Menunggu Balapan Asli Digelar, Le Mans 24 Jam Digelar Secara Virtual

19/05/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Le Mans 24 jam 2020 memang diundur sampai September, yang berarti lebih dari tiga bulan lagi. Sambil menunggu kekosongan, edisi virtual balapan ketahanan legendaris itu akan dihelat pada jadwal asli event sebelum diundur.

Sejak awal pandemi Corona merebak awal Maret lalu, penggemar balap tidak bisa menyaksikan aksi motorsport sungguhan selama beberapa bulan terakhir. Hal ini disebabkan berbagai kejuaraan balap terpaksa diliburkan, dengan berbagai ajang balap besar, termasuk Le Mans 24 jam, akan ditunda, atau bahkan dibatalkan.

>>> Kompetisi diliburkan, Formula 1 gelar balapan virtual

Memang, Le Mans 24 jam sudah diketuk palu tetap bergulir September nanti. Namun sambil menunggu kekosongan, Motorsport Games akan menghelat balapan virtual Le Mans 24H. Ya, balapan online selama 24 jam.

Diselenggarakan di tanggal awal Le Mans 

Le Mans 24 jam virtual ini akan diselenggarakan pada tanggal asli balapan, yakni Sabtu (13/6) sampai Minggu (14/6) dengan platform rFactor2, di mana balapan akan dimulai pada pukul 13:00 GMT (pukul 20:00 WIB), dan bendera finis dikibarkan 24 jam kemudian.

>>> Temukan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Ferrari 488 GTE yang akan jadi salah satu mobil yang dipakai di Le Mans 24 jam virtual

Jumlah peserta balap maksimal 50 mobil, dengan tiap mobil memiliki empat pembalap

Jumlah peserta balap sendiri hanya dibatasi maksimal 50 mobil, dengan satu mobil berisi empat orang yang terdiri dari dua pembalap pro yang diduetkan dengan dua pembalap e-sport. Tiap-tiap pembalap harus membalap paling sedikit empat jam, dengan maksimal tujuh jam.

Dibuat layaknya balapan sungguhan

Balapan virtual ini juga akan disetting semirip mungkin dengan Le Mans 24 jam sungguhan, di mana akan ada pergantian pembalap, cuaca yang berubah-ubah, transisi siang ke malam, regulasi multiclass, pemakaian ban serta bahan bakar, sampai kerusakan mobil juga dibuat serealistis mungkin. Selain itu, tim juga harus mengoptimalkan mobil lewat setting yang mereka buat sendiri.

>>> Selalu update kabar terbaru seputar pasar mobil di sini

Kelas LMP2, yang juga akan turut serta di Le Mans 24 jam virtual

Regulasi balapan dibuat serealistis mungkin seperti Le Mans 24 jam sungguhan

Bekerja sama dengan Automobile Club de l'Ouest (ACO) dan FIA WEC, Motorsport Games akan menyiarkan Le Mans 24 jam virtual layaknya balapan sungguhan. Di mana akan hadir komentator balapan langsung dari Studio TV, reporter akan mewawancara para pembalap, sampai race director yang mengatur balap.

Memang, kita masih harus menunggu balapan sebenarnya yang baru digelar September nanti, tapi jika kita memiliki dua Le Mans 24 jam dalam satu tahun, kenapa tidak?

>>> Berita otomotif terbaru dari dalam dan luar negeri bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top