tahun ke depan karena menghadirkan produk-produk dengen citra yang kuat dan para pemiliknya sangat bangga dengan merek ini.

Menurut pihak Interbrand, merek Mercedes bernilai setidaknya USD 49,26 miliar. Nilai ini memang tidak sebanding dengan nilai dari merek populer lain seperti Apple atau Amazon. Namun nilai tersebut cukup tinggi untuk sektor otomotif khususnya mobil.

>>> Alasan Simpel Orang Pilih SUV Menurut Mercedes-Benz

Kunci Suksesnya Penyederhanaan dan Fokus Pada Produk

Mercedes-Benz E Class

Fokus pada produk jadi kiat sukses Mercedes-Benz

>>> Review Mercedes-AMG GT 53 4MATIC 2020: Otot Kuat Di Balik Keanggunan

Saingan terberat Mercedes-Benz tentu datang dari BMW. Namun merek Bavaria itu tak sanggup mengekor apa yang sudah ditorehkan oleh Mercedes. Interbrand menilai, Mercedes unggul karena menggunakan startegi perampingan model yang ditawarkan kepada konsumen. Ini berimbas pada mengurangi biaya produksi namun disatu sisi malah membuat fokus citra brand lebih kuat.

Sementara BMW sampai saat ini seolah ingin terus mengisi ceruk semua pasar yang terkadang malah menjadi tidak jelas dengan menjual lebih banyak model dibanding Mercedes. Jika BMW terus menerus melakukan hal demikian, diperkirakan posisi BMW sebagai brand otomotif mewah paling bernilai akan terus merosot posisinya.

"Kunci kesuksesan kami adalah fokus yang konsisten pada kebutuhan pelanggan, untuk siapa kami menciptakan produk, dan menciptakan pengalaman menggunakan produk kami dengan berbagai sarana baik fisik maupun digital," tegas Bettina Fetzer, Vice President Marketing Mercedes-Benz AG.

Secara keseluruhan, studi atas merek mewah yang paling bernilai itu menyebut kalau Mercedes-Benz menempati urutan ke-8 untuk tahun ini. Mercedes adalah satu-satunya perusahaan otomotif Eropa yang masuk ke peringkat sepuluh besar. Sementara BMW ada di posisi ke-11, dan Honda ada di posisi ke-20.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top