Menperin Usul Diskon PPnBM 100% Diperpanjang Hingga Akhir Tahun

26/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Menperin menilai diskon PPnBM berhasil mendongkrak penjualan mobil baru. Maka dari itu pihaknya telah mengajukan perpanjangan program ini ke Kemenkeu.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan pihaknya telah menandatangani usulan perpanjangan Program Relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah Ditanggung Pemerintah kendaraan bermotor (PPnBM DTP) atau diskon PPnBM 100%.

>>> Minggu Terakhir Agustus, Diskon  PPnBM Wuling Masih Berlaku Nih!

Gambar menunjukan Toyota Raize

Toyota Raize jadi salah satu model yang mendapatkan relaksasi pajak PPnBM dari pemerintah

Menperin Ajukan Perpanjangan Diskon PPnBM 100 Persen

Menperin menilai relaksasi ini efektif mendongkrak utilisasi industri otomotif nasional yang tengah pandemic Covid-19. Tak tanggung-tanggung, relaksasi tersebut disebut meningkatkan penjualan mencapai 758 persen pada triwulan kedua 2021.

"Seperti kita ketahui bersama bahwa kami mendorong adanya program aturan relaksasi diskon PPnBM DTP untuk otomotif dan perlu kami laporkan bahwa program ini sangat-sangat berhasil untuk menstimulasi peningkatan penjualan mobil pada pada triwulan kedua tahun 2021 kenaikannya nggak main-main mencapai 758 persen bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu," kata Menteri Perindustrian dalam Rapat Kerja dengan Komisi VII DPR RI di Jakarta, Rabu (25/8/2021).

"Maka dari itu saya sudah menandatangani surat kepada Menteri Keuangan untuk mengusulkan perpanjangan PPnBM DTP. Mengapa demikian? Karena kami juga memiliki detailnya bahwa industri otomotif berkaitan juga dengan industri pendukung di belakangnya,” tutupnya.

>>> Masyarakat dan Pemerintah Diuntungkan dengan Adanya Diskon  PPnBM

Gambar menunjukan Deretan mobil

Gaikindo juga berharap yang sama

Gaikindo Juga Berharap Diskon PPnBM 100 Persen Bisa Diperpanjang

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) berharap relaksasi pajak mobil baru tersebut bisa diperpanjang hingga akhir tahun ini. Hal ini tentunya untuk meningkatkan penjualan mobil baru di Tanah Air di tengah pandemi saat ini.

“Kalau kita lihat di bulan Agustus adalah bulan terakhir berlakunya diskon PPnBM 100 persen dari pemerintah. Kemudian di bulan september relaksasi pajaknya hanya menjadi 25 persen saja. Hal ini tentunya akan sangat berdampak pada penjualan mobil. Harapan kami pemerintah bisa memperpanjang pembebasan pajak PPnBM 100 persen sampai akhir tahun ini tentunya sangat baik untuk industri otomotif di Indonesia," kata Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi kepada pewarta di Jakarta secara daring, Kamis (19/8).

Nangoi juga mengungkapkan rasa terima kasihnya untuk Pemerintah Indonesia karena dikeluarkannya aturan tersebut. Menurut penuturnya dengan kebijakan tersebut membuat industri otomotif di Indonesia bisa terselamatkan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dengan berlakunya relaksasi PPnBM. Karena dengan inisiatif dari pemerintah ini  maka industri otomotif di indonesia bisa terselamatkan dan tumbuh tidak terlalu jelek dibandingkan dengan negara-negara lain,” tutupnya.

>>> Pakai BBM RON Tinggi Bikin Irit BBM?

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top